Connect With Us

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Rachman Deniansyah | Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

| Dibaca : 26325

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat disulap menjadi Taman Hutan Kota Jombang. 

Taman Hutan Kota Jombang itu mulai dibangun sejak awal tahun 2019 lalu, dan selesai tepat waktu pada Desember 2019. Dalam pembangunannya, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel menggunakan anggaran yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Wisata

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Rosi Yuliandi mengatakan, pembangunan ini awalnya bertujuan untuk menjadikan saluran kali kembali pada fungsi ke utamanya yaitu sebagai saluran pembuang dari jalan Sumatera menuju ke Kali Cibenda. 

"Pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir dibagi tiga segmen, antara lain, Segmen 1 yang menghubungan Jalan Sumatera-Pesantren-Jalan SMK. Segmen 2 yang menghubungkan Jalan SMK-Balai Pertanian Jombang dengan menggunakan Flying Deck, serta Segmen 3 meliputi saluran kali pembuang dari Balai pertanian menuju Kali Cibenda," papar Rosi, Sabtu (25/1/2020).

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Namun, kata Rosi, selain melakukan pembenahan terhadap kali mati, DPU Tangsel juga sengaja mendesain bangunan di sekitar lokasi menjadi tempat yang indah. Sehingga masyarakat pun tertarik dan senang. Hal itu pun serupa dengan yang dilakukan DPU Tangsel di tempat lain, seperti Tandon Ciater, Kali Jaletreng, dan lainnya.

"Sebagai tambahannya kita menata Hutan Kota Jombang sebagai ekowisata, icon lingkungan sehat dan wahana relaksasi masyarakat," ujar dia. 

Rosi melanjutkan, wisata Taman Hutan Kota Jombang menyediakan beberapa wahana, seperti rumah pohon yang melewati jembatan gantung, fitnes outdoor, tempat bermain anak, tempat kumpul keluarga, dan spot-spot yang apik digunakan sebagai latar foto. 

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Menurutnya, Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir itu dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi banjir dengan mengalirkan air ke Kali Cibenda.

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan menambahkan, dengan selesainya Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Mati Cibenda Hilir, masyarakat Tangsel memiliki alternatif tempat wisata alami di tengah kota. 

"Kami berharap masyarakat Tangsel bisa memanfaatkan Taman Hutan Kota Jombang ini sebagai tempat wisata. Tak hanya memanfaatkan, tapi juga menjaganya agar keberlangsungan lokasi wisata ini tetap terjaga," pungkasnya.(RMI/HRU)

HIBURAN
Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Kamis, 4 Juni 2020 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Ferdian Paleka dapat menghirup napas bebas setelah sempat ditahan dibalik jeruji besi karena kasus prank sembako sampah

OPINI
Renungan Tentang Kematian

Renungan Tentang Kematian

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:57

Orang-orang yang telah berusaha taat kepada Allah SWT, perlahan-lahan mendapatkan pengetahuan hikmah dari setiap tindakan yang dilakukan. Pengetahuan yang begitu saja menyesap

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi