TangerangNews.com

Ini Alasan Lotte Chemical Keruk Pasir di Laut Banten

Mohamad Romli | Kamis, 18 Juli 2019 | 15:24 | Dibaca : 1935


Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Kim Yong Ho (depan) saat mengunjungi area yang akan menjadi tempat pengurukan material bekas pengurukan laut. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)


 

TANGERANGNEWS.com - PT Lotte Chemical Indonesia berencana melakukan pengerukan pasir di laut Banten. Pengerukan pasir dilakukan untuk pendalaman jetty (dermaga untuk bongkar muat barang).

Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Kim Yong Ho mengatakan, kedalaman laut yang saat ini direncanakan untuk membangun jetty hanya berkisar 13-14 meter. 

Perusahaan itu membutuhkan kedalaman 20 meter untuk membangun jetty. Dengan begitu, dasar laut perlu dikeruk untuk menancapkan tiang-tiang jetty sebagai penyangga.

"Karena jetty itu kan untuk sandar kapal yang sangat besar, itu butuh kedalaman sekitar 20 meter  Sekarang itu kedalamannya hanya 13-14 meter. Jadi dari situ kita akan keruk. Jadi (material) keruk itu daripada kita buang ke tempat lain, mengganggu ekosistem lain, kita manfaatkan untuk pengurukan lahan," ujarnya kepada wartawan di Serang, Kamis (18/7/2019).

Baca Juga :

#GOOGLE_ADS#

Pengerukan akan dilakukan sesegera mungkin. Proses perizinan masih digodok di Kementerian Perhubungan. Jika sudah selesai, pengerukan akan langsung dilakukan di laut Banten.

"Itu akan kita mulai sesegera mungkin, begitu izin sudah selesai, baru kita mulai. Kita masih menunggu approvel (persetujuan) dari Kementerian Perhubungan," kata dia. (MI/MRI/RGI).