Connect With Us

Tertarik Beli iPhone Second? Baca Dulu 10 Tips Ini

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 4 Desember 2022 | 19:09

| Dibaca : 481

Ilustrasi iPhone second. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Ponsel iPhone bekas atau second masih menjadi pilihan masyarakat yang ingin memiliki produk keluaran perusahaan berlogo apel tergigit tersebut.

Harga dari iPhone bekas sendiri memang terbilang cukup terjangkau. Namun, jika tidak hati-hati bisa saja justru akan merugikan.

Oleh sebab itu agar tak salah pilih, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan ketika membeli iPhone bekas seperti dilansir dari dorangadget.com, Minggu 4 Desember 2022:

 

1. iPhone Masih Menyala dan Aktif

Saat akan membeli iPhone bekas, pastikan kondisinya aktif dan masih menyala. Pasalnya banyak ponsel display atau dummy yang digunakan untuk pajangan toko beredar dan mengecoh pembeli.

Cara mengeceknya yakni dengan menekan bagian tombol power. Tunggu beberapa saat sampai proses booting selesai dan masuk di layar ‘Home’. Jika melakukan booting HP terhenti dan hanya muncul logo Apple saja serta tidak bisa masuk ke ‘Home’, kemungkinan ada gangguan di HP.

 

2. Kosongkan Apple ID

Sah satu fitur yang ada di iPhone adalah Apple ID. Fitur berguna untuk mengakses seluruh fitur iPhone. Namun, satu akun hanya dapat digunakan di satu iPhone saja. 

Maka, sebelum membeli iPhone bekas, pastikan Apple ID (password dan username) telah dikosongkan. Sebab, jika Apple ID pengguna lama masih ada akan sulit mengoperasikannya. Bahkan tidak bisa download aplikasi.

Untuk mengetahuinya, silakan masuk ke menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’. Di situ akan muncul informasi Apple ID.

 

3. Cek Bodi HP

Mengecek kondisi HP adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab, misalnya saja di bagian punggung maupun bezel terdapat retak, lecet, dan pecah, bisa jadi HP tersebut sudah pernah jatuh atau terkena benturan dari benda keras.

Secara langsung maupun tak langsung bisa berpengaruh pada komponen ponsel.

 

4. Periksa Fungsi Tombolnya

Sebagian seri iPhone masih menyematkan tombol pada bodinya. Misalnya saja tombol untuk power home, silent, dan tombol volume. Cek kenyamanan tombol dan pastikan masih berfungsi dengan baik saat digunakan.

 

5. Sensor Masih Berjalan Baik

Salah satu fitur unggulan pada HP produksi Apple ini ialah yelah dibekali dengan berbagai sensor dalam menjalankan berbagai fiturnya.

Misalnya saja Face ID, Touch ID, Proximity, Gyroscope, dan Haptic serta banyak lagi yang lainnya. Sebagai contoh untuk fitur sensor Proximity layar akan gelap saat diletakkan di dekat telinga. Hal itu berarti sensor tersebut berfungsi dengan normal.

 

6. Cek Kesehatan Baterai

iPhone bekas memang performanya mengalami penurunan karena sudah terpakai pengguna sebelumnya. Akan tetapi, jika kesehatan baterai berada dalam status ‘Service’, maka baterai dalam kondisi baik.

Kemudian, cobalah untuk mengisi ulang dayanya apakah masuk atau tidak. Cara mengeceknya, masuk ke ‘Pengaturan’ dan pilih opsi ‘Baterai’.

 

7. Periksa Kamera dan Fungsinya

Mengecek kamera saat beli iPhone juga penting. Periksa fungsi kameranya apakah berfungsi dengan baik. Pastikan saat menggunakan kamera ini dicoba untuk mengambil foto dan video.

Kemudian, lihat hasil tangkapan layar tersebut. Apabila ada bintik atau noda hitam, bisa jadi kamera tersebut ada sedikit gangguan.

 

8. Pastikan Kondisi Layar dan Responnya Baik

Komponen paling penting pada iPhone adalah layar. Sebab, jika layar tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu operasionalnya. Untuk mengetahuinya, bisa dengan mengusap semua sisi layar.

Jika terdapat bagian yang tidak merespon, maka bisa jadi ada gangguan. Periksa juga layarnya apakah ada noda dan warna maupun bercak lainya. Apabila ada warna seperti biru, merah, atau hijau bisa jadi ada kerusakan layar.

 

9.  Speaker dan Mikrofon Berfungsi Baik

Bagian lainnya adalah mengenai speaker dan mikrofon perangkat. Cek apakah output suaranya tidak pecah dan masih bagus.

Termasuk input suara melalui mikrofon dan perekaman suara. Jika saat mencoba output suara pecah dan input suara tidak keluar, maka dapat dipastikan hal itu bermasalah.

 

10. Konektivitas Berjalan Normal

Cek semua kelengkapan koneksi perangkat seperti WiFi, Bluetooth, hingga konektivitas lainnya. Pastikan semuanya sudah berfungsi baik dan berjalan dengan normal. Caranya dengan menghidupkan WiFi, mengirim berkas lewat Bluetooth, dan lainnya.

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

HIBURAN
Bikin Heboh di Konser 30 Tahun Dewa 19, 'Komandan' Andre Jadi Sorotan Warganet

Bikin Heboh di Konser 30 Tahun Dewa 19, 'Komandan' Andre Jadi Sorotan Warganet

Minggu, 5 Februari 2023 | 13:49

TANGERANGNEWS.com- Dewa 19 menggelar konser memperingati 30 tahun berdirinya grup band rock legendaris ini di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu 4 Februari 2023, malam.

TOKOH
Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:58

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangerang mungkin sudah tidak asing dengan Gedung Nyi Mas Melati maupun Jalan Nyi Mas Melati yang berada di Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill