Connect With Us

5 Hal yang Terpikirkan Ketika Dengar Nama Ciledug

Bambang Surambang | Rabu, 20 Mei 2015 | 12:00

Sekarang, Ciledug udah mulai berkembang. Pertumbuhan penduduk dan ekonominya semakin maju. Ciledug pun akhirnya jadi salah satu daerah yang ikonik. (Sumber : malesbanget.com / TangerangNews)

Tersebutlah sebuah kota yang terletak berdampingan dengan Jakarta. Bukan, kita tidak lagi ngomongin Bekasi, melainkan Ciledug. Secara geografis, Ciledug terletak di kota Tangerang ini berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Lokasinya yang lumayan strategis ini pun akhirnya yang bikin orang beli rumah di Ciledug. Harga masih murah tapi masih dekat sama Jakarta, jadi kalau kerja tidak terlalu jauh lah. 

Sekarang, Ciledug sudah mulai berkembang. Pertumbuhan penduduk dan ekonominya kayaknya sih sehat banget. Ciledug pun akhirnya jadi salah satu daerah yang ikonik. Tidak ada orang yang tidak tahu Ciledug (Banyak juga sih yang tidak tahu) terutama untuk hal-hal berikut ini.

Banjir

Walaupun Jakarta juga kerap dilanda banjir, tapi tidak ada yang lebih berkesan selain banjir-nya Ciledug. Gak tahu juga sih sebenarya kelebihan banjir di Ciledug itu apa, dan apa yang membedakan sama banjir di Jakarta. Namun rata-rata nih kalau ada yang nanya,"Rumahnya dimana?" dan kalau dijawab,"Ciledug" pasti reaksinya bakal,"Kebanjiran dong?". Jakarta juga suka banjir gitu, kenapa akhirnya jadi Ciledug saja yang punya kesan kota banjir?

Saking akrabnya Ciledug dengan banjir, sampai-sampai kalau mau promosiin jualan rumah di Ciledug yang dijadiin senjata utamanya adalah kata BEBAS BANJIR. Ya itu benar banget, sebenernya tidak semua daerah terendam banjir, cuma kalau banjir udah tiba, orang yang punya rumah di Ciledug tidak bakal bisa keluar masuk, karena aksesnya kerendam air. Dengan kata lain, orang yang punya rumah di Ciledug bakal punya kalender hari libur tambahan, yaitu banjir.

banjir Cileduk

Angkutan Umum

Angkot atau angkutan umum jadi salah satu hal yang paling menarik di Ciledug. Ya, di kota ini kamu tidak akan kesulitan buat berpergian kemana-mana, karena angkutan umum bermacam jurusan ada, dan dengan bentuk yang berbeda-beda. Kamu mau ke Blok M? Ada angkotnya. Kamu mau ke Thamrin? Ada angkotnya. Kamu mau ke kantor MBDC? Ada angkotnya. Singkat kata, orang Ciledug itu dimanjain banget deh. Cuma dengan banyaknya angkot, ada hal nyebelin yang selalu mengintai. Kamu pasti tau lah ya gimana kelakuan mayoritas supir angkot di jalan? Nah kalau jumlah angkot di Ciledug itu cukup fantastis, bisa kamu bayangin dong gimana lucunya itu jalanan Ciledug. Kuat-kuatin mental aja lah.

Parade Motor

Dalam sebuah lagu, Sir Dandy mengutarakan bahwa Jakarta adalah kotanya motor. Nah yang tidak Sir Dandy tau adalah kenyataan motor yang ada di Jakarta itu salah satu penyumbangnya adalah kota Ciledug. Yup, kalau kamu mau menyaksikan parade besar-besar motor, langsung aja datang ke Ciledug. Acaranya tiap hari dan tiap waktu. Kamu gak dipungut biaya kalau mau liat motor-motor ini beraksi. Motor yang taat peraturan? Ada. Motor yang dinaikin sama Ibu-Ibu dan 3 orang anak? Ada. Motor yang dinaikin dengan secara ugal-ugalan? Ada banget. Motor yang dinaikin 2 orang anak kecil yang bahkan belom lulus SD? Ada. Pokoknya macam-macam pengguna sepeda motor ada deh. Mereka tumpah ruah merayakan sebuah kebebasan dan kemalasan. Gimana gak males coba, mau ke minimarket depan aja naik motor. Mau ke pos satpam yang letaknya cuma 5 rumah aja naik motor. Singkatnya, motor itu udah dianggap kaki buat orang Ciledug. Nah kalau tiba-tiba motor dilarang di Ciledug, mungkin mereka harus mulai dari awal lagi buat belajar berjalan.

parade motor

Bengkel Motor

Karena jumlah pengendara motor yang bejibun, akhirnya bengkel motor jadi bisnis yang cukup menjanjikan di Ciledug. Hasilnya adalah kamu tidak usah pusing kalau mau cari bengkel motor di Ciledug, si sepanjang jalan pasti ada aja deh bengkel motornya. Dan memang, bengkel motor ini juga salah satu hal paling ikonik yang dimiliki Ciledug. Tidak heran kalau orang-orang dari penjuru Jakarta kalau mau cari sparepart motor mainnya ke Ciledug.

Macet

Iya sih Jakarta juga macet, dan Bekasi juga macet (banget) tapi kalau di Ciledug itu rasa macetnya beda gitu deh. Gak tau, kayaknya ada sesuatu yang lain gitu di kemacetan Ciledug, yang sifatnya hampir permanen. Maksudnya kamu kayak tidak akan bisa nemuin jalanan yang lancar di Ciledug. Baru 2 menitan bisa ngegas, tiba-tiba macet lagi yang kamu temui. Menariknya kemacetan yang ada di Ciledug juga gak kenal waktu. Ya ada kalanya sih Ciledug yidak macet, yaitu jam 3 pagi.

Ada satu hal yang bisa kami simpulin dari poin-poin di atas, dimana orang Ciledug itu pasti struggle banget. Orangnya pantang menyerah gitu deh sampe darah pengabisan. Gimana, jadi mau pindah ke Cileduk?

Tinggal di Ciledug Banyak Enaknya Loh! Ini 6 Alasannya

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill