Connect With Us

Kampung Berseri Astra Desa Talagasari Jadi Percontohan PT MMS

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 21 Oktober 2019 | 11:35

| Dibaca : 334

Direksi PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) melakukan kunjungan ke desa binaan program Kampung Berseri Astra (KBA) di Desa Talagasari Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) telah menyulap Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, menjadi Kampung Berseri Astra (KBA).

Sejak diresmikan pada 17 Desember 2018, KBA Desa Talagasari ini telah berkembang pesat.

Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono memgatakan, KBA merupakan program CSR ASTRA yang diimplementasikan kepada masyarakat, dengan konsep pengembangan mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

BACA JUGA:

"Untuk Pilar Pendidikan berupa pembangunan Rumah Pintar (Rumpin) dan Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pillar Kewirausahaan mengajarkan menghasilkan produk kreasi pemanfaatan barang bekas berdaya jual," katanya.

Lalu, Pillar Lingkungan berupa menerapkan Rumah Berseri sebagai ketahanan masyarakat untuk tumbuh berwawasan lingkungan. Hingga kini telah ada 23 rumah yang menghasilkan tanaman dan panen sayur untuk kebutuhan sendiri, juga bank sampah.

"Serta Pillar Kesehatan melalui pembinaan Posyandu yang melibatkan para kader dan bidan desa," tambah Kris.

Dari kunjungannya langsung ke lokasi pada Jumat (18/10/2019), Kris melihat sendiri perkembangan program KBA.

Seperti stan empat pillar hasil binaan juga stan Sentra Kriya yang memamerkan produk kreasi olahan barang bekas kerajinan tangan para Ibu-ibu masyarakat setempat.

Selain itu, aktivitas bank sampah juga mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Hingga bulan Agustus 2019, tercatat sebanyak 2.684 kg sampah dapat menghasilkan sekitar Rp400 juta.

Kris menyampaikan apresiasi kepada Camat dan Perangkat Desa dan masyarakat Desa Talagasari, yang telah bekerjasama untuk bersinergi meningkatkan taraf hidup.

 

“Melalui program KBA ini diharapkan masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra,” jelas Kris.

Kris pun menambahkan, hal ini adalah bagian dari cita-cita ASTRA yaitu untuk Sejahtera Bersama Bangsa “Prosper with the Nation” yang lahir dari nilai-nilai Catur Dharma ASTRA.

Dengan mengotimalkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Talagasari, melalui sinergi bersama ASTRA Tol Tangerang-Merak, diharapkan Desa Talagasari dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya di wilayah Tol Tangerang-Merak.

"Sehingga bisa mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.(RAZ/RGI)

BISNIS
Indodax Gelar Trading Contest Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Indodax Gelar Trading Contest Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Rabu, 13 November 2019 | 11:56

TANGERANGNEWS.com-Menyambut usianya yang ke-6, sebagai pionir startup blockchain terbesar di Asia Tenggara, Indodax, menggelar Trading Contest

TOKOH
Korry Elyana, Dosen UMT yang Sering Disangka Mahasiswi

Korry Elyana, Dosen UMT yang Sering Disangka Mahasiswi

Selasa, 12 November 2019 | 15:45

TANGERANGNEWS.com—Korry Elyana, dosen ilmu komunikasi di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) kerap disangka mahasiswi oleh mahasiswanya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Sandiaga Uno Ajak Pengusaha Memanfaatkan Teknologi

Sandiaga Uno Ajak Pengusaha Memanfaatkan Teknologi

Kamis, 7 November 2019 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tangerang harus segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi

TANGSEL
Anak Terbakar dalam Pasungan, TRUTH: Kado Pahit HUT ke-11 Tangsel

Anak Terbakar dalam Pasungan, TRUTH: Kado Pahit HUT ke-11 Tangsel

Selasa, 19 November 2019 | 11:23

TANGERANGNEWS.com-Aktivis Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) menyoroti insiden kebakaran yang menewaskan anak 10 tahun di Gang Sayur Asem, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (17/11/2019) lalu.

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous