Connect With Us

90 Petugas Diterjunkan Periksa Lapak Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang

Maya Sahurina | Selasa, 6 Agustus 2019 | 12:11

| Dibaca : 263

Kegiatan pembekalan dan pelepasan petugas pemeriksa hewan qurban di Kabupaten Tangerang. (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 90 petugas tim pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban di Kabupaten Tangerang diterjunkan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Petugas tersebut akan memastikan hewan kurban tidak terkena penyakit, cacat dan cukup umur secara syariat agama Islam.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta agar petugas dapat bekerja secara profesional dan berintegritas. "Sudah diberikan pembekalan, dan mudah-mudahan bisa melaksanakan sesuai poin penting," ujar Zaki, Selasa (6/8/2019).

Zaki mengingatkan dalam memeriksa hewan kurban yang baik tentu harus benar-benar teliti, agar masyarakat tidak salah memilih.

"Hewan itu harus dalam kategori ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal). Itu harus hitam dan putih, artinya kalau tidak dalam kategori ASUH, harus diberitahu kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga :

Zaki mengatakan, untuk mengantisispasi penyakit bawaan, para petugas menggunakan beberapa alat-alat medis. Sementara penyakit yang perlu diwaspadai seprti Anthraks, Bruselosis, Helminthiasis (kecacingan) dan Orf (sariawan pada bagian mulut).

"Para petugas harus memberikan informasi yang jelas, jika ditemukan beberapa penyakit pada hewan kurban. Kalau memang tidak layak, hewan tersebut harus diisolasi atau diamankan," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Aziz Gunawan mengatakan ada beberapa petugas yang akan diterjunkan dari lingkup dinas pertanian dan ketahanan pangan.

"Sebanyak 90 orang, 13 diantaranya dari para medis hewan, selebihnya dari Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan. Kita sudah bekali di beberapa titik masjid, makanya kita ada 1000 masjid yang nantinya akan dijadikan tempat pemotongan. Sudah 60 persen kita bekali secara bimbingan teknik," pungkasnya.(RAZ/HRU)

KOTA TANGERANG
2019, Kekeringan Terparah Sungai Cisadane Akibat Kemarau

2019, Kekeringan Terparah Sungai Cisadane Akibat Kemarau

Senin, 19 Agustus 2019 | 17:52

TANGERANGNEWS.com—Tangerang dilanda musim kemarau pamjang. Dampaknya, Sungai Cisadane mengalami kekeringan. Namun, distribusi air bersih kepada masyarakat diklaim masih normal.

PROPERTI
Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Senin, 5 Agustus 2019 | 22:06

TANGERANGNEWS.com-Air di muara Sungai Cisadane tercemar. Kondisi tersebut tampak dari menghitamnya warna air serta mengeluarkan aroma tak sedap.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt