Connect With Us

Mahasiswa UMT Ajari Pelajar Tangerang Jeli Informasi Hoax Dunia Maya

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Februari 2018 | 14:00

Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) saat memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017).

Penyuluhan yang jug disi oleh relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Taufik ini berujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar terkait dampak negatif dari internet, khususnya informasi hoax.

BACA JUGA:

"Banyak hal yang perlu diwaspadai, yakni terkait bahaya kejahatan di dunia maya, seperti kekerasan dan pelecehan melalui internet, penyebaran informasi palsu (hoax), dan konten tidak senonoh seperti gambar dan video pornografi," kata Taufik di SMPN 2 Cikupa.

Taufik menjelaskan bahwa jika internet memiliki dampak yang berbeda tergantung dari penggunanya. Jika digunakan dengan baik dan benar, laka dapat menghasilkan hal yang positif. Contohnya seperti mempermudah informasi, sebagai sarana ajang bisnis dan dapat mencerdaskan masyarakat dalam hal pengetahuan.

"Tapi Jika memakai internet berlebihan, banyak dampaknya, contoh hal negatif adalah jika dahulu orang sebelum makan melakukan doa, maka sekarang banyak generasi muda yang mengunggah foto atau video terlebih dahulu ke media sosial," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa waktu yang tepat pada saat memakai internet juga perlu diperhitungkan, karena dapat merubah perilaku seseorang. "Biasanya anak muda menggunakannya kebanyakan sebagai ajang eksis agar terlihat keren atau tampil gaya," imbuhnya.

Sementara Dewan Pembina Lapangan (DPL) KKN UMT Korry Elyana juga menambahkan tujuan dari penyuluhan internet sehat ini untuk membimbing kepribadian para remaja saat ini agar dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari presentasi maupun memberikan informasi melalui media video.

"Kontrol diri lah yang bisa menjaga kita dari bahaya-bahaya internet, karena ketika kita menggunakan internet, kita bisa melihat dunia dengan jarimu,” ungkap wanita yang juga Dosen Komunikasi UMT ini.(RAZ/RGI)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill