Connect With Us

Cek Fakta: Wakil Bupati Tangerang Beri Bantuan Donasi Lewat WhatsApp

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 30 Mei 2023 | 10:51

Nomor tidak dikenal mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Beredar sebuah pesan lewat aplikasi perpesanan yang mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli memberikan bantuan donasi.

Pesan yang beredar tersebut salah satunya melalui nomor +6281334073010 dengan menggunakan foto profil Wakil Bupati Tangerang, yang menyasar para pengurus masjid.

"Assalamualaikum apa benar ini dengan salah satu pengurus FUTUHUL FALAKIYAH. Klok boleh tau dengan BPK/ibu siyapa saya berbicara ini, perkenalkan saya Bapak H. Mad Romli WAKIL BUPATI KAB Tangerang," demikian salah satu pesan yang beredar.

Nomor yang mengaku sebagai Wakil Bupati Tangerang itu menyebut untuk memberikan donasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang kepada tempat ibadah dan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Tangerang.

"iya bapak, maksud dan tujuan saya menghubungi bapak saat ini guna untuk menyampaikan prihal bantuan donasi yang dibagikan oleh Pemkab. Donasi yang dibagikan per 5 tahun sekali dab diperuntukkan ke seluruh tempat ibadah dan pondok pesantren khususnya di wilayah Pemkab Tangerang," sambungnya.

Faktanya

Akun Twitter resmi Pemkab Tangerang, @PemKabTangerang mengklarifikasi terkait pesan bantuan donasi yang mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli.

"Harap waspadai penipuan mengatasnamakan Wakil Bupati Tangerang," tulis akun @PemKabTangerang dikutip pada Selasa, 30 Mei 2023.

Pemkab Tangerang juga mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan mengklik tautan, mengunduh, atau transfer dari sumber-sumber yang tidak dikenal.

"Gunakanlah aplikasi pelacak nomor, seperti Get Contact agar mengetahui identitas pemilik nomor, atau nomor baru yang tidak dikenali, baiknya diabaikan saja," imbuh Pemkab Tangerang.

Kesimpulan

Berdasarkan klarifikasi langsung dari pihak Pemkab Tangerang, dapat disimpulkan nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dengan modus memberikan donasi merupakan hoaks.

Masyarakat hendaknya lebih selektif terhadap informasi yang beredar di internet agar terhindar dari segala bentuk modus kejahatan siber.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill