Connect With Us

Siap Jadi Saingan Berat ChatGPT, Begini Cara Menggunakan Google Bard

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 13 Mei 2023 | 11:32

ilustrasi persaingan teknologi kecerdasan buatan OpenAI dan Google (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Persaingan inovasi teknologi di bidan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kian berkembang pesat.

Usai sempat dihebohkan lewat kemunculan ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAi, Google tak mau kalah dan meluncurkan hal yang serupa.

Google Bard diketahui telah tersedia hampir di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia dengan tersedia lebih dari 100 bahasa.

"Alat canggih ini mampu memahami lebih dari 100 bahasa, memiliki kemampuan matematika, logika, dan penalaran, serta dilatih sebelumnya tentang Python, JavaScript, juga bahasa pengkodean lainnya," kata Google dalam acara Google I/O 2023.

Hal itu lantaran Google Bard menerapkan model bahasa terbaru, yakni Pathways Language Mode (PaLM20 dengan kemampuan canggih matematika, logika dan penalaran.

Kelebihan Google Bard ketimbang pesaingnya ialah mampu memberikan jawaban selain teks, namun juga dalam bentuk visual sehingga pengguna akan semakin paham dengan apa yang sedang dicari.

"Untuk mewujudkannya, kami menghadirkan kekuatan Google Lens langsung ke Bard. Katakanlah Anda ingin bersenang-senang menggunakan foto anjing Anda. Anda dapat mengunggahnya dan meminta Bard untuk menulis teks lucu tentang keduanya," terang Google.

Berikut adalah cara menggunaakan Google Bard seperti dikutip dari voi.id pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Buka laman Google

Untuk mengakses chatbot Google Bard, silahkan buka browser dan buka Google dengan akun yang sudah login terlebih dahulu.

Mulai obrolan

Setelah login menggunakan akun Google, Anda akan diarahkan menuju halaman obrolan dari chatbot Google Bard untuk dapat segera dapat digunakan.

Terdapat beberapa fitur seperti, atur ulang obrolan, Aktivitas Bard, FAQ, Pembaharuan, Bantuan & Dukungan. Selain itu, jendela obrolan Bard juga memuat area teks yang bisa dimanfaatkan untuk memasukkan pertanyaan atau petunjuk di bagian bawah layar klik Kirim di sebelah kanan untuk mengirimkannya.

Tulis hal yang ingin dicari

Selanjutnya, masukkan hal yang ingin dicari dalam area teks, chatbot Google Bard akan memberikan tanggapan atas permintaan tersebut.

Jika jawaban dirasa belum memuaskan, Anda cukup klik ‘View other draft’ di sudut kanan atas untuk melihat draft lainnya yang disusun oleh Google Bard.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill