Connect With Us

Musim Penghujan Rawan Penyakit ISPA, Dinkes Imbau Warga untuk Hidup Bersih

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 11 Desember 2019 | 16:30

| Dibaca : 258

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangerang Indri Bevy. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangerang Indri Bevy mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Pasalnya, menurut Bevy, penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sangat rawan diderita masyarakat saat memasuki musim penghujan. “Musim penghujan biasanya penyakit ISPA menular dari virus,” ujarnya kepada TangerangNews, Rabu (11/12/2019).

Bevy menjelaskan, ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas. Penyebab utama ISPA adalah virus dan bakteri.

BACA JUGA:

Bagian saluran pernapasan atas yang terkena bisa meliputi hidung, sinus, faring, dan laring. Bagian sistem pernapasan tersebut akan mengarahkan udara yang kita hirup dari luar ke trakea dan akhirnya ke paru-paru di mana respirasi berlangsung.

“Jadi, bisa disebabkan karena daya tahan turun. Kurang makan gizi seimbang. Kurang olahraga. Kemudian diare, tuberculosis,” ucapnya.

ISPA dapat terjadi kapan saja. Namun, penyakit ini paling sering terjadi pada musim hujan. Pencegahan penyakit ini pun dapat dilakukan dengan mengurangi faktor risiko yang ada.

“Mari konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Biasakan juga berolahraga,” katanya.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Bevy juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih agar terhindar beragam penyakit terutama ISPA.

“Terapkan juga hidup sehat. Hindari polusi udara. Kalau lagi nggak enak badan, perlu pakai masker, dan mencuci tangan pakai sabun,” pungkasnya.(MRI/RGI)

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

PROPERTI
Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Jumat, 13 Maret 2020 | 21:57

“Untuk alasan pembatasan atau pemutusan fasilitas, itu sangat luas dan dapat dimanfaatkan oleh penghuni yang memang berniat untuk tidak membayar, karena tahu ada larangan mengenai pemutusan fasilitas dasar,” ujar Eddy, Jumat (13/3/2020).

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

MANCANEGARA
Bukan Jenis Virus Baru, Dunia Telah Lama Mengenal Hantavirus

Bukan Jenis Virus Baru, Dunia Telah Lama Mengenal Hantavirus

Rabu, 25 Maret 2020 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Ditengah situasi waspada akibat wabah virus Corona (COVID-19), publik kembali dikagetkan oleh peristiwa seorang pria asal

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile