Connect With Us

Kemenparekraf Sebut Laksa Jadi Sup Khas Indonesia yang Mendunia

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 15 Oktober 2023 | 19:00

Laksa Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Laksa, kuliner khas Tangerang dinobatkan sebagai sup khas Indonesia yang mendunia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bukan tanpa alasan, hal ini berdasarkan masuknya Laksa dalam jajaran “50 Best Soups in the World 2023” versi Taste Atlas. 

"Makanan berkuah khas Indonesia ini berhasil mengalahkan sup-sup enak lainnya di dunia, seperti Ramen dari Jepang, hingga Tom Kha Gai dari Thailand," ujar Kemenparekraf melalui laman resminya dikutip Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut Kemenparekraf, makanan berkuah khas Indonesia termasuk Laksa memiliki kelezatan dan keautentikan yang dilirik oleh banyak wisatawan mancanegara.

Seperti diketahui, Laksa merupakan hasil akulturasi budaya antara Tionghoa di Tangerang. 

Nama “Laksa” diambil dari bahasa sansekerta, yakni banyak yang merujuk pada pembuatan laksa dengan campuran banyak bumbu dan rempah.

Ada dua jenis Laksa khas Tangerang, yaitu Laksa Nyonya dan Laksa Nyai. Keduanya dibedakan berdasarkan pembuatnya, Laksa Nyonya dibuat oleh orang peranakan Tionghoa Tangerang, sedangkan Laksa Nyai diproduksi oleh penduduk lokal.

Kuliner yang terbuat dari mi tepung beras putih yang disiram kuah kuning kental dari santan dan rempah-rempah pilihan ini akan makin lengkap jika ditambahan lauk berupa ayam opor, telur rebus, taburan kacang hijau, dan taburan kelapa sangrai.

AYO! TANGERANG CERDAS
Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:08

Bosan dengan sosialisasi yang kaku? KPU Kota Tangerang bikin acara Pilkada jadi seru banget. Sabtu kemarin, 24 Agustus 2024 mereka ngadain acara KPU Goes to School di SMAN 8 Kota Tangerang.

PROPERTI
Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Manfaatkan PPN DTP 100%, Aryana Karawaci Hadirkan Klaster Terbaru Mulai 600 jutaan

Minggu, 1 September 2024 | 11:54

PT Purinusa Jayakusuma, pengembang Aryana Karawaci Tangerang, merespon positif langkah pemerintah yang memperpanjang insentif 100% Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

KAB. TANGERANG
Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Sabtu, 7 September 2024 | 22:13

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuka 500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, yang terdiri dari 272 posisi tenaga kesehatan dan 228 tenaga teknis.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill