Connect With Us

Jelang Pilkada Tangerang, Panwaslu Rekrut Pengawas Kelurahan

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 27 Desember 2017 | 13:00

| Dibaca : 1222

Panwaslu Kota Tangerang, saat mengadakan kegiatan rekrutmen PPL yang diikuti oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rabu (27/12/2017). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com - Pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang tinggal menunggu hitungan hari, berbagai persiapan penyelenggaraan event rakyat lima tahunan pun terus dilakukan oleh para penyelenggara pemilu.

Tak ketinggalan, Panwaslu Kota Tangerang pun terus menyempurnakan struktur dan penyelenggaraan teknis sebelum pilkada digelar.

BACA JUGA:

Seperti yang diungkapkan, Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim. Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengadakan rekrutmen calon Panitia Pengawas Kelurahan (PPL) yang nantinya akan menjadi garda terdepan pengawas pilkada di masing-masing kelurahan.

Kegiatan rekrutmen PPL ini dimotori oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Menurut Agus, para pengurus Panwascam telah bergerak mencari calon PPL yang bergerilya untuk memerangi kecurangan-kecurangan politik ditingkatnya.

"Persiapan mungkin sudah sampai 50 persen, yang melakukan rekrutmen kan teman-teman Panwascam, mereka sudah lakukan masa pendaftaran sekarang, sudah disebar juga," ujarnya kepada TangerangNews.com, Rabu (27/12/2017).

Dalam waktu ini pesta demokrasi akan dihelat, Agus pun menduga serta mengkhawatirkan kegiatan politik yang terjadi di lapangan terdapat kecurangan-kecurangan.

"Sekarang kan semua tindakan dugaan pelanggaran ada ditingkat bawah, artinya resistensi itu biasanya terjadi persoalan-persoalan money politik. Seperti pembagian sembako, pemasangan alat peraga kampanye, kan biasanya lebih menjurus kesana," terangnya.

Maka dari itu, di sini lah peran PPL dalam menjalankan tugasnya, mengawasi dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan.

"Sama ruang lingkup mereka dibatasi oleh kelurahan. Kerjanya lebih di lapangan. Jadi pengawasannya secara normatif sama, mengawasi melakukan langkah-langkah pengawasan terkait dugaan-dugaan yang ada," ungkap Agus.

Karena merasa khawatir, Agus pun menekankan kepada para Panwascam agar lebih serius lagi dalam merekrut calon PPL yang berintegritas, serta bisa menguasai wilayah. Sehingga, money politik pun terpangkas rata.

"Makanya dalam hal ini kita sarankan agar Panwascam merekrut PPL yang menguasai wilayah, supaya mereka juga secara kewilayahan mengerti, supaya pengawasannya efektif, memahami letak geografis," tutur Agus.

Kegiatan rekrutmen PPL sendiri telah berlangsung. Saat ini tim Panwascam telah mengadakan pengumuman pendaftaran pada 25 - 31 Desember 2017, sementara penerimaan pendaftaran dan berkas pada 1 - 7 Januari 2018.

Jika berminat untuk menjadi anggota PPL, silahkan beranjak ke kantor Panwaslu Kecamatan sesuai dengan domisili.(RAZ/RGI)

NASIONAL
Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Sabtu, 8 Februari 2020 | 23:17

TANGERANGNEWS.com-13 sosok dari berbagai latar belakang diangkat menjadi Dewan Penasihat Kantor Staf Presiden (KSP). Nama-nama tersebut

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

TANGSEL
Area Bebas Paparan Radioaktif Mulai Dipersempit

Area Bebas Paparan Radioaktif Mulai Dipersempit

Senin, 17 Februari 2020 | 18:16

TANGERANGNEWS.com-Badan Tenaga Nuklir (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mempersempit area bebas radiasi yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, Senin (17/2/2020)

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt