Connect With Us

Mengenal Balikpapan: Kota Minyak dengan Alam yang Rupawan

Mohamad Romli | Rabu, 26 September 2018 | 12:00

Gua Haji Mangku. (catperku / catperku)

TANGERANGNEWS.com-Tercatat sebagai kota terbesar kedua di Pulau Kalimantan setelah Samarinda, Balikpapan juga dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari peran berbagai industri minyak bumi dan gas yang ada di kawasan ini.

Siapa sangka, selain biaya hidup yang mahal dan kondisi perekonomian daerahnya yang cukup maju, Balikpapan ternyata memiliki panorama dan bentang alam yang sangat rupawan. Tidak heran jika selain mengembangkan sektor perekonomian, pemerintah setempat juga mengembangkan sektor pariwisata daerah yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar tersebut.

Meskipun dari segi popularitas Balikpapan masih kalah dengan Jogjakarta atau Bali, tapi dari potensinya, alam balikpapan tidak kalah menarik dan rupawan. Nah, jika saat berlibur nanti Anda ingin mengunjungi daerah yang belum pernah didatangi sebelumnya, Balikpapan bisa menjadi referensi.

Berkat adanya Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Anda bisa menggunakan pesawat untuk sampai di Balikpapan. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Kota ini melalui Airy. Lalu, apa saja tempat wisata yang bisa kita jelajahi di Balikpapan? Mari kita simak ulasan berikut ini!.

Haji Mangku merupakan sebuah gua unik yang terletak di Pulau Maratua. Daya tarik gua ini adalah pintu masuknya yang digenangi dengan air payau, karena kedalamannya cukup curam, warga setempat menyebut kubangan air berwarna toska bening tersebut sebagai danau.

Bagi yang hobi berenang, tempat ini merupakan spot yang tepat. Selama kemampuan berenang dan menyelam yang dimiliki cukup baik, Anda bisa menjelajahi alam bawah air Gua Haji Mangku yang eksotis dan misterius. Karena di bawah air tersebut terdapat jurang dan ceruk yang cukup dalam, hingga dasarnya tidak begitu terlihat.

 

Pulau Kakaban

Source : enciety

 

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk menikmati pemandangan laut biru dengan pantai yang rupawan. Di Balikpapan, pemandangan tersebut bisa Anda lihat di Pulau Kakaban yang termasuk ke dalam gugusan kepulauan Derawan. Daya tarik utama pulau ini adalah danau yang berada di tengah pulau. 

Luas danau tersebut bahkan hampir setengah pulau. Jadi jika dilihat dari atas, Kakaban seperti sabuk hijau yang mengelilingi sebuah lautan biru. Selain danau, pengunjung juga bisa berenang dengan ubur-ubur jinak yang merupakan fauna asli lautan di sekitar pulau.  Selain ubur-ubur, Anda juga bisa bertemu dengan beberapa ikan langka seperti barracuda, hiu white tip, hingga hammer shark. Menarik bukan?

 

Taman Batu Bukit Sembinai

Source : tripcanvas

Tempat wisata alam yang terletak di Kabupaten Paser sekitar 172 km dari Balikpapan tersebut merupakan sebuah kawasan perbukitan batu yang menjulang di tengah hutan. Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan batu tersebut adalah saat pagi dan sore hari. Karena dari atas bukit-bukit batu tersebut Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang rupawan.

Bagi yang memiliki stamina terbatas, pastikan Anda membawa bekal dan persiapan yang sesuai. Karena tracking merupakan cara terbaik untuk mencapai puncak bukit dan merasakan langsung serunya pengalaman menikmati alam Balikpapan yang eksotis dan unik.

Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Balikpapan saat musim liburan nanti? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat ke Balikpapan dari jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan bujet. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat menjelajah.

 

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill