Connect With Us

Pemkot Tangerang Perketat Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 22 Juli 2019 | 15:25

| Dibaca : 566

Lapak hewan kurban, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (22/7/2019). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan memperketat pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Idul Adha 2019.

Pemeriksaan fisik hewan yang meliputi kambing dan sapi ini dilakukan di tiap-tiap lapak penjual hewan kurban di wilayah Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat hari raya Idul Adha.

"Hari ini sampai selanjutnya saat hari H pemotongan kurban, kita lakukan pemeriksaan pada sisi kesehatannya," ujarnya di lapak hewan kurban, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (22/7/2019).

BACA JUGA:

Menurut Abduh, bagian hewan kurban yang diperiksa adalah gigi, kulit, ketebalan daging dan kaki, terutama pada sapi.

Bila ditemukan hewan kurban yang sehat maka akan diberikan tanda. Namun bagi hewan yang tidak sehat,  akan diberikan vitamin.

"Kita tidak mungkin memberikan mereka antibiotik karena hanya dalam tempo dua minggu lagi mereka mau dipotong dan tidak bagus untuk kesehatan manusia," kata Abduh.

Dari pemeriksaan yang dilakukan hari ini, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang belum menemukan hewan kurban yang tidak layak untuk diperjualbelikan.

"Sampai saat ini belum ada, tapi untuk sapi yang memang hasil peternakan dan dari sananya dilepas liar itu pengawasannya jauh lebih efektif," pungkas Abduh.(RAZ/RGI)

BANTEN
Ini Jumlah Pelanggan PLN di Banten yang Disubsidi

Ini Jumlah Pelanggan PLN di Banten yang Disubsidi

Jumat, 3 April 2020 | 15:15

TANGERANGNEWS.com-PLN menyampaikan jumlah pelanggan yang menerima subsidi biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

MANCANEGARA
Bukan Jenis Virus Baru, Dunia Telah Lama Mengenal Hantavirus

Bukan Jenis Virus Baru, Dunia Telah Lama Mengenal Hantavirus

Rabu, 25 Maret 2020 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Ditengah situasi waspada akibat wabah virus Corona (COVID-19), publik kembali dikagetkan oleh peristiwa seorang pria asal

SPORT
Persita Gagal Curi Poin di Kandang Persikabo

Persita Gagal Curi Poin di Kandang Persikabo

Minggu, 15 Maret 2020 | 23:13

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang gagal meraih poin saat bertandang ke Stadion Pakansari, Bogor.

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile