Connect With Us

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten. (@TangerangNews / Pemkab Serang)

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dewan Juri I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Doto Yogantoro mengatakan, dari 50 besar akan di ambil untuk perklasifikasinya. Jadi ada rintisan berkembang dan maju. “Saya belum lihat semua wisata di Desa Cikolelet berkembang atau maju,” ujarnya sesaat sebelum meninjau di Desa Cikolelet pada Jumat, 1 Oktober 2021, dilansir dari Antara. 

Menurutnya, dari 50 besar desa wisata yang sudah terpilih bukan dipilih menjadi 10 besar, namun terbagi tiga kelas, yang meliputi kelas rintisan, kelas berkembang, dan kelas maju. 

“Itu masing-masing punya pemenang sendiri, karena klasifikasinya beda. Kami ke lapangan menilai, mencatat dari tiga kelas itu kita punya pemenang masing-masing,” terang Doto.

Akan tetapi, lanjut Doto, selain pemenang itu nanti pihaknya juga akan memunculkan pemenang dari tujuh kategori yang dinilai. Di antaranya, kesatu daya tarik, kedua home stay, ketiga toilet, ke empat fashion, kuliner dan kerajinan, kelima penerapan protokol kesehatan Covid-19 wajib, dan keenam konten kreatif di media sosial, baik instagram, facebook, youtube dan lainnya, dan sarana digitalnya seperti website. 

“Itu ada 7 kategori diambil, masing-amsing dari 7 ada pemenangnya juga, jadi mungkin Desa Cikolelet ini bisa menjadi terbaik di kelasnya, bisa juga menjadi salah satu yang memiliki kekuatan misalnya home stay, itu nanti di ambil,” jelas dia.

Selanjutnya Doto berharap, ke depan penyebarannya dari 50 desa wisata terbaik yang terpilih untuk masing-masing desa memiliki kekuatan dari kelasnya masing-masing. 

“Lebih jelasnya, kalau Desa Cikolelet masih menjadi desa rintisan tahun depan berkembang, berkembang jadi maju, kalau maju naik menjadi mandiri, karena kalau desa mandiri itu tidak di lombakan karena sudah menjadi contoh untuk desa lainnya,” paparnya.  

Seusai melihat gambaran dan mendengarkan paparan wilayah Desa Wisata Cikolelet, Doto meyakini jika Desa Cikolelet bisa meningkat berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri ADWI. 

“Sangat mungkin jadi Desa Mandiri, karena latar belakang yang dia miliki dari empat tema punya semua, sebagai syarat desa wisata dia punya dari sisi kelembagaan, swakelola, tari budaya dan sebagainya dia punya semua,” tegasnya.

“Lebih jelasnya, Desa Wisata Cikolelet Mandiri dalam artian sudah tidak lagi merepotkan pemerintah daerah, sudah bisa jalan sendiri, sudah punya investasi sendiri, inovasi sendiri jadi pemda hanya mendorong saja karena tugas pemda membina desa yang lainnya,” lanjut Doto.

Senada disampaikan Dewan Juri II ADWI, I Made Wena. Namun kata dia, pihaknya hanya mencatat, adapun keputusan berdasarkan hasil semua dewan juri. “Kami hanya mencatat,” katanya didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Serang, Hamdani.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Serang, Hamdani menambahkan, akan terus memberikan suport agar Desa Cikolelet terus berinovasi. 

“Salah satu penilaian ini juga merupakan penyemangat, dengan penilaian kita tahu kekurangan-kekurangannya nanti kita tingkatkan lagi ke depannya,” katanya.

KAB. TANGERANG
Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Selasa, 19 Maret 2024 | 05:52

Sat Lantas Kabupaten Tangerang telah mengumumkan jadwal layanan SIM keliling untuk Selasa, 19 Maret 2024.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

HIBURAN
Spesial Ramadan, Eudora Aesthetic Clinic Tawarkan Promo Ngabuburit Sambil Perawatan Kulit

Spesial Ramadan, Eudora Aesthetic Clinic Tawarkan Promo Ngabuburit Sambil Perawatan Kulit

Senin, 18 Maret 2024 | 18:32

Klinik kecantikan Eudora Aesthetic Clinic menawarkan promo perawatan kulit & tubuh selama Ramadan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill