Connect With Us

Boyong 10 Parpol, Arief-Sachrudin Berpotensi Lawan Kotak Kosong

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 7 Januari 2018 | 17:00

| Dibaca : 4082

Arief R Wismansyah dan Sachrudin bersama partai politik pendukungnya, secara resmi mendeklarasikan akan berdampingan lagi di Pilkada Kota Tangerang 2018. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Pendaftaran pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang periode 2018 - 2023 yang mulai dibuka pada Senin (8/1/2018) besok, diprediksi hanya diikuti pasangan petahana Arief R Wismansyah dan Sachrudin saja.

Pasalnya pasangan ini memboyong 10 partai politik (parpol) sekaligus untuk mengusung mereka dalam perhelatan Pilkada ini. Parpol tersebut diantaranya PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, Hanura, Nasdem, PKS, dan PPP.

BACA JUGA:

Ketua Tim Pemenangan Arief - Sachrudin, Asep Bastian mengatakan, paslon petahana ini akan segera mendaftar ke KPU pada Rabu, 10 Januari 2018.

"Setelah deklarasi sore di Lapangan Ahmad Yani, kami langsung daftar ke KPU," katanya, Minggu (7/1/2018).

Sementara Komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul menuturkan, pihaknya telah siap menerima berkas administrasi paslon Pilkada 2018.

"Besok mulai dibuka pendaftaran. Kami sudah siap membentuk tim untuk menerima dan mengoreksi berkas adminitrasi," ujarnya.

Karena dipastikan Pilkada 2018 ini hanya ada paslon tunggal saja yang mendaftar, artinya paslon petahana tersebut akan mengahadapi kolom kosong.

Meski demikian, Pilkada 2018 pun akan tetap berlangsung. Banani menjelaskan kolom kosong itu tertera dalam surat suara yang nantinya bisa dicoblos oleh para pemilih.

"Ada satu surat suara, di sisi kiri misalnya calon petahana, dan di sisi kanan yaitu kolom kosong. Masyarakat bisa memilih antara kedua pilihan itu," ucapnya.

Banani menjabarkan aturan main dalam hal ini. Jika jumlah pemilih lebih banyak yang mencoblos kolom kosong, maka akan digelar Pilkada ulang.

"Pilkada ulang dilaksanakan pada tahun 2020. Sedangkan untuk mengisi jabatan pemerintahan, diserahkan oleh PLT (pelaksana tugas) yang ditentukan Kemendagri," katanya.

Apabila paslon jumlah suaranya melebihi kolom kosong, mereka yang dipastikan berhak memimpin Kota Tangerang pada lima tahun mendatang. Tetapi bagaimana jika jumlah suaranya draw atau seri?

"Kalau draw, peraturannya dilihat dari suara di masing - masing Kecamatan. Kota Tangerang kan ada 13 Kecamatan, nah dihitung dari situ berapa Kecamatan yang menangnya," paparnya.(RAZ/RGI)

KOTA TANGERANG
Pemakaman Tanah Gocap di Tangerang Kebakaran

Pemakaman Tanah Gocap di Tangerang Kebakaran

Kamis, 22 Agustus 2019 | 20:25

TANGERANGNEWS.com—Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan pemakaman Tanah Gocap, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (22/8/2019).

BANTEN
Ibu dan Anak Ditemukan Tergeletak di Kamar Mandi

Ibu dan Anak Ditemukan Tergeletak di Kamar Mandi

Selasa, 20 Agustus 2019 | 13:42

TANGERANGNEWS.com - Ibu dan anak ditemukan terkapar di dalam rumah di wilayah Cibeber, Kota Cilegon. Sang anak dilaporkan meninggal di kamar

BANDARA
Bina Lingkungan, AP II Salurkan Berbagai Bantuan di Tangerang

Bina Lingkungan, AP II Salurkan Berbagai Bantuan di Tangerang

Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:10

TANGERANGNEWS.com—PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Utama Cabang Soekarno-Hatta menyalurkan berbagai bantuan kepada warga Tangerang melalui program Bina Lingkungan.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt