Connect With Us

Mahasiswa Tangerang Ciptakan Inovasi Liburan Tanpa Perlu Lelah Berjalan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 26 Desember 2022 | 12:27

Ilustrasi wisata dengan teknologi VR yang diciptakan mahasiswa Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dosen dan sekelompok mahasiswa Universitas Pradita Tangerang membuat inovasi berwisata secara Virtual Reality (VR), setelah mendapat hibah Riset Keilmuan Skema Riset Desa dari LPDP dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dengan teknolohi VR tersebut, masyarakat dapat berpetualang di lokasi wisata dengan teknologi 4.0 yakni berupa kacamata khusus, yang memberikan pengalaman liburan berbeda seperti berkeliling tanpa harus berjalan.

Diketahui, penerapan teknologi VR tersebut sudah ada di beberapa lokasi di wilayah Serang dan juga Tangerang. Seperti di Desa Cikolelet, Serang, Banten.

Dengan berkolaborasi bersama Universitas Pradita melalui Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Program Studi Pariwisata, para mahasiswa menghadirkan lokasi wisata VR Desa Cikolelet.

Masyarakat akan diajak melihat tradisi Budaya salah satunya Ngurah Danau, Ekonomi Kreatif  seperti peternakan kambing ketawa, Kesenian Tradisional di antaranya marawis dan kesenian pencak silat.

Selain itu juga potensi alam yang ada di sana antara lain Curug Kembar dan destinasi alam lainnya.

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat mengatakan, dengan wisata cara terbaru ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke desa tersebut.

"Desa Cikolelet punya empat potensi wisata yang belum semuanya terekspose. Momen saat ini yang harus kita manfaatkan secara baik," ujarnya.

Selain itu, teknologi yang sama juga diterapkan di Kabupaten Tangerang yakni di wilayah Desa Wisata Ketapang, Kecamatan Mauk.

Pemerintah setempat menggunakan teknologi VR untuk menunjukkan lokasi menarik di sana seperti dilansir dari liputan6.com, Senin 26 Desember 2022.

"Ini upaya kita menjawab tantangan 4.0 di bidang pariwisata, dan juga memberikan pengalaman baru untuk berwisata, apalagi di libur akhir tahun in," ungkap Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Pramita Wahyu Tisno Atmojo, Sabtu 24 Desember 2022.

Teknologi VR ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali industri wisata yang sempat merosot saat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill