Connect With Us

Ini Titik Rawan Bencana di Kota Tangerang Versi Tagana

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 28 Agustus 2019 | 17:59

| Dibaca : 2342

Ketua Forum Koordinasi Bencana Tagana Kota Tangerang, Bondan Kurniawan. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Taruna Siaga Bencana (Tagana) memetakan titik-titik rawan bencana di Kota Tangerang. Menurut Ketua Forum Koordinasi Bencana Tagana Kota Tangerang Bondan Kurniawan, kerawanan bencana yang kerap terjadi di Kota Tangerang adalah banjir.

Bondan mengatakan, titik rawan banjir berada di Total Persada dan  Mutiara Pluit, Kecamatan Periuk. Selain itu, banjir juga kerap terjadi di kawasan Ciledug Indah, Kecamatan Ciledug. Juga di Gondrong Petir, Kecamatan Cipondoh. Banjir kerap juga melanda kawasan Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah.

Kegiatan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Tangerang.

"Yang paling fokus titik banjir berada di Periuk. Karena berdasarkan pengalaman dan info warga, banjir di wilayah ini paling tinggi dibanding wilayah lain," ujarnya saat ditemui TangerangNews di Sekretariat Tagana Kota Tangerang, Rabu (28/8/2019).

Bondan menuturkan, Tagana selalu siaga dalam penanganan bencana, baik dari tahapan sebelum bencana, saat bencana hingga sesudah bencana. Dalam penanganan bencana pula, Tagana selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD, dan stakeholder terkait.

Baca Juga :

"Peran kami cenderung pada ketersediaan logistik. Jika terjadi bencana, kami pasti ada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu," katanya.

Menurut Bondan, para personel Tagana di Kota Tangerang tengah ditingkatkan kualitas sumber daya manusianya untuk melakukan penanganan bencana. Ia menambahkan, para personel Tagana harus memiliki skill dalam mengaplikasikan sistem pemosisi global atau global positioning system (GPS) di suatu wilayah bencana.

"Sehingga, ketika berada di wilayah bencana, personel kami bisa menentukan titik-titik lokasi pendirian posko, seperti posko utama, dapur umum, dan segala macamnya," pungkasnya.(RMI/HRU)

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

KAB. TANGERANG
PDIP Tangerang Desak Pembakar Bendera Partai Ditangkap

PDIP Tangerang Desak Pembakar Bendera Partai Ditangkap

Rabu, 1 Juli 2020 | 20:01

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah pengurus DPC PDIP Kabupaten Tangerang menyambangi Mapolresta Tangerang, Kedatangan kader banteng tersebut diterima langsung Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein