Connect With Us

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kuliner Pasar Lama

Redaksi | Sabtu, 23 Januari 2021 | 15:30

Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang. (Amalia Natasya Maharani / Istimewa)

 

Oleh : Amalia Natasya Maharani

Seperti yang kita ketahui Kota Tangerang merupakan kota industri, namun disamping itu Kota Tangerang merupakan kota yang tidak bisa lepas dari sejarah kultur Tiong Hoa yang kental. Salah satunya Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang yang berlokasi di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Dahulu Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang tidak seperti sekarang, hanya perkampungan biasa yang masyarakatnya memang sudah melakukan aktivitas perdagangan. 
Sejarah kaum Tiong Hoa yang biasa dikenal dengan sebutan Cina Benteng, berawal dari pelayaran laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dari Cina yang dalam perjalanannya menyusuri Tanah Jawa.

Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Kemudian Cheng Ho mengutus anak buahnya Tjen Tjie untuk menepi di Teluknaga sekitar tahun 1407 yang sekarang menjadi bagian dari Tangerang.

Kemudian rombongan Tjen Tjie menetap disana dan dan bercampur dengan masyarakat setempat, hingga kawin dengan penduduk tersebut kemudian berkembang semakin banyak.

Boba And Milk di Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Kerena penduduk Cina Benteng semakin padat, mereka mendirikan beberapa perkampungan lain di kawasan Kota Tangerang yaitu Pasar Baru dan Pasar Lama yang sekarang lebih dikenal dengan kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Pasar Lama kemudian ditata sebagai kawasan kuliner pada akhir 2012 dengan nama Kawasan Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang.

Martabak di Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Wisata kuliner ini menjadi salah satu ikon kuliner yang berada di Kota Tangerang, setiap satu tahun sekali pemerintah Kota Tangerang melakukan promosi dengan _event_ tahunan yaitu _Pasar Lama Culinary Night_. Pasar lama yang menyajikan ragam jenis makanan seperti, _Bubur Ko Iyo, Sate Ayam H.Ishak, Asinan Liu Lan Jin, Es Podeng_, dan masih banyak lagi makanan yang lainnya yang siap membuat kamu ketagihan!.
Tersedia juga jenis kuliner kafe dan restoran dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan jika menelusuri kawasan kuliner ini. Jadikan Wisata Kuliner Pasar Lama sebagai salah satu destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi  ketika lapar melanda ya!
Sebelum Pandemi COVID-19 Kawasan Kuliner Pasar Lama dibuka dari pagi hingga pukul 23.00 WIB. Namun dengan adanya COVID-19 ini Pasar Lama hanya diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB.

Kawasan Kuliner di Pasar Lama Tangerang.

Selain kulinernya yang legenda dan beragam, kawasan ini pun memiliki fasilitas dan nilai bersejarah. Wisatawan yang berkunjung juga dapat merasakan suasana jejak sejarah pecinaan pada bangunan-bangunan yang ada pada kawasan pasar lama, seperti _Vihara Boen Tek Bio_, Kuil Tiong Hoa tertua di Kota Tangerang, dan Museum Peranakan Benteng Heritage.


"Sebelum pandemi COVID-19 saya biasanya berkunjung ke Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang ini seminggu sekali pada malam hari, karena ingin menikmati malam sambil kulineran. Tapi dengan kondisi pandemi seperi sekarang, membuat pasar lama ini harus ditutup lebih awal demi menjaga kesehatan seluruh masyarakat Tangerang. Selain kulineran kamu bisa melihat peninggalan sejarah yang ada di kawasan ini, lho! Dan buat kamu yang ingin berkunjung ke Pasar Lama, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, serta selalu menggunakan masker," ujar Danty, salah satu pengunjung Kawasan Kuliner Pasar Lama.

 

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill