Connect With Us

Ini Titik Rawan Bencana di Kota Tangerang Versi Tagana

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 28 Agustus 2019 | 17:59

| Dibaca : 2117

Ketua Forum Koordinasi Bencana Tagana Kota Tangerang, Bondan Kurniawan. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com—Taruna Siaga Bencana (Tagana) memetakan titik-titik rawan bencana di Kota Tangerang. Menurut Ketua Forum Koordinasi Bencana Tagana Kota Tangerang Bondan Kurniawan, kerawanan bencana yang kerap terjadi di Kota Tangerang adalah banjir.

Bondan mengatakan, titik rawan banjir berada di Total Persada dan  Mutiara Pluit, Kecamatan Periuk. Selain itu, banjir juga kerap terjadi di kawasan Ciledug Indah, Kecamatan Ciledug. Juga di Gondrong Petir, Kecamatan Cipondoh. Banjir kerap juga melanda kawasan Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah.

Kegiatan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Tangerang.

"Yang paling fokus titik banjir berada di Periuk. Karena berdasarkan pengalaman dan info warga, banjir di wilayah ini paling tinggi dibanding wilayah lain," ujarnya saat ditemui TangerangNews di Sekretariat Tagana Kota Tangerang, Rabu (28/8/2019).

Bondan menuturkan, Tagana selalu siaga dalam penanganan bencana, baik dari tahapan sebelum bencana, saat bencana hingga sesudah bencana. Dalam penanganan bencana pula, Tagana selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD, dan stakeholder terkait.

Baca Juga :

"Peran kami cenderung pada ketersediaan logistik. Jika terjadi bencana, kami pasti ada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu," katanya.

Menurut Bondan, para personel Tagana di Kota Tangerang tengah ditingkatkan kualitas sumber daya manusianya untuk melakukan penanganan bencana. Ia menambahkan, para personel Tagana harus memiliki skill dalam mengaplikasikan sistem pemosisi global atau global positioning system (GPS) di suatu wilayah bencana.

"Sehingga, ketika berada di wilayah bencana, personel kami bisa menentukan titik-titik lokasi pendirian posko, seperti posko utama, dapur umum, dan segala macamnya," pungkasnya.(RMI/HRU)

WISATA
7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

Jumat, 15 November 2019 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-Katakan segala hal yang Anda ketahui mengenai Padang. Mulai dari Teluk Bungus, Kepulauan Mentawai, Wisata Bukittinggi, Taman Nasional Kerinci Seblat, Batu Malin Kundang, Sambal Balado, dan Jam Gadang.

BANTEN
Supervisor Ditangkap Densus 88 Belum Dipecat, Krakatau Steel Tunggu Proses Hukum

Supervisor Ditangkap Densus 88 Belum Dipecat, Krakatau Steel Tunggu Proses Hukum

Jumat, 15 November 2019 | 15:45

TANGERANGNEWS.com-Supervisor PT Krakatau Steel ditangkap tim Densus 88 pascaledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Perusahaan belum memecat karyawan tersebut lantaran masih menunggu proses hukum yang sedang berjalan.

TANGSEL
Kematian Zidni, Pemkot Tangsel Harus Berbenah

Kematian Zidni, Pemkot Tangsel Harus Berbenah

Selasa, 19 November 2019 | 20:50

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa kebakaran tiga unit kontrakan di Gang Sayur Asem RT 14/04, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu

TEKNO
LIPI Kembangkan Bahan Bakar Alternatif dari Bahan Limbah

LIPI Kembangkan Bahan Bakar Alternatif dari Bahan Limbah

Senin, 18 November 2019 | 18:52

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan bioetanol generari dua (G2) yang terbuat dari limbah organik.

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous