Connect With Us

Cegah Kejahatan Digital, Simak Tips Aman dari Hacker

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 7 Desember 2022 | 11:40

| Dibaca : 179

Ilustrasi Hacker. (@tangerangnews 2017 / Denny Bagoes Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Di era digital saat ini, hampir semua kegiatan dilakukan secara online dengan bantuan perangkat dan koneksi internet. Mulai dari belanja online hingga melakukan transaksi finansial.

Meski memberi banyak kemudahan, kecanggihan teknologi juga menjadi celah bagi orang-orang yang melakukan kejahatan di dunia maya. 

Sudah banyak kasus pembobolan akun media sosial oleh para peretas (hacker) kerap terjadi. 

Penyebab dari pembobolan akun media sosial ini tidak hanya ada pada peretas yang mampu melakukan pembobolan saja, tapi ada kesalahan yang dilakukan penggunanya.

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat untuk peduli menjaga keamanan akun media sosial.

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra mengatakan, pembobolan akun media sosial merupakan salah satu contoh ancaman keamanan pada perangkat digital. 

Berikut tips untuk menghindari kejahatan digital seperti dikutip dari Tribunnews.com Rabu 7 Desember 2022:

1. Gunakan Jaringan Aman-Waspada saat menggunakan Wi-Fi umum atau gratis, jangan masukkan informasi sensitif di jaringan umum.

2. Lalu, perkuat keamanan akun mulai dari cek fitur keamanan ponsel, buat kata sandi yang kuat, buat kata sandi yang berbeda-beda untuk setiap akun. Gunakan Password Manager untuk menyimpan kata sandi dan aktifkan 2FA untuk setiap akun di media sosial.

3. Hindari Upaya Phising, dengan waspadai tautan (link) situs web yang mencurigakan, hati-hati dengan peniru identitas, waspadai permintaan informasi pribadi, waspadai surel berisi scam, seperti penawaran hadiah dan eriksa file sebelum diunduh.

4. Selanjutnya, Lindungi Ponsel dengan selalu perbarui (update) aplikasi di ponsel, jangan pasang aplikasi yang tidak dikenal, gunakan kunci layar di ponsel dan unci ponsel jika hilang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

SPORT
Bus Persis Solo Dilempari Batu, Laskar Benteng Viola Tangerang Dukung Polisi Proses Hukum Oknum Suporter

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Laskar Benteng Viola Tangerang Dukung Polisi Proses Hukum Oknum Suporter

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:10

TANGERANGNEWS.com-Laskar Benteng Viola (LBV), pendukung Persita Tangerang mendukung pihak Kepolisian memproses hukum oknum suporter yang melakukan pelemparan batu ke bus tim Persis Solo, pada Sabtu 28 Januari 2023, kemarin.

TOKOH
Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:58

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangerang mungkin sudah tidak asing dengan Gedung Nyi Mas Melati maupun Jalan Nyi Mas Melati yang berada di Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill