Connect With Us

Hasil Survey: Kinerja WH sebagai Gubernur Banten Dinilai Memuaskan

Rachman Deniansyah | Kamis, 26 Desember 2019 | 19:32

Konferensi Pers dan Diskusi yang digelar oleh Visi Research and Consulting (VISI) di Grand Zuri Hotel, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (26/12/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kinerja Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim (WH) yang telah menginjak separuh periode kepemimpinan dinilai berhasil dan memuaskan masyarakat se-Provinsi Banten.

Hal tersebut berdasarkan hasil survey yang dipaparkan oleh Visi Research and Consulting (VISI) di Grand Zuri Hotel, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (26/12/2019).

Direktur VISI Ali Irfani mengatakan, WH dianggap berhasil membuat kemajuan dan terobosan penting di berbagai sektor. 

"Baik sektor ekonomi, infrastruktur, politik, keamanan, hukum, dan sektor pelayanan publik," ucap Irfan di lokasi. 

BACA JUGA:

Survey itu mengambil sampel dengan keterlibatan 1.200 responden di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten. Dengan toleransi kesalahan ( margin of error ) 2,8 persen, serta pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Ali menjelaskan, penilaian positif masyarakat kepada Gubernur WH ditopang oleh kinerja prima pemerintahan Provinsi Banten dalam pelayanan publik. Pemerintah Banten dinilai memberi kemudahan dalam pelayanan tiga bidang primer. 

"Pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan irigasi. Akses yang mudah berbagai kebutuhan dasar, seperti air bersih, jaringan listrik, pupuk, gas, dan bibit. Serta kemudahan akses ekonomi, seperti menjual hasil pertanian," ungkapnya.

Ali memaparkan, kepuasan mayoritas masyarakat Banten atas kinerja dan kepemimpinan WH bersama Andika Hazrumy mencapai angka 50 persen lebih. 

"Kinerja Gubernur Banten sangat atau cukup memuaskan, yaitu sebesar 59,1%. Dan hanya 32,8% yang menilai kurang atau tidak memuaskan. Data ini tidak jauh berbeda dengan penilaian kinerja Wakil Gubernur Banten yang dinilai sangat cukup memuaskan, yaitu 52,9%," paparnya.

Hal itu, kata Ali, dapat terwujud lantaran perbandingan antara indeks kinerja dan indeks harapan terhadap WH memiliki gap atau jarak yang tak terlalu jauh antara keduanya. 

Misalnya, kata Ali, pada bidang yang dianggap penting, seperti pendidikan dan kesehata. Bidang pendidikan memiliki indeks harapan sebesar 3,2 dan indeks kinerja sebesar 3,4. Sedangkan bidang kesehatan memiliki indeks harapan 3,2 dan indeks kinerjanya yang mencapai angka 3,5.

"Artinya, jika tingkat harapan melebihi atau berada di atas dari pada tingkat kinerja,  masyarakat menilai kinerja WH telah berhasil dalam bidang tersebut," terangnya. 

Meski demikian, Dosen Hukum UIN Jakarta Andi Syafrani, tetap memiliki catatan kritis atas segala capaian WH tersebut. 

Menurutnya, keberhasilan tersebut masih tergolong dalam aspek internal. Ia menilai WH masih harus merapihkan jajaran birokrasi di bawahnya. 

"Tantangan ke depan, di setengah periode yang akan datang, WH harus memberi kontribusi yang signifikan, yang berdampak luas dan masif kepada masyarakat," ujar Andi. 

Misalkan, kata dia, tentang tenaga kerja. Terlebih, Banten merupakan wilayah yang memiliki potensi industri yang luar biasa, dari mulai Tangerang sampai Cilegon. 

"Saya kira ini yang harus dikelola, sehingga potensi industri yang ada di Banten bisa dikelola dengan baik. Banten itu punya potensi yang sangat besar," pungkasnya.(MRI/RGI)

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill