Connect With Us

90 Petugas Diterjunkan Periksa Lapak Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang

Maya Sahurina | Selasa, 6 Agustus 2019 | 12:11

| Dibaca : 282

Kegiatan pembekalan dan pelepasan petugas pemeriksa hewan qurban di Kabupaten Tangerang. (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 90 petugas tim pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban di Kabupaten Tangerang diterjunkan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Petugas tersebut akan memastikan hewan kurban tidak terkena penyakit, cacat dan cukup umur secara syariat agama Islam.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta agar petugas dapat bekerja secara profesional dan berintegritas. "Sudah diberikan pembekalan, dan mudah-mudahan bisa melaksanakan sesuai poin penting," ujar Zaki, Selasa (6/8/2019).

Zaki mengingatkan dalam memeriksa hewan kurban yang baik tentu harus benar-benar teliti, agar masyarakat tidak salah memilih.

"Hewan itu harus dalam kategori ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal). Itu harus hitam dan putih, artinya kalau tidak dalam kategori ASUH, harus diberitahu kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga :

Zaki mengatakan, untuk mengantisispasi penyakit bawaan, para petugas menggunakan beberapa alat-alat medis. Sementara penyakit yang perlu diwaspadai seprti Anthraks, Bruselosis, Helminthiasis (kecacingan) dan Orf (sariawan pada bagian mulut).

"Para petugas harus memberikan informasi yang jelas, jika ditemukan beberapa penyakit pada hewan kurban. Kalau memang tidak layak, hewan tersebut harus diisolasi atau diamankan," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Aziz Gunawan mengatakan ada beberapa petugas yang akan diterjunkan dari lingkup dinas pertanian dan ketahanan pangan.

"Sebanyak 90 orang, 13 diantaranya dari para medis hewan, selebihnya dari Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan. Kita sudah bekali di beberapa titik masjid, makanya kita ada 1000 masjid yang nantinya akan dijadikan tempat pemotongan. Sudah 60 persen kita bekali secara bimbingan teknik," pungkasnya.(RAZ/HRU)

OPINI
Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Antara Film SIN & Propaganda Sesat Kaum Liberal

Senin, 14 Oktober 2019 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Satu lagi film drama-romantis buatan Indonesia akan menggebrak layar bioskop Tanah Air yaitu SIN. Tema film ini agak kontroversial karena bercerita tetang kakak beradik yang saling jatuh cinta.

KAB. TANGERANG
Sedang Rapat, 2 Mobil Komisioner Bawaslu Tangerang Dibobol Maling

Sedang Rapat, 2 Mobil Komisioner Bawaslu Tangerang Dibobol Maling

Rabu, 23 Oktober 2019 | 20:50

TANGERANGNEWS.com-Pencurian dengan modus pecah kaca mobil menimpa dua komisioner Bawaslu Kabupaten Tangerang, Rabu (23/10/2019).

SPORT
Ponpes Al Ma’mur Juara Liga Santri 2019 Region Banten

Ponpes Al Ma’mur Juara Liga Santri 2019 Region Banten

Rabu, 23 Oktober 2019 | 20:34

TANGERANGNEWS.com-Kesebelasan pondok pesantren (ponpes) AL Ma’mur, Solear lolos sebagai juara satu Liga Santri Nusantara (LSN) 2019 Region

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro