Connect With Us

GIPTI Akan Segera Dibangun di Tangerang

Mohamad Romli | Senin, 15 Januari 2018 | 20:00

| Dibaca : 1273

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, saat menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuann dan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di Istana Wakil Presiden RI, Senin (15/1/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) segera di bangun di kawasan Kabupaten Tangerang. Gedung GIPTI yang akan berdiri diatas lahan seluas 15 hektar milik Puspitek tersebut, nantinya akan menjadi tempat memajang berbagai produk hasil kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini, hasil karya anak bangsa.

Rencana pembangunan GIPTI itu, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang oleh 

empat institusi lintas sektor, diantaranya Pemerintah Pusat dalam hal ini Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Pemerintah Kabupaten Tangerang, Universitas Paramadina dan dunia usaha yakni Sinar Mas Land.

BACA JUGA:

Adapun MoU yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI pada Senin (15/1/2018) tersebut, disaksikan disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti),Mohamad Nasir dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Diinformasikan, GIPTI juga akan menjadi tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat dibidang IPTEK serta wahana pemasaran bagi produk-produk industri kecil menengah (IKM) dan startup berbasis teknologi di bawah binaan inkubator bisnis empat institusi tersebut.

Kerjasama pengembangan IPTEK dan inovasi itu, disambut baik oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir. Menurutnya, pengembangan GIPTI merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur ABG, yakni akademisi, bisnis dan goverment (pemerintahan).

"Semoga GIPTI dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat berbasis IPTEK, peningkatan daya saing daerah, serta penciptaan produk-produk inovasi serta wirausaha berbasis teknologi," ujarnya.

Sementara Zaki berpendapat, GIPTI selaras dengan visi pemerintahannya yang mendorong pihak swasta serta perguruan tinggi turut andil dalam mewujudkan 25 program unggulannya, salah satunya yakni program kerjasama lintas menuju rakyat sejahtera (Jalin Rasa).

"GIPTI dapat menjadi ajang promosi daerah dalam pengembangan IPTEK karena setiap tahun Pemkab Tangerang mengadakan lomba inovasi-inovasi melalui gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti oleh Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) yang tersebar diseluruh kecamatan." katanya.

Sementara JK berharap, penandatanganan MoU tersebut segera ditindaklanjuti, tidak hanya sebatas seremonial belaka karena menurutnya, Indonesia banyak tertinggal oleh negara lain.

"Setelah penandatanganan ini berkasnya saya harap jangan langsung ditaruh di laci kantor tapi yah ditindak lanjuti, disusun rencana selanjutnya untuk merealisasikan ini. Kita harus terus maju kedepan, karena pengembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang pesat," tegasnya.(RAZ/RGI)

KAB. TANGERANG
Darurat Sampah, Budi Euy Pentaskan 'Perang Melawan Kerajaan Lalat'

Darurat Sampah, Budi Euy Pentaskan 'Perang Melawan Kerajaan Lalat'

Kamis, 21 Maret 2019 | 19:48

TANGERANGNEWS.com-Sampah menjadi persoalan yang masih belum dapat diselesaikan hampir seluruh daerah di Indonesia. Pendekatan membangun

BANTEN
DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

Minggu, 3 Maret 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Jajaran struktur organisasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Provinsi Banten secara resmi dilantik.

HIBURAN
NXL Kembali Gelar Kompetisi ML & PUBG Mobile, Total Hadiah Rp100 Juta

NXL Kembali Gelar Kompetisi ML & PUBG Mobile, Total Hadiah Rp100 Juta

Minggu, 3 Maret 2019 | 07:20

TANGERANGNEWS.com-Tim E-sport profesional NXL kembali menggelar turnamen offline untuk menantang kemampuan para gamer, khususnya di game

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby