Connect With Us

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Tim TangerangNews.com | Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

| Dibaca : 1305

Jajanan Sekolah Dasar (SD). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong.

Bahkan semua orang pasti setuju kalau jajanan SD adalah yang paling enak. Sayangnya, saat ini jajanan tersebut semakin sedikit yang menjual, mungkin hanya akan menemukan di area sekolah.

Sekadar menjadi momen untuk bernostalgia, berikut ini beberapa jajanan SD yang melegenda sepanjang masa yang masih dinikmati sampai sekarang:

Telur Gulung

Telur gulung.

Jajanan pertama yang masih melegenda sampai saat ini adalah telur gulung. Telur gulung ini terbuat dari telur yang dicampur dengan tepung terigu dan tambahan bahan pelengkap lainnya.

Keunikan dari telur gulung ini adalah penyajiannya yang digulung menggunakan tusuk sate. Telur  gulung ini dijual dengan harga Rp 1.000/tusuk, setelah telur gulung ini jadi lalu disajikan dengan mika plastik. Telur gulung ini akan lebih nikmat bila disantap saat masih hangat.

Kue Cubit

	Kue Cubit

Pecinta jajanan SD pasti tak asing lagi dengan kue cubit. Camilan ini kerap melegenda karena rasanya yang manis dan nikmat. Kue cubit paling enak biasanya disajikan setengah matang.

Namun tak jarang orang menyukai kue cubit yang disajikan setengah matang. Harga kue cubit ini dijual dengan harga Rp 5.000/loyang, disajikanya sama dengan telur gulung yaitu menggunakan mika plastik.

Harganya masih relatif murah meriah meski cita rasanya telah beragam. Biasanya kue cubit dijajakan dengan gerobak dorong di depan sekolah, dari sekedar jajanan kaki lima biasa yang murah meriah, hingga muncul outlet-outlet di mal dan kafe yang menyajikan kue cubit dengan berbagai modifikasi rasa serta topping.

Mie Lidi-Lidian

Mie lidi.

Mengenang jajanan tempo dulu dengan mie lidi, jajanan yang satu ini merupakan jajanan masa SD yang begitu digemari hingga saat ini. Rasanya yang gurih dan nikmat dengan tambahan bumbu menambah cita rasa mie lidi. Mie lidi biasanya dijual oleh pedagang makanan di sekitaran sekolah.

Tetapi, saat ini, mie lidi mudah ditemukan di beberapa swalayan atau supermarket. Untuk harga mie lidi sekitar Rp 10.000/box.  Mie lidinya tidak begitu keras sama sekali. Jadi kamu tidam perlu khawatir gigimu akan ngilu dan sakit, ya!

Gulali ‘rambut nenek’

Rambut nenek.

Rambut nenek merupakan jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat.

Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek. Jajanan legendaris ini sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang sampai kalangan orang tua, bahkan sekarang kemasan dan varian rambut nenek atau arbanat semakin kekinian.

Walaupun, bahan utama pembuatannya tetaplah sama, yaitu gula dan tepung. Kalian sudah bisa mencicipinya hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp3.000 dari kantong kalian.

Papeda

Papeda.

Terakhir, jajanan SD yang melegenda yaitu papeda salah satu yang terlaris dari jajanan anak sekolah yang biasa dijual abang - abang di sekitaran SD. Papeda telur gulung ini ditaburi bumbu asin atau bumbu rasa keju, bisa pilih sesuai selera.

Tekstur makanannya lengket, jadi enaknya nih dimakan selagi panas. Resepnya sederhana dan membuatnya juga cepat. Bahannya terdiri dari tepung sagu atau aci, tepung beras, garam, dan telur puyuh. Harganya super terjangkau, cuman seribu rupiah satu tusuknya.

HIBURAN
Bioskop Hari Ini Boleh Dibuka, Ini Empat Syaratnya

Bioskop Hari Ini Boleh Dibuka, Ini Empat Syaratnya

Selasa, 14 September 2021 | 12:49

TANGERANGNEWS.com- Setelah sekian lama tak bisa beroperasi karena pandemi COVID-19, bioskop akhirnya kembali dibuka dengan sejumlah persyaratan. Pemerintah menetapkan setidaknya empat syarat yang harus dipatuhi

KOTA TANGERANG
Antisipasi Klaster Sekolah, Pemkot Tangerang Lakukan Tracing

Antisipasi Klaster Sekolah, Pemkot Tangerang Lakukan Tracing

Minggu, 26 September 2021 | 17:07

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan tracing COVID-19 di sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (TMP) secara terbatas.

TOKOH
Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Jumat, 24 September 2021 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-KLATEN-Permasalahan pada sektor pangan selalu menjadi perhatian di setiap negara. Pemerintah selalu berupaya memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan menjaga ketahanan pangan diantaranya melalui pemberdayaan petani,

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin