Connect With Us

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Tim TangerangNews.com | Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

Jajanan Sekolah Dasar (SD). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong.

Bahkan semua orang pasti setuju kalau jajanan SD adalah yang paling enak. Sayangnya, saat ini jajanan tersebut semakin sedikit yang menjual, mungkin hanya akan menemukan di area sekolah.

Sekadar menjadi momen untuk bernostalgia, berikut ini beberapa jajanan SD yang melegenda sepanjang masa yang masih dinikmati sampai sekarang:

Telur Gulung

Telur gulung.

Jajanan pertama yang masih melegenda sampai saat ini adalah telur gulung. Telur gulung ini terbuat dari telur yang dicampur dengan tepung terigu dan tambahan bahan pelengkap lainnya.

Keunikan dari telur gulung ini adalah penyajiannya yang digulung menggunakan tusuk sate. Telur  gulung ini dijual dengan harga Rp 1.000/tusuk, setelah telur gulung ini jadi lalu disajikan dengan mika plastik. Telur gulung ini akan lebih nikmat bila disantap saat masih hangat.

Kue Cubit

	Kue Cubit

Pecinta jajanan SD pasti tak asing lagi dengan kue cubit. Camilan ini kerap melegenda karena rasanya yang manis dan nikmat. Kue cubit paling enak biasanya disajikan setengah matang.

Namun tak jarang orang menyukai kue cubit yang disajikan setengah matang. Harga kue cubit ini dijual dengan harga Rp 5.000/loyang, disajikanya sama dengan telur gulung yaitu menggunakan mika plastik.

Harganya masih relatif murah meriah meski cita rasanya telah beragam. Biasanya kue cubit dijajakan dengan gerobak dorong di depan sekolah, dari sekedar jajanan kaki lima biasa yang murah meriah, hingga muncul outlet-outlet di mal dan kafe yang menyajikan kue cubit dengan berbagai modifikasi rasa serta topping.

Mie Lidi-Lidian

Mie lidi.

Mengenang jajanan tempo dulu dengan mie lidi, jajanan yang satu ini merupakan jajanan masa SD yang begitu digemari hingga saat ini. Rasanya yang gurih dan nikmat dengan tambahan bumbu menambah cita rasa mie lidi. Mie lidi biasanya dijual oleh pedagang makanan di sekitaran sekolah.

Tetapi, saat ini, mie lidi mudah ditemukan di beberapa swalayan atau supermarket. Untuk harga mie lidi sekitar Rp 10.000/box.  Mie lidinya tidak begitu keras sama sekali. Jadi kamu tidam perlu khawatir gigimu akan ngilu dan sakit, ya!

Gulali ‘rambut nenek’

Rambut nenek.

Rambut nenek merupakan jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat.

Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek. Jajanan legendaris ini sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang sampai kalangan orang tua, bahkan sekarang kemasan dan varian rambut nenek atau arbanat semakin kekinian.

Walaupun, bahan utama pembuatannya tetaplah sama, yaitu gula dan tepung. Kalian sudah bisa mencicipinya hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp3.000 dari kantong kalian.

Papeda

Papeda.

Terakhir, jajanan SD yang melegenda yaitu papeda salah satu yang terlaris dari jajanan anak sekolah yang biasa dijual abang - abang di sekitaran SD. Papeda telur gulung ini ditaburi bumbu asin atau bumbu rasa keju, bisa pilih sesuai selera.

Tekstur makanannya lengket, jadi enaknya nih dimakan selagi panas. Resepnya sederhana dan membuatnya juga cepat. Bahannya terdiri dari tepung sagu atau aci, tepung beras, garam, dan telur puyuh. Harganya super terjangkau, cuman seribu rupiah satu tusuknya.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

OPINI
Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Minggu, 17 Maret 2024 | 16:24

Ya, tarif tol mengalami kenaikan tajam di bulan Ramadan tahun 2024 ini. Kenaikan ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024.

PROPERTI
Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 | 10:08

Paramount Land berhasil meraih penghargaan Merketeers OMNI Brand of The Year 2024 dalam kategori ’Digital Customer Experience’.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill