Connect With Us

GIPTI Akan Segera Dibangun di Tangerang

Mohamad Romli | Senin, 15 Januari 2018 | 20:00

| Dibaca : 1104

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, saat menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuann dan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di Istana Wakil Presiden RI, Senin (15/1/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) segera di bangun di kawasan Kabupaten Tangerang. Gedung GIPTI yang akan berdiri diatas lahan seluas 15 hektar milik Puspitek tersebut, nantinya akan menjadi tempat memajang berbagai produk hasil kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini, hasil karya anak bangsa.

Rencana pembangunan GIPTI itu, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang oleh 

empat institusi lintas sektor, diantaranya Pemerintah Pusat dalam hal ini Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Pemerintah Kabupaten Tangerang, Universitas Paramadina dan dunia usaha yakni Sinar Mas Land.

BACA JUGA:

Adapun MoU yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI pada Senin (15/1/2018) tersebut, disaksikan disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti),Mohamad Nasir dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Diinformasikan, GIPTI juga akan menjadi tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat dibidang IPTEK serta wahana pemasaran bagi produk-produk industri kecil menengah (IKM) dan startup berbasis teknologi di bawah binaan inkubator bisnis empat institusi tersebut.

Kerjasama pengembangan IPTEK dan inovasi itu, disambut baik oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir. Menurutnya, pengembangan GIPTI merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur ABG, yakni akademisi, bisnis dan goverment (pemerintahan).

"Semoga GIPTI dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat berbasis IPTEK, peningkatan daya saing daerah, serta penciptaan produk-produk inovasi serta wirausaha berbasis teknologi," ujarnya.

Sementara Zaki berpendapat, GIPTI selaras dengan visi pemerintahannya yang mendorong pihak swasta serta perguruan tinggi turut andil dalam mewujudkan 25 program unggulannya, salah satunya yakni program kerjasama lintas menuju rakyat sejahtera (Jalin Rasa).

"GIPTI dapat menjadi ajang promosi daerah dalam pengembangan IPTEK karena setiap tahun Pemkab Tangerang mengadakan lomba inovasi-inovasi melalui gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti oleh Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) yang tersebar diseluruh kecamatan." katanya.

Sementara JK berharap, penandatanganan MoU tersebut segera ditindaklanjuti, tidak hanya sebatas seremonial belaka karena menurutnya, Indonesia banyak tertinggal oleh negara lain.

"Setelah penandatanganan ini berkasnya saya harap jangan langsung ditaruh di laci kantor tapi yah ditindak lanjuti, disusun rencana selanjutnya untuk merealisasikan ini. Kita harus terus maju kedepan, karena pengembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang pesat," tegasnya.(RAZ/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Senin, 21 Mei 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pasca diresmikannya Apple Developer Academy di BSD Green Office Park, BSD City, Kota Tangsel oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada 7 Mei 2018 lalu,

OPINI
Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Anak saya yang baru menapaki usia lima tahun terpesona tayangan di sebuah televisi swasta. Di usia yang belum dapat menggunakan nalar sebagai kelengkapan berfikir itu, ia justru telah hapal slogan yang

WISATA
Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Jumat, 29 Juni 2018 | 08:00

TANGERANGNEWS.com-Selalu ada sejuta alasan untuk kembali ke kota Bandung, apalagi bagi warga di Jakarta. Selain karena jaraknya yang dekat, ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota dingin yang suhunya jauh berada di bawah kota Metropolitan Jakarta.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya