Connect With Us

Deteksi Mudah Kanker Serviks dengan cara Intip Vagina Anda

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 30 September 2017 | 19:00

| Dibaca : 5306

Acara Seminar dan Kuliah umum yang dihadiri oleh bidan se-Banten dan Mahasiswa karya bunda usaha. (@TangerangNews2017 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Female Health Care (FHC) goes to campus mengadakan seminar bertemakan meningkatkan sumber daya bidan dalam eradikasi kanker serviks di Aula Al-Amanah Puspem Kota Tangerang, Sabtu (30/9/2017) pagi.

Dr Laila Nuranna dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sekaligus penggagas IVA Nasional menerangkan, bahwa tujuan dari seminar yang diikuti oleh Mahasiswa Karya Bunda Usaha dan Bidan se-Banten untuk meningkatkan pengetahuan tentang mendeteksi kanker serviks.

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Tangerang Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

"Tiujuan kami untuk meningkatkan sumber daya bidan dengan memberi pembekalan baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan mendeteksi kanker serviks dengan Intip Vagina Anda yang cukup dua menit saja bisa mendeteksi apakah punya penyakit kanker atau tidak," katanya saat diwawancarai disela-sela seminar.

dokter

Dr Laila Nuranna (kiri) dan Dr Ira Simatupang (kanan).


Menurutnya, kanker serviks itu masalah bagi kesehatan perempuan di Indonesia yang mengancam jiwa.

"Sebetulnya upaya pencegahannya relatif mudah. Utamanya memang ada beberapa upaya antara lain ada deteksi dini yang memang saat ini sudah dikenal," ucap Dr Laila.

BACA JUGA : Kanker Bisa Dicegah dan Caranya Mudah

Ia pun menjelaskan, untuk mencegah kanker serviks dengan cara yang mudah hanya dengan mengoleskan cairan cuka dapur dan menunggu hasilnya setelah tiga menit saja.

"Cukup mengoleskan asam sulfat cuka dapur setelah itu dalam 3 menit kita tunggu apakah ada perubahan warna. Kalau terjadi perubahan segera cek ke Puskesmas rujukan diwilayah setempat salah satunya Puskesmas Cipondoh," jelasnya.

Dr Ira Simatupang yang merupakan dokter kandungan senior di Tangerang juga menambahkan. Menurut dia, jika perubahan warna itu terjadi, namun tidak lekas pergi ke Puskesmas rujukan terdekat selama tiga tahun didiamkan akan berkembang menjadi Kanker Serviks.

"Kalau didiamkan temuan IVA selama tiga tahun bisa berkembang menjadi kanker serviks. Kalau gini sudah fatal, baik biaya sampai ancaman jiwa pun hadir," imbuhnya.(DBI)

BANTEN
18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:34

TANGERANGNEWS.com-Hari ini, 4 Oktober 2018, Provinsi Banten genap berusia 18 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah daerah otonom hasil

BANDARA
Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 14 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Perhelatan Asian Para Games 2018 secara resmi ditutup. Kontingen mulai kembali ke negaranya masing-masing melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

BISNIS
Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Rabu, 17 Oktober 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan perusahaan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi (fintech peer to peer lending) di Indonesia terus berkembang pesat.

"Hidup lah untuk memberi yang sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima yang sebanyak-banyaknya"

Andrean Hirata