Connect With Us

Profil dan Biodata Rajiah Salsabillah, Atlet Perwakilan Kota Tangerang di Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 7 Agustus 2024 | 14:53

Rajiah Sallsabillah, atlet panjat tebing Kota Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Rajiah Salsabillah, atlet panjat tebing asal Kota Tangerang, tengah menjadi sorotan karena potensinya meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

Seperti diketahui, Rajiah Sallsabillah berkompetisi di nomor speed putri pada ajang internasional tersebut.

Pada 6 Agustus 2024 malam waktu setempat, Rajiah bertanding di Le Bourget Sport Climbing, Saint-Denis, Paris, melawan Emma Hunt dari Amerika Serikat dilansir dari Okezone, Rabu, 7 Agustus 2024. 

Rajiah memulai dengan baik di Lane A, mencatat waktu 6,67 detik, sedikit lebih lambat dari Emma yang mencatat 6,79 detik. Namun, pada panjatan kedua, Rajiah memperbaiki waktunya menjadi 6,58 detik, yang mengantarkannya ke perempat final dengan peringkat ketujuh.

Biodata Rajiah Salsabillah 

Rajiah Salsabillah lahir di Banten pada 30 April 1999. Ia adalah seorang muslim yang taat, terbukti dari penampilannya yang selalu berhijab saat bertanding. Rajiah menyelesaikan pendidikan menengah di SMKN 9 Tangerang dan melanjutkan ke Universitas Wahid Hasyim di Semarang, dengan jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.

Ketertarikan Rajiah pada panjat tebing berawal dari sang kakak, yang sering mengikuti lomba panjat tebing dan membawa pulang piala. Rajiah mulai mengikuti jejak kakaknya sejak usia 14 tahun dan dengan cepat menunjukkan bakatnya.

Pada tahun 2017, Rajiah meraih medali perak di Asian Championship di Iran. Setahun kemudian, ia memenangkan medali emas di Asian Games 2018 di usia 19 tahun. Prestasi internasional lainnya termasuk medali emas di IFSC Climbing World Cup di Chamonix, Prancis pada 2023.

Untuk bisa berkompetisi di Olimpiade Paris 2024, Rajiah harus berjuang keras. Ia memperoleh tiket ke olimpiade setelah meraih medali perunggu di kualifikasi yang diadakan di Budapest, Hungaria pada Juni 2024. 

Kini, Rajiah sudah berada di babak perempat final Olimpiade Paris 2024, hanya selangkah lagi dari kesempatan mempersembahkan medali bagi Indonesia.

Demikian profil dan biodata Rajiah Salsabillah, atlet panjat tebing dari Kota Tangerang yang berpotensi membawa pulang medali dari Olimpiade Paris 2024.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Selasa, 10 September 2024 | 19:08

Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang kelistrikan nasional, PT PLN (Persero) merekrut 135 mahasiswa Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang terpilih untuk mengikuti program ikatan kerja.

BANDARA
Sebanyak 2.474 WNI Digagalkan Berangkat Jadi Pekerja Ilegal, Paling Banyak ke 3 Negara Ini

Sebanyak 2.474 WNI Digagalkan Berangkat Jadi Pekerja Ilegal, Paling Banyak ke 3 Negara Ini

Rabu, 18 September 2024 | 16:18

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta mencatat terlah menggagalkan keberangkatan 2.474 calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) non prosedural ke Luar Negeri, sepanjang periode Januari-September 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill