Connect With Us

Ini Kronologi Pengungkapan Kasus Daging Sapi Dioplos Babi di Tangerang 

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 18 Mei 2020 | 17:08

Dua pelaku saat memperlihatkan barang bukti daging sapi dioplos daging babi di Mapolres Metro Tangerang Kota, Senin (18/5/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–Satreskrim Polres Metro Tangerang mengungkap kasus penjualan daging sapi dioplos daging babi di Pasar Bengkok, Pinang, Kota Tangerang. 

Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota AKBP Burhanudin menjelaskan ihwal kronologi pengungkapan kasus ini.

Dia mengatakan pengungkapan atas hasil pemeriksaan mendadak yang dilakukan Tim Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang di Pasar Bengkok, Pasar Anyar, dan Pasar Malabar. 

"Kasusnya diungkap pada Sabtu kemarin. Ternyata di Pasar Bengkok ada penjual daging sapi oplosan," ujarnya dalam jumpa pers di Mapolres Metro Tangerang Kota, Senin (18/5/2020).

Saat sidak itu, tim mengambil sejumlah daging sebagai sample untuk diperiksa di laboratorium. Ternyata, hasilnya terdapat oplosan daging sapi dengan daging babi. Temuan daging oplosan ini dijual pelaku AD di sebuah kios di Pasar Bengkok.

Baca Juga :

"Dalam waktu lima menit, hasil cek cepat keluar hasil ternyata daging itu positif unsur babi dan mengandung formalin," ungkapnya. 

Polisi lalu mengamankan pelaku AD sebagai penjual daging oplos. Kemudian, polisi juga mengamankan pelaku RT selaku penyuplai daging babi dari Palembang kepada AD. Kedua pelaku berdomisili di Banten. Barang bukti kasus ini 500 kilogram daging oplos. 

Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman menambahkan sidak pengungkapan kasus ini merupakan pengawasan rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali. 

"Jadi, pertama barang buktinya kami bawa ke kantor ternyata ada satu positif. Besoknya dicek di laboratorium Provinsi Banten agar hasilnya secara hukum bisa di pertanggungjawabkan. Ternyata positif juga," jelasnya. 

Temuan tersebut langsung dikoordinasikan tim DKP kepada Polres Metro Tangerang Kota. Polisi pun menindaklanjuti temuan ini hingga akhirnya kedua tersangka berhasil diamankan. 

Abduh memastikan pasokan daging sapi yang kini beredar di pasaran dalam menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 ini aman dikonsumsi. Sehingga, masyarakat tidak perlu khwatir. 

"Tapi tetap mengimbau agar berhati-hati dalam membeli daging. Jadi, masyarakat harus cermat ketika membeli daging sapi asli," pungkasnya. (RMI/RAC)

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

SPORT
Tanding di Bali, Simak Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita Tangerang vs Persib Bandung

Tanding di Bali, Simak Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita Tangerang vs Persib Bandung

Senin, 15 April 2024 | 07:48

Pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persita Tangerang melawan Persib Bandung dijadwalkan pada 15 April 2024 pukul 15.00 WIB.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill