Connect With Us

Kulit Tangkil & Lidi Asal Banten Bakal Diekspor ke Rusia

Muhamad Ikbal | Jumat, 11 Oktober 2019 | 20:05

| Dibaca : 887

Hasil panen lidi dan kulit tangkil dari Komoditas pertanian asal Banten diekspor ke luar negeri. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)

 

Cilegon - Komoditas pertanian asal Banten yang diekspor ke luar negeri semakin bertambah. Setelah manggis dan jengkol, kini lidi dan kulit tangkil akan diekspor ke Rusia.

Lidi tersebut rencananya akan diekspor mulai bulan depan, volumenya mencapai 500 ton untuk ekspor perdana. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Cilegon saat ini sedang melakukan pembinaan dan bimbingan ke para petani.

"Mudah-mudahan bulan depan akan kita launching ekspor perdana lidi 500 ton asal Pandeglang, ini kita dampingi dan kita bina, ini pemetaan yang kita lakukan," kata Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo, Jumat (11/10/2019).

Untuk kulit tangkil sendiri, pemerintah saat ini masih melakukan bimbingan ke para petani agar kualitasnya sesuai dengan permintaan negara tujuan ekspor.

Baca Juga :

Kendati demikian, pemerintah kehilangan narahubung eksportir lantaran orang yang sudah melakukan komunikasi dengan pihak karantina meninggal dunia.

"Untuk kulit tangkil kita menghadapi kendala, kemarin penghubung negara tujuan ekspor ini meninggal dunia. Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan menemukan lagi eksportir yang siap memfasilitasi," kata dia.

Selain kedua komoditas ekspor tersebut, produk pertanian asal Banten sudah terlebih dahulu diekspor ke luar negeri. Beberapa komoditas antara lain jengkol, manggis, dan rumput laut. Daerah penghasil produk pertanian itu adalah Kabupaten Lebak dan Pandeglang.(RMI/HRU)

OPINI
Renungan Tentang Kematian

Renungan Tentang Kematian

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:57

Orang-orang yang telah berusaha taat kepada Allah SWT, perlahan-lahan mendapatkan pengetahuan hikmah dari setiap tindakan yang dilakukan. Pengetahuan yang begitu saja menyesap

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

BANTEN
Gubernur Banten Akan "Bunuh" Calo PPDB

Gubernur Banten Akan "Bunuh" Calo PPDB

Kamis, 9 Juli 2020 | 19:53

TANGERANGNEWS.com–Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan "membunuh" oknum calo jika ketahuan beraksi dalam

BISNIS
Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Minggu, 28 Juni 2020 | 19:57

TANGERANGNEWS.com-Dengan menawarkan menu yang menarik, kedai kopi Kopikren015 hadir di kawasan Fresh Market Emerald Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi