Connect With Us

Awas Kena Tipu Pendaftaran Prakerja Palsu, Ini Cirinya

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 1 Februari 2023 | 23:56

Aplikasi Prakerja Palsu. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kartu Prakerja merupakan program yang diberikan pemerintah dalam rangka mempersiapkan masyarakat untuk memiliki keterampilan tertentu.

Program ini telah dijalankan sejak tahun 2022 lalu, sebagai respon atas pandemi Covid-19 yang membuat dunia industri mengalami kegoyahan sehingga banyak terjadi PHK.

Namun, tidak sedikit oknum tertentu yang memanfaatkan program Prakerja ini dengan memalsukannya, sehingga para calon penerima bantuan menjadi target utamanya.

Untuk itu, berikut adalah ciri-ciri dari layanan palsu Prakerja seperti dikutip dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Rabu 1 Februari 2023:

 

1. Prakerja Tidak Memiliki Aplikasi

Program bantuan Prakerja secara tegas menyatakan bahwa layanan Prakerja hanya tersedia melalui laman website, sehingga segala bentuk aplikasi yang menyebut dirinya sebagai Prakerja ialah palsu.

"Jangan mendownload aplikasi-aplikasi ini! Akses dan pendaftaran Kartu Prakerja hanya dapat dilakukan melalui website resmi www.prakerja.go.id," tulis akun Prakerja di unggahan Instagram.

Beberapa di antara aplikasi palsu tersebut dapat ditemui di Google Play Store, seperti Prakerja Link dari developer akate dream LCC, Cara Daftar Kartu Prakerja dari developer Music Awsome.

Lalu, Cara Daftar Prakerja 2023 dari developer linkstar.pro, Cara Daftar Prakerja Online dari developer NOMEDIA, Kartu Prakerja Gelombang 47 dari developer Kateehome Studio, dan lainnya.

 

2. Pendaftaran Secara Luring

Jika ada seseorang yang menyatakan diri sebagai tim sosialisasi dari Prakerja dan mengajak untuk melakukan pendaftaran Prakerja secara luring, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah palsu.

Sebab, seluruh proses pendaftaran akun Prakerja dilakukan secara mandiri oleh calan penerima melalui laman resminya.

"HATI-HATI! Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja tidak menurunkan tim untuk melakukan atau membantu pendaftaran akun Kartu Prakerja secara offline," tegas Prakerja melalui akun Instagram-nya

 

3. Meminta Data Pribadi

Masih berkesinambungan dengan poin sebelumnya, oknum yang mengaku tim dari Prakerja tersebut bakal meminta data pribadi berupa KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan lainnya untuk dikumpulkan.

Hal ini merupakan tindakan ilegal dan dilarang, data-data pribadi tersebut bisa saja disalahgunakan untuk tujuan tertentu yang merugikan.

Kemudian oknum tersebut akan meminta untuk mengisi formulir tertentu dalam bentuk kertas, google form, ataupun aplikasi.

 

4. Memungut Biaya

Program kartu Prakerja yang asli sama sekali tidak dipungut biaya sepeser pun, sementara Prakerja palsu biasanya meminta korban untuk membuka rekening tertentu dengan melakukan pembayaran/setoran dalam nominal tertentu.

Setelah itu, oknum Prakerja palsu tersebut menjanjikan kelolosan pendaftaran akun dan pendaftaran gelombang kartu Prakerja.

 

5. Mitra Pembayaran Palsu

Saat ini pembayaran resmi kartu Prakerja hanya terdapat enam mitra, yakni BNI, BCA, OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja.

Jika ada institusi lain yang mengatasnamakan sebagai mitra di luar enam mitra yang telah disebutkan, maka dapat dipastikan sebagai tindakan penipuan.

"Jaga keamanan data pribadi kamu dengan menghindari kegiatan-kegiatan tidak resmi yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab tersebut," imbau akun @prakerja.go.id.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill