Connect With Us

Deteksi Mudah Kanker Serviks dengan cara Intip Vagina Anda

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 30 September 2017 | 19:00

| Dibaca : 5602

Acara Seminar dan Kuliah umum yang dihadiri oleh bidan se-Banten dan Mahasiswa karya bunda usaha. (@TangerangNews2017 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Female Health Care (FHC) goes to campus mengadakan seminar bertemakan meningkatkan sumber daya bidan dalam eradikasi kanker serviks di Aula Al-Amanah Puspem Kota Tangerang, Sabtu (30/9/2017) pagi.

Dr Laila Nuranna dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sekaligus penggagas IVA Nasional menerangkan, bahwa tujuan dari seminar yang diikuti oleh Mahasiswa Karya Bunda Usaha dan Bidan se-Banten untuk meningkatkan pengetahuan tentang mendeteksi kanker serviks.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Tangerang Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

"Tiujuan kami untuk meningkatkan sumber daya bidan dengan memberi pembekalan baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan mendeteksi kanker serviks dengan Intip Vagina Anda yang cukup dua menit saja bisa mendeteksi apakah punya penyakit kanker atau tidak," katanya saat diwawancarai disela-sela seminar.

dokter

Dr Laila Nuranna (kiri) dan Dr Ira Simatupang (kanan).


Menurutnya, kanker serviks itu masalah bagi kesehatan perempuan di Indonesia yang mengancam jiwa.

"Sebetulnya upaya pencegahannya relatif mudah. Utamanya memang ada beberapa upaya antara lain ada deteksi dini yang memang saat ini sudah dikenal," ucap Dr Laila.

BACA JUGA : Kanker Bisa Dicegah dan Caranya Mudah

Ia pun menjelaskan, untuk mencegah kanker serviks dengan cara yang mudah hanya dengan mengoleskan cairan cuka dapur dan menunggu hasilnya setelah tiga menit saja.

"Cukup mengoleskan asam sulfat cuka dapur setelah itu dalam 3 menit kita tunggu apakah ada perubahan warna. Kalau terjadi perubahan segera cek ke Puskesmas rujukan diwilayah setempat salah satunya Puskesmas Cipondoh," jelasnya.

Dr Ira Simatupang yang merupakan dokter kandungan senior di Tangerang juga menambahkan. Menurut dia, jika perubahan warna itu terjadi, namun tidak lekas pergi ke Puskesmas rujukan terdekat selama tiga tahun didiamkan akan berkembang menjadi Kanker Serviks.

"Kalau didiamkan temuan IVA selama tiga tahun bisa berkembang menjadi kanker serviks. Kalau gini sudah fatal, baik biaya sampai ancaman jiwa pun hadir," imbuhnya.(DBI)

BANTEN
Tim Basket 3x3 Banten Gagal Berlaga di Pra PON

Tim Basket 3x3 Banten Gagal Berlaga di Pra PON

Rabu, 26 Juni 2019 | 21:33

TANGERANGNEWS.com-Banten gagal mengirim tim Basket 3x3 untuk berlaga pada babak kualifikasi PON XX 2020 Papua. Hal tersebut lantaran, Pengurus Pengprov (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Banten

TEKNO
Cakram Gelas Kecil Ini Bisa Menyimpan Data Hingga 360 Terabita dan Tahan Hingga 13,8 Miliar Tahun

Cakram Gelas Kecil Ini Bisa Menyimpan Data Hingga 360 Terabita dan Tahan Hingga 13,8 Miliar Tahun

Rabu, 26 Juni 2019 | 21:48

TANGERANGNEWS.com-Selama ini, media apa pun yang kita gunakan untuk menyimpan pengetahuan dan ingatan akan rusak. Buku melapuk, foto memudar, bahkan cakram keras (harddisk) pun pada akhirnya akan gagal berfungsi.

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
1 Juli, Fly Scoot Tiger Air Pindah ke Terminal 2F Soekarno-Hatta

1 Juli, Fly Scoot Tiger Air Pindah ke Terminal 2F Soekarno-Hatta

Selasa, 25 Juni 2019 | 14:50

TANGERANGNEWS.com-Maskapai Fly Scoot Tiger Air akan memindahkan operasional penerbangannya dari Terminal 3 menuju Low Cost Carrier Terminal (LCCT) Terminal 2F Bandara

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt