Connect With Us

Seba Bupati, Warga Hadiahi Zaki Ayam Jago

Mohamad Romli | Rabu, 27 Desember 2017 | 12:00

| Dibaca : 906

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, saat menerima rombongan ratusan warga yang membawa beragam hasil bumi dan kuliner tradisional, di halaman Kantor Bupati, Rabu (27/12/2017). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menerima rombongan ratusan warga yang membawa beragam hasil bumi dan kuliner tradisional. Mereka menyerahkan beragam barang bawaan secara langsung kepada orang nomor satu di Kabupaten Tangerang itu di halaman Kantor Bupati, Rabu (27/12/2017).

Selain hasil bumi serta kuliner, warga juga menyerahkan ayam jago sebagai simbol kejantanan seorang pemimpin yang diharapkan bisa membawa masyarakat menuju kemakmuran. Selain itu, warga juga berharap putera Ismet Iskandar tersebut kembali maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Tangerang yang akan dihelat 2018 mendatang.

BACA JUGA:

Prosesi acara tersebut dikemas dengan adat sunda, yakni upacara mapag panganten, dimana ditampilkan aneka tarian, salah satunya adalah tari merak, seni karawitan, bodoran (komedi) yang dikombinasikan dengan kesenian khas Banten  diantaranya debus dan pencak silat.

Ki Lengser dan Nyi Lengser, tokoh dalam cerita Padjadjaran atau Mundinglaya Di Kusumah turut ditampilkan, gerak-geriknya mengundang gelak tawa peserta, pun Bupati Tangerang.

Kepada awak media, ketua rombongan Seba Bupati tersebut, Hasan Doni mengatakan, acara itu dikemas pihaknya dalam rangkaian HUT Kabupaten Tangerang untuk melestarikan kesenian tradisional Kabupaten Tangerang. 

Menurutnya, saat ini kesenian serupa hampir punah tergerus oleh arus modernisasi, sehingga generasi muda saat ini hampir tidak mengetahuinya.

"Kita berharap, tradisi ini terus dijaga, ditampilkan setiap kegiatan besar, sehingga masyarakat pun tahu, kita punya tradisi ini," ujarnya.

Sementara terkait dengan hasil bumi yang diserahkan, Ketua Bersahaza itu mengatakan, jika karakter masyarakat Kabupaten Tangerang adalah masyarakat agraris, terbukti dengan masih adanya kegiatan bercocok tanam yang saat ini masih dilakukan terutama di wilayah pedesaan.

"Agri kultur ini harus dikembangkan, karena menjadi watak dan karakter masyarakat Kabupaten Tangerang," tambahnya.

Sementara, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar pun mengakui jika karakter masyarakat Kabupaten Tangerang adalah masyarakat agraris. Seba Bupati pun dikatakannya menjadi tradisi masyarakat yang saat ini telah bergeser menjadi masyarakat industri.

"Tradisi Seba ini harus dilestarikan, karena menjadi jati diri masyarakat tradisional yang berbasis agri kultur," katanya.

Dengan ditampilkannya tradisi Seba itu dalam rangkaian HUT Kabupaten Tangerang, Zaki berharap tradisi itu tidak punah, sehingga generasi muda pun diharapkannya bisa turut melestarikan warisan budaya tersebut.

"Kemajuan zaman tidak boleh merubah jati diri generasi muda sebagai masyarakat Kabupaten Tangerang," tukasnya.(DBI/RGI)

BISNIS
ITC Shopping Festival 2018, Belanja Langsung Berhadiah Total Rp1,25 Miliar

ITC Shopping Festival 2018, Belanja Langsung Berhadiah Total Rp1,25 Miliar

Rabu, 23 Mei 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-ITC Group menyelenggarakan ITC Shopping Festival (ISF) 2018. Dalam even ini, ITC bekerja sama dengan Bank BCA menghadirkan program Belanja Untung dan Super Sale

HIBURAN
Melihat Profesi Joki Tong Setan, Biasa Patah Tulang Namun Penghasilan Tak Tentu

Melihat Profesi Joki Tong Setan, Biasa Patah Tulang Namun Penghasilan Tak Tentu

Minggu, 27 Mei 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Roda gila atau tong setan, adalah sebuah atraksi yang cukup menguji adrenalin, tidak hanya adrenalin sang joki, namun juga penontonnya.

WISATA
Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Yogyakarta bukan cuma terkenal dengan budaya Jawa yang kental. Tapi ternyata, di kota ini terselip destinasi unik berupa

KOTA TANGERANG
Kepergok Bobol Toko Emas di Pasar Bengkok Tangerang Pelaku Dikeroyok Massa

Kepergok Bobol Toko Emas di Pasar Bengkok Tangerang Pelaku Dikeroyok Massa

Minggu, 27 Mei 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Toko Emas yang berlokasi di Pasar Bengkok 2, Cipondoh, Kota Tangerang dibobol maling. Beruntung pelaku ketika melancarkan aksinya kepergok warga lebih dulu. Sehinggga pelaku berhasil dikeroyok massa.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya