Connect With Us

Hasil Survey: Kinerja WH sebagai Gubernur Banten Dinilai Memuaskan

Rachman Deniansyah | Kamis, 26 Desember 2019 | 19:32

| Dibaca : 475

Konferensi Pers dan Diskusi yang digelar oleh Visi Research and Consulting (VISI) di Grand Zuri Hotel, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (26/12/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kinerja Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim (WH) yang telah menginjak separuh periode kepemimpinan dinilai berhasil dan memuaskan masyarakat se-Provinsi Banten.

Hal tersebut berdasarkan hasil survey yang dipaparkan oleh Visi Research and Consulting (VISI) di Grand Zuri Hotel, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (26/12/2019).

Direktur VISI Ali Irfani mengatakan, WH dianggap berhasil membuat kemajuan dan terobosan penting di berbagai sektor. 

"Baik sektor ekonomi, infrastruktur, politik, keamanan, hukum, dan sektor pelayanan publik," ucap Irfan di lokasi. 

BACA JUGA:

Survey itu mengambil sampel dengan keterlibatan 1.200 responden di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten. Dengan toleransi kesalahan ( margin of error ) 2,8 persen, serta pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Ali menjelaskan, penilaian positif masyarakat kepada Gubernur WH ditopang oleh kinerja prima pemerintahan Provinsi Banten dalam pelayanan publik. Pemerintah Banten dinilai memberi kemudahan dalam pelayanan tiga bidang primer. 

"Pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan irigasi. Akses yang mudah berbagai kebutuhan dasar, seperti air bersih, jaringan listrik, pupuk, gas, dan bibit. Serta kemudahan akses ekonomi, seperti menjual hasil pertanian," ungkapnya.

Ali memaparkan, kepuasan mayoritas masyarakat Banten atas kinerja dan kepemimpinan WH bersama Andika Hazrumy mencapai angka 50 persen lebih. 

"Kinerja Gubernur Banten sangat atau cukup memuaskan, yaitu sebesar 59,1%. Dan hanya 32,8% yang menilai kurang atau tidak memuaskan. Data ini tidak jauh berbeda dengan penilaian kinerja Wakil Gubernur Banten yang dinilai sangat cukup memuaskan, yaitu 52,9%," paparnya.

Hal itu, kata Ali, dapat terwujud lantaran perbandingan antara indeks kinerja dan indeks harapan terhadap WH memiliki gap atau jarak yang tak terlalu jauh antara keduanya. 

Misalnya, kata Ali, pada bidang yang dianggap penting, seperti pendidikan dan kesehata. Bidang pendidikan memiliki indeks harapan sebesar 3,2 dan indeks kinerja sebesar 3,4. Sedangkan bidang kesehatan memiliki indeks harapan 3,2 dan indeks kinerjanya yang mencapai angka 3,5.

"Artinya, jika tingkat harapan melebihi atau berada di atas dari pada tingkat kinerja,  masyarakat menilai kinerja WH telah berhasil dalam bidang tersebut," terangnya. 

Meski demikian, Dosen Hukum UIN Jakarta Andi Syafrani, tetap memiliki catatan kritis atas segala capaian WH tersebut. 

Menurutnya, keberhasilan tersebut masih tergolong dalam aspek internal. Ia menilai WH masih harus merapihkan jajaran birokrasi di bawahnya. 

"Tantangan ke depan, di setengah periode yang akan datang, WH harus memberi kontribusi yang signifikan, yang berdampak luas dan masif kepada masyarakat," ujar Andi. 

Misalkan, kata dia, tentang tenaga kerja. Terlebih, Banten merupakan wilayah yang memiliki potensi industri yang luar biasa, dari mulai Tangerang sampai Cilegon. 

"Saya kira ini yang harus dikelola, sehingga potensi industri yang ada di Banten bisa dikelola dengan baik. Banten itu punya potensi yang sangat besar," pungkasnya.(MRI/RGI)

BANTEN
Adu Jago Modifikasi Honda Freed Digelar di Terminal Eksekutif Merak

Adu Jago Modifikasi Honda Freed Digelar di Terminal Eksekutif Merak

Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:32

TANGERANGNEWS.com-Adu jago modifikasi mobil Honda Freed digelar di Terminal Eksekutif Sosoro Merak, Banten. Kontes itu digelar dalam rangka event Saraya Fest 4.

BANDARA
Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Senin, 17 Februari 2020 | 20:19

TANGERANGNEWS.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan artis Lucinta Luna positif mengonsumsi Amfetamin yang

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

SPORT
Laga Uji Coba, Persita Unggul 1-4 dari Timnas Senior PSSI

Laga Uji Coba, Persita Unggul 1-4 dari Timnas Senior PSSI

Jumat, 21 Februari 2020 | 23:25

TANGERANGNEWS.com-Skuat Pendekar Cisadane menjajal kemampuan sebelum berlaga di Liga 1 2020. Tim asuhan Widodo C Putro itu bertemu

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt