Connect With Us

Sayembara Desain Bandara Dipamerkan di Bandara Soekarno-Hatta

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 12 September 2019 | 21:02

| Dibaca : 664

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara simbolis menggunting pita dalam pameran sayembara Desain Bandara di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II dan Ikatan Arsitek Indonesia menyelenggarakan Pameran Sayembara Desain Bandara.

Pameran yang digelar sejak 10 September hingga 31 Oktober 2019 serentak di empat bandara, yaitu di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Ngurah Rai Bali, dan Bandara Kualanamu Sumatera Utara.

Adapun karya hasil sayembara yang dipamerkan berjumlah 15 desain bandara. Desain-desain maket yang dipamerkan adalah Bandara Ngloram, Bandara Sukabumi, dan Bandara Dewadaru.

Secara simbolis, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pameran setelah menggunting pita di area maket Desain Sayembara Bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019).

Pameran sayembara Desain Bandara di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Budi mengatakan, Bandara Ngloram dan Bandara Sukabumi saat ini sedang dibangun. Desain kedua bandara tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang disayembarakan.

"Jadi banyak bandara-bandara yang kita akan bangun dalam konteks ini saya akan sampaikan bahwa bandara-bandara ini sudah didesain oleh arsitektur Indonesia," ujarnya.

Pameran sayembara Desain Bandara di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Budi, selain bandara, beragam proyek di Indonesia juga nantinya akan menggunakan konsep desain hasil karya anak bangsa yang sangat membanggakan bagi negaranya sendiri.

"Ke depan kita banyak sekali kesempatan untuk membangun apakah itu nanti Ibu Kota negara, apakah proyek-proyek komersial lain. Ini cara atau proses kita menempa arsitek kita yang emang sudah punya kemampuan dan merangsang krativitas bagi arsitek yang lain," jelasnya.

Baca Juga :

Ihwal pameran sayembara desain bandara, kata Budi, hal ini kesempatan bagi arsitektur pemula untuk belajar menggeluti profesi arsitek.

"Saya pikir sayembara-sayembara ini selain mendapatkan suatu kualitas baik juga proses pembelajaran yang luar biasa," tuturnya.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Provinsi Banten Mukodas Syuhada menyampaikan apresiasi sayembara desain bandara. Sebab, desain bandara sangat berkualitas dibandingkan desain melalui pelelangan.

"Biasanya lelang, sekarang sayembara. Kami senang dengan sayembara desain ini karena hasilnya lebih baik. Beda dengan pelelangan. Apalagi kalau sayembara waktunya singkat bahkan didapat dari ide-ide desain yang sangat bagus," ucapnya.

Ia juga berharap tak hanya desain para pemenang sayembara yang digunakan dalam pembangunan bandara. Namun, para pemenangnya juga dilibatkan dalam pembangunan.

"Tentunya bagi pemenang sayembara ini proses pembangunannya dilibatkan karena sesuai undang-undang arsitek. Jadi, mudah-mudahan hasilnya terbaik," katanya.

Sementara itu, PHL Architects Hendyanto Lim mengungkapkan, pagelaran sayembara desain merupakan ruang pemberdayaan bagi para arsitek.

"Jika sebelumnya tidak pernah, akhirnya selama ini kita baru merasakan desain karena prosesnya sayembara yang cukup menarik," pungkasnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Supervisor Ditangkap Densus 88 Belum Dipecat, Krakatau Steel Tunggu Proses Hukum

Supervisor Ditangkap Densus 88 Belum Dipecat, Krakatau Steel Tunggu Proses Hukum

Jumat, 15 November 2019 | 15:45

TANGERANGNEWS.com-Supervisor PT Krakatau Steel ditangkap tim Densus 88 pascaledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Perusahaan belum memecat karyawan tersebut lantaran masih menunggu proses hukum yang sedang berjalan.

BANDARA
Unicef Buka Booth Donasi di Bandara Soekarno-Hatta

Unicef Buka Booth Donasi di Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 20 November 2019 | 14:54

TANGERANGNEWS.com—Unicef membuka booth donasi di seluruh terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (20/11/2019).

KAB. TANGERANG
Ombudsman Beri Waktu 10 Hari Pemkab Tangerang Selesaikan Masalah Pilkades

Ombudsman Beri Waktu 10 Hari Pemkab Tangerang Selesaikan Masalah Pilkades

Rabu, 20 November 2019 | 15:17

TANGERANGNEWS.com-Ombudsman Provinsi Banten menilai lembaga uji kompetensi dari Institute For Comunity Development (ICD) pada Pemilihan

MANCANEGARA
Terbang ke Cina, Mad Romli Bicara Program Gerbang Mapan

Terbang ke Cina, Mad Romli Bicara Program Gerbang Mapan

Sabtu, 2 November 2019 | 19:29

TANGERANGNEWS.com-Wakil Bupati Tangerang Mad Romli menghadiri World Congres Ocean (WCO) Kongres Laut Tahunan ke-8 Dunia Xiamen,

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous