Connect With Us

Pemuda Tani Indonesia Gelorakan Semangat Pemuda untuk Bertani

Mohamad Romli | Selasa, 29 Agustus 2017 | 21:00

DPP Pemuda Tani Indonesia menggelar Dialog Tani bertajuk "Kaya Raya Diusia Muda dengan Bertani", Senin (28/8/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan masifnya industrialisasi, minat pemuda untuk menjadi petani pun kian langka. Terbukti dengan berbondong-bondongnya pemuda desa yang hijrah ke kota untuk menekuni profesi lain yang sebagian besar adalah buruh pabrik. Regenerasi petani pun terputus.

Sementara disisi lainnya, pemerintah pusat saat ini sedang berkonsentrasi pada pembangunan di desa dengan dukungan pendanaan yang sangat besar. Hal tersebut menjadi keprihatinan kelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan (OKP) Pemuda Tani Indonesia. Mereka pun berusaha menggelorakan semangat pemuda untuk bangga menjadi petani.

"Pemuda bertani itu luar biasa, kami berusaha membangkitkan kembali spirit dan kebanggaan pemuda menjadi seorang petani," ujar Ade Awaludin, Ketua DPD Pemuda Tani Banten, Selasa (29/8/2017).

Anggota DPRD Banten dari Partai Gerindra ini mengatakan, untuk mendorong minat pemuda bertani, DPP Pemuda Tani Indonesia bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa serta YS Insitute untuk menggelar kegiatan Dialog Tani, Senin (28/8/2017) kemarin. BACA JUGA : Wujudkan Ketahanan Pangan, AMPI Tangsel Kirim Kader Ikut Pelatihan Pertanian

Kegiatan bertajuk "Kaya Raya di Usia Muda dengan Bertani" tersebut diapresiasi oleh pemuda serta mahasiswa di Banten dengan dihadiri sekitar 500 peserta, Ketua umum DPP Pemuda Tani Indonesia, Fary Francis yang juga merupakan Ketua Komisi V DPR RI dan dipandu peneliti YS Institute yang juga Ketua Harian DPP Pemuda Tani, R.S Suroyo serta tiga narasumber.

Dikatakan Ade bahwa Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Fary Francis pada kesempatan tersebut mengingatkan peserta soal besarnya anggaran yang masuk ke desa dari pemerintah pusat. Sehingga mahasiswa harus terlibat aktif dalam pembangunan di desa. Tahun ini, anggaran yang digelontorkan ke desa tersebut diatas Rp60 Triliun, hampir 200 persen kenaikannya dari tahun sebelumnya.

"Harapan beliau pendamping desa melibatkan pemuda berpotensi di daerah atau desa yang bersangkutan, karena mereka yang lebih mengetahui desanya. Pemberdayaan bidang pertanian pun lebih ditingkatkan," tambah Ade.

Tiga narasumber yang dihadirkan dalam dialog tersebut terbilang figur pemuda yang bisa menjadi inspirasi, diantaranya Nur Agis Aulia. Pemuda lulusan FISIPOL UGM ini adalah seorang peternak asal Serang, Banten yang dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor Nasional.

Selain itu juga, Adi Pramudya, petani rempah-rempah asal Pati, Jawa Tengah adalah penerima penghargaan Kick Andy Young Heroes. Sementara narasumber lainnya, Renny Maharani dari Bank Indonesia yang membahas topik terkait kebijakan Bank Indonesia dalam mengatur inflasi sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM berbasis pangan.

Ade meyakini, Banten memiliki prospek yang baik dalam bidang pertanian. Ketersediaan lahan serta pasar bisa dijadikan peluang pemuda untuk meningkatkan kesejahteraan melalui bertani, terlebih dengan adanya dukungan pendanaan untuk desa. BACA JUGA : Evaluasi Isu Pertanian, Pemuda Tani Banten Siap Gelar Rakerda

"Dana desa sangat strategis untuk membangun sektor pertanian. Kita harapkan desa mengalokasikan anggaran untuk pertanian dan peternakan," tukasnya.(RAZ)

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill