Connect With Us

Mengenal Lebih dalam Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin

Denny Bagus Irawan | Minggu, 22 Januari 2017 | 05:00

Mengenal Lebih Dalam Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Di sela-sela kesibukannya sebagai Ketua Tim Pemenangan Internal PDI Perjuangan untuk pasangan Rano-Embay, Mayjen TNI (Pur) Tubagus Hasanudin selalu menyempatkan waktu untuk beranjangsana mengunjungi sejumlah kyai dan ulama yang ada di Banten.

TB--sapaan akrab Tubagus Hasanudin--juga acap menziarahi makam para tokoh panutan untuk mengambil pelajaran dari kehidupan dan pengabdian para pendahulu. 

 

Sayangnya, TB Hasanudin memilih irit bicara soal kunjungan itu dengan alasan menghindari riya. TB memang diketahui kerap melakukan kunjungan itu diam-diam.

 

Diakui Tubagus Hasanudin, sejak kecil ia tumbuh dan berkembang dalam kultur relijius yang kuat. Hal inilah yang membentuk kepribadiannya hari ini yang selalu menempatkan kyai dan ulama sebagai sosok sentral yang harus selalu dihormati. 

 

"Sulit bagi saya meninggalkan segala yang pernah ditanamkan sejak kecil dalam hidup saya. Ulama dan kyai menjadi sangat penting hadir di tengah-tengah kita sebagai sumber pengetahuan. Jangan lupa, salah satu musibah besar bagi umat Islam itu adalah wafatnya seorang ulama," tegas TB Hasanudin.

 

TB Hasanudin yang kini aktif sebagai fungsionaris PDI Perjuangan juga dipercaya sebagai Ketua Tim Pemenangan Internal PDI Perjuangan untuk pemenangan pasangan Rano-Embay di pilkada 2017. Ia mengaku bergabung ke PDI Perjuangan karena terinspirasi oleh semangat juang Bung Karno. 

 

"Bung Karno adalah seorang relijius yang mengawali pengendapan gagasan-gagasan besarnya sebagai seorang muslim. Islam adalah inspirasi utama bagi Bung Karno. Itu pula yang membuat saya bergabung bersama PDI Perjuangan. Tidak ada tempat bagi mereka yang Anti Tuhan dan Anti Agama di PDI Perjuangan," tegas TB Hasanudin.

 

Akhlaqul Karimah Jangan Sekadar Jargon

 

Sementara itu, masih di kesempatan yang sama saat dikonfirmasi soal pernyataan Wahidin Halim yang menyebut adanya ancaman kebangkitan PKI dalam pilkada Banten, TB Hasanudin menolak berkomentar. Ia hanya berujar, "Calon pemimpin itu otaknya tak boleh dangkal. Calon pemimpin itu emosinya tidak boleh labil. Calon pemimpin itu pikirannya harus waras. Calon pemimpin tak semestinya gemar berbohong." 

 

TB tak menjelaskan lebih lanjut kepada siapa pernyataan itu ditujukan. Ia hanya menekankan seorang calon pemimpin yang gemar menyebar _hoax_ atau kabar palsu tak ubahnya dengan penabur fitnah.

 

TB Hasanudin yang sejak lama dikenal sebagai jenderal antikomunis kemudian mengingatkan kembali TAP MPRS RI dan peraturan perundangan yang melarang penyebaran ajaran komunis di Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila. Karena itu ia berpendapat mereka yang menyebarkan paham komunis bisa dipidanakan. 

 

Namun TB juga mengajak semua pihak belajar dari era tahun 70-an. Pada masa itu isu kebangkitan komunis justru muncul dan sengaja disuarakan oleh penganut komunis sendiri untuk melakukan semacam uji penerimaan di tengah masyarakat. "Yang bilang komunis mau bangkit lagi biasanya justru dilontarkan oleh mereka yang diam-diam berpaham komunis dan gemar menghalalkan segala cara untuk merebut kekuasaan," tegasnya.

 

 

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill