Connect With Us

Sinar Mas Pakai Teknologi AI Deteksi Kerusakan Infrastruktur di Kawasan BSD City

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 20 November 2023 | 21:27

| Dibaca : 196

Direksi Sinar Mas Land bersama pejabat Pemerintah Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang melihat peta pembangunan BSD City, Senin 12 Desember 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Perusahaan properti Sinar Mas Land memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi kerusakan pada infrastruktur di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengatakan pihaknya memanfaatkan mobil patroli yang dipasang kamera, sehingga bisa mendeteksi jalan rusak sekaligus titiknya.

Tak hanya mengetahui lokasi, teknologi tersebut juga bisa membedakan tingkat kerusakannya. Dengan mengetahui kerusakan sejak awal, pihaknya bisa menghemat waktu dalam melakukan perbaikan.

"Pemanfaatan AI ini juga sekaligus digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan. Kalau ada satu titik yang rusak terus, berarti ada kesalahan dalam pengerjaannya," katanya seperti dilansir dari IDX Channel, Senin 20 November 2023.

Sinar Mas juga melakukan pengembangan teknologi tersebut, dengan melibatkan berbagai global tech giant seperti Microsoft Indonesia, NTT Global, dan lainnya dalam perjalanan transformasi digital perusahaan.

Inovasi ini memang dibangun untuk menjadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Salah satu wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi kami dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur 'Tanya' dalam aplikasi OneSmile," lanjut Gani.

OPINI
Jebakan Utang China dan Upaya Neo-kolonialisme

Jebakan Utang China dan Upaya Neo-kolonialisme

Jumat, 3 November 2023 | 11:20

TANGERANGNEWS.com-Pada tanggal 18 Oktober 2023 lalu, Presiden China Xi Jinping mengumumkan akan melakukan penyuntikkan dana senilai Rp 1.576,99 triliun ke proyek Belt and Road Initiative (BRI)

HIBURAN
Kesal, Komika Abdur Arsyad Sindir Pelayanan Dokter di Indonesia 

Kesal, Komika Abdur Arsyad Sindir Pelayanan Dokter di Indonesia 

Selasa, 28 November 2023 | 12:47

TANGERANGNEWS.com- Komika Abdur Arsyad menyindir oknum dokter yang kerap terlambat datang dari jadwal praktik. Padahal, kondisinya banyak pasien telah menunggu untuk berobat maupun berkonsultasi.

BANDARA
Petugas Keamanan di Cikupa Tangerang Ditangkap, Terima 1,2 Kg Paket Sabu Asal Kamerun

Petugas Keamanan di Cikupa Tangerang Ditangkap, Terima 1,2 Kg Paket Sabu Asal Kamerun

Selasa, 14 November 2023 | 16:21

TANGERANGNEWS.com-Seorang petugas keamanan perusahaan di kawasan Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, ditangkap petugas gabungan karena menerima paket kiriman berisi 1,2 Kg narkoba jenis sabu dari Kamerun, Afrika.

TEKNO
Viral, Pengemudi Mobil Kabur Usai Tubruk Mobil Lain di Tol Jakarta-Tangerang

Viral, Pengemudi Mobil Kabur Usai Tubruk Mobil Lain di Tol Jakarta-Tangerang

Senin, 27 November 2023 | 10:56

TANGERANGNEWS.com- Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil merek Kijang Innova berwarna hitam menubruk mobil lainnya di Tol Jakarta-Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill