Connect With Us

Jalan-Jalan Ke Cirebon? Cicipi 3 Kuliner Khas Cirebon yang Melegenda Ini

Mohamad Romli | Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00

. (resepdanmasakan.com / resepdanmasakan.com)

TANGERANGNEWS.com-Sebagai daerah yang memiliki sejarah, tradisi, dan kebudayaan yang kaya, Cirebon mempunyai banyak sekali kekhasan dan keunikannya sendiri. Ciri khas dan keunikan Cirebon berasal dari berbagai macam hal, seperti arsitektur bangunan, bahasa, tempat wisata, hingga kuliner.

Tidak kalah dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, kuliner di Cirebon juga sangat beragam. Pastinya, setiap makanan khas yang ada memiliki keunikan rasa yang khas, yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Salah satu kuliner ternama dari Cirebon yang paling terkenal adalah empal gentong. Hampir di setiap sudut Kota Cirebon, banyak ditemui pedagang empal gentong.

Selain empal gentong, Cirebon memiliki makanan khas lain yang tidak kalah lezat. Ketika berkunjung ke Cirebon, sempatkan untuk berwisata kuliner di tempat-tempat berikut ini:

1. Sarapan di Warung Docang Ibu Kapsah

Docang sepintas mirip lontong sayur karena menggunakan bahan-bahan, seperti lontong, daun singkong, taoge, oncom, dan disiram dengan kuah santan merah dengan toping kerupuk. Konon, Docang ini sudah ada sejak zaman wali songo dulu dan merupakan salah satu makanan favorit para wali.

Salah satu warung docang yang terkenal di Cirebon adalah Warung Docang Ibu Kapsah yang berada di Jalan Siliwangi atau di seberang pintu masuk Stasiun Kereta Api Kejaksan. Docang racikan ibu Kapsah dikenal memiliki kuah yang pekat. Warung Docang Ibu Kapsah buka mulai pukul 6 pagi.

2. Makan Siang di Nasi Lengko Haji Barno

Sebelum berkunjung ke tempat wisata di Cirebon lainnya, pergilah ke daerah JL. Pagongan yang ada di daerah Kesambi. Di lokasi tersebut terdapat Kedai Nasi Lengko H. Barno yang sangat pas dijadikan sebagai tempat makan siang.

Nasi lengko berisi potongan tahu dan tempe, irisan mentimun, toge, dan disiram dengan bumbu kacang serta kecap manis, tidak lupa juga diberi taburan bawang goreng dan daun bawang. Sekilas, nasi lengko ini mirip dengan nasi pecel. Nasi lengko di H. Barno juga biasanya disajikan bersama dengan sate kambing.

3. Berburu Oleh-Oleh di Toko Sinta

Toko Sinta merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang terkenal di se-antero Cirebon. Di sini, kita bisa membeli berbagai jajanan dan camilan. Namun, yang paling khas dari toko ini adalah manisannya. Di toko ini, pengunjung bisa membeli aneka macam manisan. Ada pula rujak, sambal, hingga ikan asin. Lokasinya berada di JL. Lemahwungkuk No. 37, Kota Cirebon.

4. Menutup Hari dengan Menyantap Nasi Jamblang Mang Dul

Ketika senja tiba, sebaiknya segera bergegas untuk bersiap-siap menyantap makan malam di Warung nasi Jamblang Mang Dul. Warung yang juga menjadi langganan Presiden SBY ini memang tidak pernah sepi. Pengunjung rela mengantre lama demi mencicipi lezatnya salah satu kuliner legendaris ini.

Nasi jamblang sebenarnya hanya nasi putih biasa yang dibungkus menggunakan daun jati dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Lauk yang digunakan sebagai pendamping makan nasi jamblang biasanya adalah perkedel kentang, sate paru, ayam goreng, telur semur, sambal, dan lain-lainnya. Warung Nasi Jamblang Mang Dul sendiri berada di JL. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi.

Puas makan-makan enak, kini saatnya untuk beristirahat. Bingung dengan harga sewa akomodasi yang cukup mahal, pilih hotel murah di Cirebon sebagai alternatif menginap. Airy Rooms, sebagai penyedia jaringan akomodasi terbesar di Indonesia, memiliki beragam pilihan kamar hotel dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap.

Masing-masing kamar memiliki jaminan fasilitas yang berkualitas, seperti tempat tidur yang nyaman, air mineral di setiap kamar, air hangat untuk mandi, perlengkapan mandi, AC, WiFi gratis selama 24 jam, serta TV canggih dengan puluhan saluran berkualitas.

Pemesanannya bisa dilakukan jauh-jauh hari lewat aplikasi atau situs resminya. Untuk pembayarannya sendiri, bisa dilakukan dengan transfer ataupun lewat kartu kredit.

 

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill