Connect With Us

Tarif KA Bandara Soekarno-Hatta Tunggu Presiden Jokowi

Denny Bagus Irawan | Kamis, 30 November 2017 | 12:00

| Dibaca : 761

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, menunggu peresmian Kereta Bandara Soetta yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 7 Desember 2017 mendatang. (@TangerangNews / Denni Bagus Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan tarif final Kereta Bandara Soekarno-Hatta belum ditetapkan karena masih menunggu jadwal Presiden Joko Widodo meresmikan kereta tersebut pada Desember 2017.

"Nanti ditentukan sewaktu Pak Presiden meresmikan. Tentu ada tarif promosi dan final," kata Menteri Rini.

Rini memperkirakan setidaknya dalam sepuluh hari ke depan, peresmian akan dilakukan setelah trek baru yang dibangun sepanjang 12 km stabil dan mengeras.

Ia mengatakan peresmian Kereta Bandara Soetta yang berangkat dari Stasiun Sudirman Baru kemungkinan di atas tanggal 7 Desember 2017 oleh Presiden Jokowi.

Menurut dia, tarif KA Bandara yang diusulkan tentunya harus memadai kebutuhan masyarakat dan bisa bersaing dengan moda transportasi lainnya, seperti taksi dan Bus DAMRI.

BACA JUGA: Segera Beroperasi, 30 Persen Penumpang Bandara Soekarno Hatta Ditargetkan Naik KA

Selain itu, dengan pembangunan KA Bandara yang sama sekali tidak menggunakan APBN pemerintah, tarif harga diharapkan tidak membebani masyarakat sekaligus bisa menutup biaya operasional PT Railink selaku operator.

"Harapannya Kereta Bandara bisa berdiri sendiri tanpa membebani anggaran negara, tapi tentunya harga harus memadai untuk masyarakat, tidak terlalu berat tapi biaya operasional Railink tertutup," kata Rini.

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto seperti dilansir Antara mengatakan pihaknya akan mengikuti segala keputusan penetapan tarif dari pemerintah, meskipun sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan potongan harga sebesar Rp30 ribu dalam masa percobaan hingga 31 Desember 2017.

Heru menjelaskan Kereta Bandara sudah siap dioperasikan jika diresmikan pada awal Desember karena trek baru siap dilewati dan rangkaian kereta juga siap melayani 82 perjalanan per hari.

"Kita tunggu saja dari pemerintah. Kalau Rp30 ribu itu promo kemarin Pak Menteri bilang. Tapi baru saja Bu Menteri bilang tunggu peresmian Pak Jokowi. Intinya kami sudah siap beroperasi," kata Heru.

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt