Connect With Us

Bulan Depan Google Bakal Hapus Banyak Aplikasi di Play Store

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 23 Juli 2024 | 11:07

Ilustrasi Google Play Store (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Google akan memberlakukan aturan baru di Play Store mulai Agustus 2024, yang mengharuskan aplikasi memberikan pengalaman pengguna yang stabil, menarik, dan responsif.

Bagi aplikasi yang tidak memenuhi persyaratan ini akan dihapus dari Play Store.

Kebijakan ini merupakan bagian dari pembaruan kebijakan spam Google yang terbaru, yang bertujuan menghapus aplikasi dengan fungsi dan konten terbatas, seperti aplikasi hanya teks dan aplikasi wallpaper tunggal. 

Diketahui, kebijakan baru ini akan mulai berlaku pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Menurut Google, ada tiga kategori utama aplikasi yang akan dihapus.

  1. Aplikasi yang statis tanpa fungsi spesifik, seperti aplikasi hanya teks atau file PDF
  2. Aplikasi dengan konten sangat sedikit yang tidak memberikan pengalaman pengguna yang menarik, seperti aplikasi wallpaper tunggal
  3. Aplikasi yang tidak memiliki fungsi atau tidak melakukan apa-apa

Google juga fokus pada aplikasi dengan fungsi yang rusak, termasuk yang terinstal dengan baik tetapi tidak dapat dimuat atau tidak responsif.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya terus-menerus Google untuk menghapus dan membatasi aplikasi tertentu di Google Play. 

Dilansir dari Digital Trends, pada tahun 2023 Google mencegah publikasi 2,28 juta aplikasi yang melanggar kebijakan dan menolak hampir 200 ribu aplikasi untuk meningkatkan perlindungan pengguna.

Dengan banyaknya perangkat berbasis Android yang beredar, Google berusaha memastikan hanya aplikasi berkualitas yang tersedia, baik untuk perangkat kelas atas seperti Samsung Galaxy S24 Ultra maupun ponsel dengan anggaran terbatas.

"Aplikasi harus memberikan pengalaman pengguna yang stabil, responsif, dan menarik. Aplikasi yang sering crash, tidak memiliki utilitas dasar yang memadai, kurang menarik, atau menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan pengalaman pengguna yang diharapkan tidak akan diizinkan di Google Play," kata Google.

KOTA TANGERANG
Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Geger Pasutri Tewas dengan Luka Tusukan di Cipondoh, Ditemukan Pesan Wasiat Warisan

Jumat, 6 September 2024 | 23:01

Warga Cipondoh, Kota Tangerang digegerkan penemuan mayat pasangan suami-istri (pasutri) di dalam rumahnya, pada Kamis 05 September 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

TEKNO
8 Tips Bermain Game Black Myth Wukong untuk Pemula 

8 Tips Bermain Game Black Myth Wukong untuk Pemula 

Sabtu, 7 September 2024 | 10:48

Black Myth Wukong merupakan salah satu game yang tengah banyak digandrungi para gamers. Game ini menawarkan pengalaman epik dengan kisah yang terinspirasi dari Journey to the West.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill