Connect With Us

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp4 Triliun Untuk Tangerang Raya

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 28 Desember 2017 | 16:00

Kepala KPPN Tangerang, Mohamad Yusuf Salim saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 di Aula KPPN Tangerang, Kamis (28/12/2017). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang menyalurkan dana APBN senilai Rp4 Triliun kepada Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang (Tangerang Raya).

Sebelumnya penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Satuan Kerja di wilayah Provinsi Banten.

Penyerahan dihadiri oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta yang mewakili Wali Kota Tangerang Selatan pada tanggal 20 Desember 2017 lalu di Gedung Negara Pendopo Povinsi Banten. 

"Ini untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Tangerang Raya," ujar Kepala KPPN Tangerang Mohamad Yusuf Salim, Kamis (28/12/2017).

kppn

Kemudian saat ini diilanjutkan dengan penyerahan DIPA 2018 oleh Kepala KPPN Tangerang Mohamad Yusuf Salim untuk seluruh Satuan Kerja Kota Tangerang, Kota Tangsel, serta Kabupaten Tangerang. Prosesi penyerahan tersebut digelar di Aula KPPN Tangerang, Jalan TMP Taruna No 12 Kota Tangerang.

"Anggaran Kementerian ini diprioritaskan untuk melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan dan melaksanakan program pembangunan di tahun 2018, yang utamanya untuk mengatasi kesenjangan dan kemiskinan, pembangunan infrastuktur, memacu sektor unggulan, perbaikan aparatur negara dan pelayanan pemerintah, serta peningkatan pertahanan keamanan dan penyelenggaraan demokrasi," ucapnya.

Dengan rincian total pengelolaan data DIPA pada KPPN Tangerang sebesar Rp4,2 triliun untuk 108 satuan kerja. Terdiri dari 7 Kantor Pusat dan 101 Kantor Daerah di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

"Maka penyaluran transfer ke daerah dan Dana Desa dilakukan berdasarkan kinerja pelaksanaan, yaitu kinerja penyerapan anggaran dan ketercapaian output untuk setiap tahapannya di daerah," kata Mohamad.

Untuk Dana Tranfer Daerah dan Dana Desa 2018 yang penyalurannya melalui KPPN Tangerang, diberikan kepada Kabupaten Tangerang sebesar Rp2 triliun, Kota Tangerang Rp1,4 triliun, dan Kota Tangsel Rp944 miliar.

BACA JUGA :

Sedangkan Dana Intensif Daerah sebagai bagian dari penghargaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran pada tahun 2018, untuk Kota Tangerang dan Kota Tangsel sebesar Rp35 miliar, dan Kabupaten Tangerang sebesar Rp.17,5 miliar.

"Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) merupakan dana yang bersumber dari APBN yang dialokasikan kepada daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. Pada tahun 2018 Anggaran TKDD ditetapkan sebesar Rp766,2 triliun yang difokuskan untuk memperbaiki jumlah dan mutu pelayanan publik, memperluas kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan antar daerah," ungkapnya.

Ia menjelaskan Dana Transfer Umum diarahkan penggunaannya minimal 25% untuk belanja infrastruktur dalam rangka percepatan pembangunan fasilitas pelayanan publik dan ekonomi. Penguatan implementasi Dana Transfer Khusus agar lebih fokus dalam mengurangi kesenjangan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan publik dasar.

Reformulasi distribusi Dana Desa untuk mendukung pengentasan kemiskinan dan memperbaiki distribusi Dana Desa per kapita. Serta menekankan pemanfaatan Dana Desa dengan prinsip swakelola dan cash for work dalam rangka perluasan lapangan kerja, peningkatan pendapatan dan daya beli masyarakat. 

"Penetapan Perda APBD harus disahkan secara tepat waktu. Sehingga program atau kegiatan dapat segera dilaksanakan tanpa kendala administratif, prosedural atau birokrasi. Dan Peningkatan integritas, kompetensi serta profesionalisme aparat Pemda dalam mengelola keuangan dan melayani masyarakat menjauhkan diri dari segala tindakan koruptif," papar Mohamad.(RAZ/HRU)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill