Connect With Us

Deteksi Mudah Kanker Serviks dengan cara Intip Vagina Anda

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 30 September 2017 | 19:00

Acara Seminar dan Kuliah umum yang dihadiri oleh bidan se-Banten dan Mahasiswa karya bunda usaha. (@TangerangNews2017 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Female Health Care (FHC) goes to campus mengadakan seminar bertemakan meningkatkan sumber daya bidan dalam eradikasi kanker serviks di Aula Al-Amanah Puspem Kota Tangerang, Sabtu (30/9/2017) pagi.

Dr Laila Nuranna dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sekaligus penggagas IVA Nasional menerangkan, bahwa tujuan dari seminar yang diikuti oleh Mahasiswa Karya Bunda Usaha dan Bidan se-Banten untuk meningkatkan pengetahuan tentang mendeteksi kanker serviks.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Tangerang Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

"Tiujuan kami untuk meningkatkan sumber daya bidan dengan memberi pembekalan baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan mendeteksi kanker serviks dengan Intip Vagina Anda yang cukup dua menit saja bisa mendeteksi apakah punya penyakit kanker atau tidak," katanya saat diwawancarai disela-sela seminar.

dokter

Dr Laila Nuranna (kiri) dan Dr Ira Simatupang (kanan).


Menurutnya, kanker serviks itu masalah bagi kesehatan perempuan di Indonesia yang mengancam jiwa.

"Sebetulnya upaya pencegahannya relatif mudah. Utamanya memang ada beberapa upaya antara lain ada deteksi dini yang memang saat ini sudah dikenal," ucap Dr Laila.

BACA JUGA : Kanker Bisa Dicegah dan Caranya Mudah

Ia pun menjelaskan, untuk mencegah kanker serviks dengan cara yang mudah hanya dengan mengoleskan cairan cuka dapur dan menunggu hasilnya setelah tiga menit saja.

"Cukup mengoleskan asam sulfat cuka dapur setelah itu dalam 3 menit kita tunggu apakah ada perubahan warna. Kalau terjadi perubahan segera cek ke Puskesmas rujukan diwilayah setempat salah satunya Puskesmas Cipondoh," jelasnya.

Dr Ira Simatupang yang merupakan dokter kandungan senior di Tangerang juga menambahkan. Menurut dia, jika perubahan warna itu terjadi, namun tidak lekas pergi ke Puskesmas rujukan terdekat selama tiga tahun didiamkan akan berkembang menjadi Kanker Serviks.

"Kalau didiamkan temuan IVA selama tiga tahun bisa berkembang menjadi kanker serviks. Kalau gini sudah fatal, baik biaya sampai ancaman jiwa pun hadir," imbuhnya.(DBI)

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill