Connect With Us

Sampah Anorganik Bisa Ditukar Sembako di Festival Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 29 Juli 2019 | 17:53

| Dibaca : 968

Tampak warga menukar sampah jenis sampah anorganik seperti plastik dan kardus di stand Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang di Festival Cisadane. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com—Pengunjung Festival Cisadane bisa menukarkan sampah yang dapat didaurulang (anorganik) di stan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang dengan sembako.

Jenis sampah yang dapat ditukarkan selama festival itu berlangsung hingga 3 Agustus 2019 yaitu sampah plastik dan kardus.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Tangerang Buceu Gartina mengatakan, kegiatan tersebut hasil kerjasama pihaknya dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

"Kami bekerjasama dengan BAZNAS untuk membuka Zmart (sembako) yang bisa ditukar dengan sampah anorganik," ujarnya kepada TangerangNews, Senin (29/7/2019).

Buceu menjelaskan, sembako yang bisa ditukar dengan sampah anorganik antara lain beras, minyak goreng, gula, kecap, saos, hingga makanan ringan.

Namun, kata Buceu, ada ketentuan untuk dapat menukarkan sampah dengan sembako itu. Misalnya, jika ingin menukar beras yang sudah kemas, pengunjung harus membawa sampah anorganik seberat 5 kilogram.

"Tapi untuk penukarannya nanti tergantung, ya, sesuai keinginan pengunjung," jelasnya.

Baca Juga :

Buceu menuturkan, selain ditukar dengan sembako, pengunjung juga bisa menukar sampah anorganik dengan tumbler (botol minuman), atau bersedekah sampah tanpa imbalan apapun.

Sejak stan itu dibuka, Buceu mengaku pengunjung festival tahunan yang dihelat Pemerintah Kota Tangerang itu cukup antusias berpartisipasi.

"Hingga saat ini, sudah ada 207 pengunjung yang berpartisipasi dalam program kami," katanya.

Buceu mengharapkan, program ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah sehingga Kota Tangerang terbebas dari sampah yang berserakan.

"Kami memang ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengatasi sampah. Biar lebih care dengan sampah," pungkasnya.(RMI/HRU)

TANGSEL
Remaja Curi 16 Kotak Amal Spesialis Beraksi di Tempat Ibadah

Remaja Curi 16 Kotak Amal Spesialis Beraksi di Tempat Ibadah

Kamis, 14 November 2019 | 21:29

TANGERANGNEWS.com-Kapolsek Pondok Aren Kompol Afroni Sugiarto mengatakan, FA, 17, remaja yang diamankan pihaknya karena mencuri kotak amal adalah spesialis pencuri di tempat ibadah.

BANDARA
Bea Cukai Soekarno-Hatta Tegaskan Masyarakat Hindari Jastip

Bea Cukai Soekarno-Hatta Tegaskan Masyarakat Hindari Jastip

Kamis, 14 November 2019 | 21:59

TANGERANGNEWS.com—Bisnis personal shopper atau pelaku jasa titip (jastip) ilegal kian menjamur belakangan ini. Bahkan pelaku jastip terang-terangan menawarkan jasanya melalui media sosial.

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous