Connect With Us

Mengenal Lebih Dekat Wisata Kuliner Pasar Lama

Redaksi | Sabtu, 23 Januari 2021 | 15:30

| Dibaca : 1137

Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang. (Amalia Natasya Maharani / Istimewa)

 

Oleh : Amalia Natasya Maharani

Seperti yang kita ketahui Kota Tangerang merupakan kota industri, namun disamping itu Kota Tangerang merupakan kota yang tidak bisa lepas dari sejarah kultur Tiong Hoa yang kental. Salah satunya Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang yang berlokasi di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Dahulu Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang tidak seperti sekarang, hanya perkampungan biasa yang masyarakatnya memang sudah melakukan aktivitas perdagangan. 
Sejarah kaum Tiong Hoa yang biasa dikenal dengan sebutan Cina Benteng, berawal dari pelayaran laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dari Cina yang dalam perjalanannya menyusuri Tanah Jawa.

Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Kemudian Cheng Ho mengutus anak buahnya Tjen Tjie untuk menepi di Teluknaga sekitar tahun 1407 yang sekarang menjadi bagian dari Tangerang.

Kemudian rombongan Tjen Tjie menetap disana dan dan bercampur dengan masyarakat setempat, hingga kawin dengan penduduk tersebut kemudian berkembang semakin banyak.

Boba And Milk di Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Kerena penduduk Cina Benteng semakin padat, mereka mendirikan beberapa perkampungan lain di kawasan Kota Tangerang yaitu Pasar Baru dan Pasar Lama yang sekarang lebih dikenal dengan kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Pasar Lama kemudian ditata sebagai kawasan kuliner pada akhir 2012 dengan nama Kawasan Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang.

Martabak di Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang.

Wisata kuliner ini menjadi salah satu ikon kuliner yang berada di Kota Tangerang, setiap satu tahun sekali pemerintah Kota Tangerang melakukan promosi dengan _event_ tahunan yaitu _Pasar Lama Culinary Night_. Pasar lama yang menyajikan ragam jenis makanan seperti, _Bubur Ko Iyo, Sate Ayam H.Ishak, Asinan Liu Lan Jin, Es Podeng_, dan masih banyak lagi makanan yang lainnya yang siap membuat kamu ketagihan!.
Tersedia juga jenis kuliner kafe dan restoran dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan jika menelusuri kawasan kuliner ini. Jadikan Wisata Kuliner Pasar Lama sebagai salah satu destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi  ketika lapar melanda ya!
Sebelum Pandemi COVID-19 Kawasan Kuliner Pasar Lama dibuka dari pagi hingga pukul 23.00 WIB. Namun dengan adanya COVID-19 ini Pasar Lama hanya diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB.

Kawasan Kuliner di Pasar Lama Tangerang.

Selain kulinernya yang legenda dan beragam, kawasan ini pun memiliki fasilitas dan nilai bersejarah. Wisatawan yang berkunjung juga dapat merasakan suasana jejak sejarah pecinaan pada bangunan-bangunan yang ada pada kawasan pasar lama, seperti _Vihara Boen Tek Bio_, Kuil Tiong Hoa tertua di Kota Tangerang, dan Museum Peranakan Benteng Heritage.


"Sebelum pandemi COVID-19 saya biasanya berkunjung ke Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang ini seminggu sekali pada malam hari, karena ingin menikmati malam sambil kulineran. Tapi dengan kondisi pandemi seperi sekarang, membuat pasar lama ini harus ditutup lebih awal demi menjaga kesehatan seluruh masyarakat Tangerang. Selain kulineran kamu bisa melihat peninggalan sejarah yang ada di kawasan ini, lho! Dan buat kamu yang ingin berkunjung ke Pasar Lama, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, serta selalu menggunakan masker," ujar Danty, salah satu pengunjung Kawasan Kuliner Pasar Lama.

 

TEKNO
Sebelum Beli iPhone 12 Pro Max, Cari Tahu Spesifikasi & Keunggulannya

Sebelum Beli iPhone 12 Pro Max, Cari Tahu Spesifikasi & Keunggulannya

Jumat, 29 Januari 2021 | 14:14

TANGERANGNEWS.com-Seperti diketahui, pada bulan November yang lalu Apple

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

NASIONAL
Dampak yang Diterima Pariwisata Indonesia Selama Pandemi Virus COVID-19

Dampak yang Diterima Pariwisata Indonesia Selama Pandemi Virus COVID-19

Jumat, 19 Februari 2021 | 10:19

TANGERANGNEWS.com-Virus corona mulai terdeteksi pertama kali di Wuhan, Cina pada akhir tahun 2019. Hampir semua negara di dunia telah terpapar virus COVID-19 termasuk Indonesia

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln