Connect With Us

7-8 Agustus, DPKP Kabupaten Tangerang Periksa Hewan Kurban

Maya Sahurina | Selasa, 30 Juli 2019 | 14:25

| Dibaca : 227

Hewan Kurban. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang akan menerjunkan  petugas pemeriksa hewan kurban pada 5 hari sebelum Raya Idul Adha (H-5).

Febya Satyaningsih, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteliner DPKP Kabupaten Tangerang mengatakan pemeriksa hewan kurban diterjunkan sebagai antisipasi mencegah penyakit menular.

"Nanti pemeriksaan tanggal 7 sampai 11 Agustus 2019," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Febya juga mengungkapkan penyakit hewan kurban yang berbahaya ada beberapa jenis. 

 "Penyakit yang perlu diwaspadai, Anthraks, Bruselosis, Helminthiasis (kecacingan) dan Orf (sariawan pada bagian mulut)," ucapnya. 

BACA JUGA:

Menurut Febya, dalam pemeriksaan ink pihaknya menyiapkan petugas  yang terdiri dari 13 dokter hewan, tiga paramedik veteriner serta puluhan petugas lapangan.

Pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi tempat penampungan hewan kurban yang tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang. 

"Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan kurban seperti kambing, domba, sapi dan kerbau," ujarnya. 

Adapun tahap pemeriksaannya, Febya menjelaskan akan dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban dan tempat pemotongan hewan. 

"Pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan dua kali, yakni pemeriksaan prapemotongan, dan pemeriksaan pascapemotongan," ujarnya.

Sementara, saat pascapemotongan petugas akan memeriksa bagian-bagian tubuh hewan kurban yang biasanya akan dikonsumsi nanti, seperti daging, hati, usus, dan jeroannya.

"Nanti pemeriksaannya akan dicek  mengandung bakteri atau tidak, biasanya ditemukan cacing hati," katanya.

Lanjut febya, pengecekan kesehatan ini gratis hingga selesai pada hari pemotongan. "Tim kami bekerja untuk memastikan daging yang dipotong benar-benar layak konsumsi," pungkasnya.(RAZ/RGI)

TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

KAB. TANGERANG
Tepis Penolakan, Warga BPA Layangkan Surat Dukungan Proyek GIPTI

Tepis Penolakan, Warga BPA Layangkan Surat Dukungan Proyek GIPTI

Kamis, 2 Juli 2020 | 23:13

TANGERANGNEWS.com-Munculnya penggiringan opini negatif terhadap proyek Galeri Ilmu Pengetahuan dan Inovasi (GIPTI), membuat warga Bumi Puspiptek Asri (BPA), Pagedangan, Kabupaten Tangerang kesal

BANDARA
Bertahan Saat Pandemi, UMKM Binaan AP II Disuruh Buat Ini

Bertahan Saat Pandemi, UMKM Binaan AP II Disuruh Buat Ini

Minggu, 28 Juni 2020 | 13:10

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura (AP) II mendorong UMKM dibidang konveksi yang telah menjadi mitra binaan, untuk beralih khusus menjadi produsen masker kain di tengah pandemi COVID-19 ini

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein