Connect With Us

Mahasiswa UMT Ajari Pelajar Tangerang Jeli Informasi Hoax Dunia Maya

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Februari 2018 | 14:00

| Dibaca : 1493

Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) saat memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017).

Penyuluhan yang jug disi oleh relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Taufik ini berujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar terkait dampak negatif dari internet, khususnya informasi hoax.

BACA JUGA:

"Banyak hal yang perlu diwaspadai, yakni terkait bahaya kejahatan di dunia maya, seperti kekerasan dan pelecehan melalui internet, penyebaran informasi palsu (hoax), dan konten tidak senonoh seperti gambar dan video pornografi," kata Taufik di SMPN 2 Cikupa.

Taufik menjelaskan bahwa jika internet memiliki dampak yang berbeda tergantung dari penggunanya. Jika digunakan dengan baik dan benar, laka dapat menghasilkan hal yang positif. Contohnya seperti mempermudah informasi, sebagai sarana ajang bisnis dan dapat mencerdaskan masyarakat dalam hal pengetahuan.

"Tapi Jika memakai internet berlebihan, banyak dampaknya, contoh hal negatif adalah jika dahulu orang sebelum makan melakukan doa, maka sekarang banyak generasi muda yang mengunggah foto atau video terlebih dahulu ke media sosial," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa waktu yang tepat pada saat memakai internet juga perlu diperhitungkan, karena dapat merubah perilaku seseorang. "Biasanya anak muda menggunakannya kebanyakan sebagai ajang eksis agar terlihat keren atau tampil gaya," imbuhnya.

Sementara Dewan Pembina Lapangan (DPL) KKN UMT Korry Elyana juga menambahkan tujuan dari penyuluhan internet sehat ini untuk membimbing kepribadian para remaja saat ini agar dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari presentasi maupun memberikan informasi melalui media video.

"Kontrol diri lah yang bisa menjaga kita dari bahaya-bahaya internet, karena ketika kita menggunakan internet, kita bisa melihat dunia dengan jarimu,” ungkap wanita yang juga Dosen Komunikasi UMT ini.(RAZ/RGI)

TEKNO
Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Rabu, 30 September 2020 | 13:30

TANGERANGNEWS.com-Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi semakin penuh inovasi, seperti lampu LED (Light-Emitting Diode) yang telah dirancang untuk bereaksi terhadap gerak dan cahaya

OPINI
KSOC: Model Kompetensi Auditor Syariah pada LKS

KSOC: Model Kompetensi Auditor Syariah pada LKS

Selasa, 20 Oktober 2020 | 11:05

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim

BANDARA
Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:16

TANGERANGNEWS.com–Nasib malang dialami tukang bubur, Rasidi, 34. Warga Serang, Banten ini tertipu orderan fiktif, hingga motornya seharga Rp32 juta raib dibawa kabur pelaku. Kasus ini berhasil

BANTEN
301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

Rabu, 21 Oktober 2020 | 19:36

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten memusnahkan barang bukti kejahatan narkotika jenis ganja sebanyak 301 kilogram. Pemusnahan barang terlarang itu dengan cara dibakar

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil