Connect With Us

Episode Hotel Gading Serpong Tangerang Angkat Potensi Budaya Baduy dan Peranakan Cina Benteng

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 5 Juni 2022 | 21:45

| Dibaca : 6120

Hotel Episode Gading Serpong yang Berlokasi di Jalan Gading Serpong Boulevard Barat Blok S 6-7, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Episode Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi sepenuhnya dengan mengangkat kebudayaan asli Baduy dan Peranakan Cina Tangerang atau disebut Cina Benteng.

Venny Fransisca Hermawan, CEO JHL Group and JHL Collection mengatakan, hotel bintang empat ini bukan hanya sekedar mengambil budaya Baduy dan Peranakan Tangerang sebagai tema. Namun juga menggunakan pernak-pernik dan ornamen buatan masyarakat asli untuk menghiasi sebanyak 320 kamar di Episode Hotel.

"Mulai dari kain tenun yang kita didatangkan langsung dari pengrajin asal Baduy di Lebak, Banten. Hingga perpaduan warna interior kamar yang dibuat perpaduan antara kedua budaya tersebut," katanya saat Grand Opening, Minggu 5 Juni 2022.

Menurut Venny, sebelumnya Episode Hotel hanya mengoperasikan 50 persen kamar, saat soft opening pada Januari 2022 lalu. Hal tersebut karena masih melonjaknya kasus pandemi Covid-19. "Mulai hari ini, kami fungsikan seluruhnya," ujarnya.

Direktur Episode Hotel Gading Serpong Megawati mengatakan dijadikannya budaya Baduy dan Peranakan Cina sebagai identitas hotel merupakan komitmen pihaknya untuk menggali kearifan lokal.

Bahkan, untuk menghiasi interior setiap kamar, manajemen pun sempat ke Baduy untuk memborong kerajinan tangan penduduk lokal, seperti kain tenun motif khas daerah tersebut.

"Begitu juga dengan seragam karyawan yang juga mengangkat tema kebudayaan yang sama," jelasnya.

Untuk lebih mengenalkan kebudayaan Banten tersebut, kedepannya Episode Hotel berencana membawa alat tenun asli Baduy dan  mengadakan showcase dari pengrajin tenun langsung dari sana.

"Untuk kuliner pun, kami memiliki minuman khas Baduy yang diracik dari sari Nila. Sehingga, tiap tamu yang hadir terutama pendatang dari luar wilayah Banten, bisa ikut merasakan kehangatan kearifan lokal," tutur Megawati.

Ia pun berharap dengan mengangkat budaya Baduy dan Peranakan, ekonomi UMKM setempat juga dapat ikut terangkat.

Untuk diketahui, dalam event grand opening, Episode Hotel turut menghadirkan peragaan busana yang menggunakan kain asal Baduy karya Adrie Basuki. Ada juga pameran fotografi yang memperlihatkan budaya Baduy serta Cina Peranakan karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tangerang.

KOTA TANGERANG
Adukan Nasibnya Tak Digaji 8 Bulan ke Disnaker, Pekerja di Tangerang Tetap 'Gigit Jari'

Adukan Nasibnya Tak Digaji 8 Bulan ke Disnaker, Pekerja di Tangerang Tetap 'Gigit Jari'

Jumat, 1 Juli 2022 | 20:06

TANGERANGNEWS.com-Muhani Wahyuni, pekerja perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang atau kargo melalui penyewaan pesawat, mengadukan nasibnya ke Pengawas Dinas Ketenagakerjaan dan transmigrasi

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

BANTEN
Dorong UMKM Naik Kelas ke Pasar Global, Bea Cukai Tangerang Ajari Soal Serba-serbi Ekspor

Dorong UMKM Naik Kelas ke Pasar Global, Bea Cukai Tangerang Ajari Soal Serba-serbi Ekspor

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:27

TANGERANGNEWS.com-Sebagai wujud implementasi dalam memfasilitasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kantor Pelayanan Bea Cukai Tangerang memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait serba-serbi ekspor.

TANGSEL
 Waspada, Teror Pelemparan Batu Oleh Orang Tak Dikenal di Jalan Pacuan Kuda Tangsel

Waspada, Teror Pelemparan Batu Oleh Orang Tak Dikenal di Jalan Pacuan Kuda Tangsel

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:53

TANGERANGNEWS.com-Pengendara roda dua maupun empat mesti lebih waspada jika melintasi Jalan Pacuan Kuda, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill