Connect With Us

Menikmati Pedasnya Sambal Khas Lampung di Dulang Makan Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 20 September 2024 | 19:43

Menu makanan khas Lampung di Rumah Makan Dulang Makan, Pasar Lama, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Bagi Anda pecinta kuliner pedas, wajib mencicipi dua jenis sambal khas Lampung yang menjadi menu andalan di Dulang Makan, yaitu Sambal Rampai dan Seruit.

Berlokasi di kawasan kuliner Pasar Lama, Kota Tangerang, Dulang Makan menyajikan makanan tradisional autentik Lampung yang lezat, tentu dengan harga terjangkau.

Owner Dulang Makan Dede Ulfa menyatakan dirinya sengaja menghadirkan makanan tersebut untuk mengobati rasa rindu warga Lampung yang merantau ke Tangerang. Selain itu juga untuk memanjakan lidah masyarakat yang gemar makan sambal.

"Karena saya dari Lampung mencari rezeki di Tangerang sejak tahun 2014, kadang suka kangen makanan dari kampung halaman. Sambal Rampai dan Seruit juga masuk sama lidah warga Tangerang yang suka pedas," katanya, Jumat 20 September 2024.

Ulfa menjelaskan Sambal Rampai adalah salah satu jenis sambal yang cukup terkenal di Lampung. Sambal ini menggunakan tomat rampai, dan tambahan terasi. Ciri khas sambal rampai adalah teksturnya yang kasar dan rasanya yang pedas, segar, dan sedikit asam.

Sementara Sambal Seruit hampir serupa dengan Rampai. Bedanya ditambahkan dengan kuah pindang beserta lalapan seperti terong yang ikut diulek bersama sambal.

Hidangan ini terkenal karena cita rasanya yang pedas, segar, dan khas, dan mencerminkan keanekaragaman kuliner daerah Lampung.

"Sambal ini disajikan dengan lauk utama yakni ikan bakar. Bedanya ikan bakar kami ini rasanya original, cuma garam tanpa tambahan bumbu lain, karena rasa sambalnya sudah kuat," jelas Ulfa.

Tak hanya itu, semua ikan yang disajikan juga dipastikan dalam segar, dan dikirim langsung dari petani ikan di Lampung, mulai dari ikan nila, ikan gurame dan ikan bawal. Selain itu ada juga ayam goreng dan bakar.

Dulang Makan sendiri membanderol menu kulinernya mulai dari Rp28-32 ribu sudah bisa mendapatkan paket lengkap, mulai dari lauk, nasi, sambal, sampai sayuran-sayuran seperti sop, sayur asem dan lalapan kukus yang segar.

Selama periode pembukaan ini, Dulang Makan juga membagikan voucher makan gratis hingga Rp75 ribu. Voucher ini bisa didapat dengan mengunjungi langsung rumah makan ini, mulai 18 September hingga 22 September 2024.

BANTEN
Dramatis, Bethsaida Hospital Serang Tangani Persalinan Normal dan Sesar Pertama

Dramatis, Bethsaida Hospital Serang Tangani Persalinan Normal dan Sesar Pertama

Jumat, 20 September 2024 | 12:34

Bethsaida Hospital Serang mencatatkan penanganan persalinan pertama, baik normal maupun sesar. Kelahiran normal pertama di rumah sakit ini berlangsung pada Rabu, 4 September 2024. Proses persalinan ditangani oleh dr. Agustinus Dharmawan, Sp.OG.

WISATA
Menikmati Pedasnya Sambal Khas Lampung di Dulang Makan Tangerang

Menikmati Pedasnya Sambal Khas Lampung di Dulang Makan Tangerang

Jumat, 20 September 2024 | 19:43

Bagi Anda pecinta kuliner pedas, wajib mencicipi dua jenis sambal khas Lampung yang menjadi menu andalan di Dulang Makan, yaitu Sambal Rampai dan Seruit.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

HIBURAN
Lirik Lagu Ruang Baru yang Jadi Soundtrack Film My Annoying Brother

Lirik Lagu Ruang Baru yang Jadi Soundtrack Film My Annoying Brother

Sabtu, 14 September 2024 | 13:11

Barsena Bestandhi kembali meramaikan industri musik Indonesia dengan merilis lagu terbarunya berjudul "Ruang Baru", yang sekaligus menjadi soundtrack film My Annoying Brother.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill