Connect With Us

7-8 Agustus, DPKP Kabupaten Tangerang Periksa Hewan Kurban

Maya Sahurina | Selasa, 30 Juli 2019 | 14:25

| Dibaca : 118

Hewan Kurban. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang akan menerjunkan  petugas pemeriksa hewan kurban pada 5 hari sebelum Raya Idul Adha (H-5).

Febya Satyaningsih, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteliner DPKP Kabupaten Tangerang mengatakan pemeriksa hewan kurban diterjunkan sebagai antisipasi mencegah penyakit menular.

"Nanti pemeriksaan tanggal 7 sampai 11 Agustus 2019," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Febya juga mengungkapkan penyakit hewan kurban yang berbahaya ada beberapa jenis. 

 "Penyakit yang perlu diwaspadai, Anthraks, Bruselosis, Helminthiasis (kecacingan) dan Orf (sariawan pada bagian mulut)," ucapnya. 

BACA JUGA:

Menurut Febya, dalam pemeriksaan ink pihaknya menyiapkan petugas  yang terdiri dari 13 dokter hewan, tiga paramedik veteriner serta puluhan petugas lapangan.

Pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi tempat penampungan hewan kurban yang tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang. 

"Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan kurban seperti kambing, domba, sapi dan kerbau," ujarnya. 

Adapun tahap pemeriksaannya, Febya menjelaskan akan dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban dan tempat pemotongan hewan. 

"Pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan dua kali, yakni pemeriksaan prapemotongan, dan pemeriksaan pascapemotongan," ujarnya.

Sementara, saat pascapemotongan petugas akan memeriksa bagian-bagian tubuh hewan kurban yang biasanya akan dikonsumsi nanti, seperti daging, hati, usus, dan jeroannya.

"Nanti pemeriksaannya akan dicek  mengandung bakteri atau tidak, biasanya ditemukan cacing hati," katanya.

Lanjut febya, pengecekan kesehatan ini gratis hingga selesai pada hari pemotongan. "Tim kami bekerja untuk memastikan daging yang dipotong benar-benar layak konsumsi," pungkasnya.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

AYO! TANGERANG CERDAS
STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:20

TANGERANGNEWS.com-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Raharja resmi beralih status menjadi Universitas.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt