Connect With Us

Yuk, Wisata Religi Akhir Pekan ke Masjid Pintu 1000 Tangerang

Tim TangerangNews.com | Kamis, 9 September 2021 | 14:55

| Dibaca : 670

Masjid Pintu 1000 Tangerang. (@TangerangNews / Hilda Ulya)

TANGERANGNEWS.com-Akhir pekan sudah di depan mata. Kalau tertarik mengunjungi wisata religi di Tangerang, kamu bisa ke Masjid Agung Nurul Yaqin yang dikenal unik karena memiliki ciri khas bangunan artistik kuno.

Masjid yang berada di Kampung Bayur, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang ini diketahui telah berusia puluhan tahun dengan luas tanah 1 hektare.

Masjid Pintu 1000 Tangerang.

Masjid ini dibangun tahun 1978 dan selesai tahun 1982. Diketahui, penamaan nama Pintu Seribu ini awalnya dari wartawan dulu yang berkunjung ke masjid ini.

Pada akhirnya nama Masjid Agung Nurul Yaqin dikenal oleh masyarakat luas dengan nama Pintu Seribu.

Suasana di dalam Masjid Pintu 1000 Tangerang.

Masjid Pintu Seribu memiliki banyak cerita bersejarah. Mulai dari makam keramat hingga labirin sebagai tempat perenungan.

Ada beberapa bagian bangunan masjid tersebut sudah mulai tidak terawat bahkan cat dindingnya sudah mulai hilang dan terlihat juga bangunannya seperti belum selesai.

Suasana di dalam Masjid Pintu 1000 Tangerang.

Kendati demikian, beberapa dinding di masjid tersebut dipenuhi kaligrafi dan beberapa lukisan para wali, seperti Sunan Gresik

Keluarga sekaligus pengurus masjid, Husen, 66, menceritakan jika Masjid Pintu Seribu dirikan oleh Syekh Ami Al-Faqir Mahdi Hasan Al-Qudrotillah Al-Muqoddam.

Suasana di dalam Masjid Pintu 1000 Tangerang.

Syekh Ami masih keturunan keenam dari Syekh Syarif Hidayatullah Cirebon atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

“Awalnya masjid didirikan tahun 1978 selesai 1982. Pendiri Syekh Ami Al-Faqir Mahdi Hasan Al-Qudrotillah Al-Muqoddam. Beliau keturunan Sunan Gunung Jati,” ujar Husen saat ditemui TangerangNews pada Kamis, 9 September 2021.

Masjid Pintu 1000 Tangerang.

Sebutan Pintu Seribu ini karena pintu dan lorong-lorongnya banyak. Lalu, bangunan ini terdiri dari tiga lantai.

Namun, untuk tempat yang digunakan sebagai ibadah hanya di lantai 1 dan lantai 2. Sedangkan di lantai 3 difungsikan apabila jamaah sudah tidak tertampung.

Dirinya juga menambahkan banyak pengunjung dari berbagai daerah datang ke tempat ini untuk berziarah. Para peziarah yang datang, mulai dari Jawa Timur hingga Kalimantan.

OPINI
Tanpa Utang Hidup Tak Berwarna, Masihkah Berlaku?

Tanpa Utang Hidup Tak Berwarna, Masihkah Berlaku?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:54

TANGERANGNEWS.com-Mendengar kata utang, di negeri ini sangatlah lazim, dari mulai rakyat jelata hingga pejabat kelas kakap rajin berutang, apalagi negara. Dilansir dari Merdeka.com, 24 Juli 2021

SPORT
Persita Bungkus Poin Penuh Menang 2-1 Lawan Tira Persikabo

Persita Bungkus Poin Penuh Menang 2-1 Lawan Tira Persikabo

Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Persita Tangerang akhirnya mampu meraih poin penuh dengan menang 2-1 melawan Tira Persikabo di lanjutan Liga 1 2021, di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Jumat 22 Oktober 2021 sore WIB

HIBURAN
Hapus Status Suami Istri dengan Ajun Perwira, Jennifer Jill Mengaku Karena Hal Ini 

Hapus Status Suami Istri dengan Ajun Perwira, Jennifer Jill Mengaku Karena Hal Ini 

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:36

TANGERANGNEWS.com-Setelah selama enam bulan ditahan karena ditangkap polisi, terkait sabu seberat 0,39 gram. Kini, isu keretakan rumah tangga pasangan artis Ajun Perwira dengan Jennifer Jill akhirnya terjawab

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin