Connect With Us

Sepakbola Mengantarkan Adam Siswa MTSN 1 Tangerang Berlaga Hingga ke Singapura

Maya Sahurina | Kamis, 25 Juli 2019 | 09:53

| Dibaca : 6981

Adam Nugraha, 13, pesebakbola Junior Kabupaten Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Sepakbola membuat Adam Nugraha, 13, memiliki kesempatan menjelajah berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga pernah bertandang ke beberapa negara di ASEAN, Singapura dan rencananya Cina pada tahun 2020 nanti.

Talenta siswa kelas 3 di MTSN 1 Kabupaten Tangerang ini sudah terlihat sejak usia 7 tahun. Kedua orang tuanya Fathunur dan Erna Ratnawati kemudian mendaftarkannya ke Sekolah Sepakbola Rajeg Football Club (SBB Rajeg FC).

Digembleng di SBB Rajeg FC, bakat Adam menguasai teknik bermain olahraga paling populer di dunia itu terasah.

Adam Nugraha, 13, pesebakbola Junior Kabupaten Tangerang.

Diceritakannya, setelah bergabung dengan SBB itu, Adam mulai merumput diberbagai kompetisi sepakbola junior lokal di Tangerang, Banten, berbagai daerah di Indonesia, nasional hingga tingkat ASEAN.

"Saat usia 10 tahun saya ikut memperkuat tim Rajeg FC dan berhasil meraih juara 1 Festival Askab PSSI Kabupaten Tangerang U10 tahun 2016. Setahun kemudian, juara 2 Piala KNPI Kabupaten Tangerang," kata pengagum Cristiano Ronaldo kepada TangerangNews, Kamis (25/7/2019).

Menginjak usia 13 tahun, Adam bergabung dengan FIFA Farmel Academi dan memperkuat skuad junior bertanding di Junior Singapore Super League (JSSL) di Singapura pada 17 sampai 20 April 2019.

Berlaga di even skala internasional yang diikuti 16 negara di Asia itu, Adam yang dipercaya sebagai kapten tim berhasil membawa kesebelasan FIFA Farmel Academi lolos ke delapan besar. Keberhasilan ini yang menghantarkan tim itu kembali merumput di kompetisi yang akan digelar di Cina tahun 2020 mendatang.

"Alhamdulilah, meski bertanding dengan tim dari berbagai negara, kami berhasil lolos ke delapan besar," tambahnya.

Baca Juga :

Remaja yang merumput di posisi pertahanan belakang (back) dan penyerang (striker) ini bersama timnya ini juga telah berlaga diberbagai kompetisi di tanah air, seperti Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tahun 2018 di Balikpapan, Kalimnatan Timur.

"Tahun ini juga akan bertanding di kompetisi serupa yang digelar Forum Sepakbola Seluruh Indonesia di Stadion Jakabaring, Palembang mewakili Provinsi Banten," katanya.

Keberhasilan Adam tidak terlepas dari dukungan orang tua dan pihak sekolah, MTSN 1 Kabupaten Tangerang.

Adam Nugraha, 13, pesebakbola Junior Kabupaten Tangerang bersama kedua orang tuanya.

Fathunur, ayah Adam mengatakan, ia selalu mendukung setiap kegiatan anaknya tersebut, terlebih bermain sepakbola.

"Sebagai orang tua, saya selalu memberikan dukungan terbaik untuk Adam, terlebih talentanya bermain sepakbola dan bercita-cita ingin menjadi pemain profesional untuk memperkuat tim kebanggaan masyarakat Kabupaten Tangerang yaitu Persita," ujar pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Sekolah Sepakbola Kabupaten Tangerang (ASSKAT) itu.

Senada, Ahmad Faruhi, guru olahraga di MTSN 1 Tangerang mengatakan hal yang sama. Kata Ahmad, pihak sekolah selalu memberikan dukungan penuh kepada siswa yang berprestasi, salah satunya Adam.

Ahmad juga mengatakan, talenta Adam bermain sepakbola sudah terlihat sejak awal masuk sekolah, sehingga bakat itu turut diasah oleh pihak sekolah dengan memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan Adam merumput.

"Kami sangat mendukung Adam, baik prestasi akademik maupun non akademik. Kami juga bangga memiliki siswa yang berprestasi seperti Adam, sehingga setiap dua kali seminggu, kami berikan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuannya bermain sepakbola," katanya.

Ahmad menambahkan, sekolah tersebut juga telah mengukir prestasi lainnya, juara 1 kompetisi robotik tingkat Banten.

"Alhamdulilah, siswa-siswi kami telah berprestasi yang mengharumkan nama MTSN 1 Tangerang," pungkasnya.(RMI/HRU)

BISNIS
Berkah Pelantikan Presiden, DKapster Gratiskan Layanan Cukur Rambut

Berkah Pelantikan Presiden, DKapster Gratiskan Layanan Cukur Rambut

Senin, 21 Oktober 2019 | 12:19

TANGERANGNEWS.com—Momen pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi berkah bagi para pria yang ingin gaya rambutnya modis tanpa dikenakan biaya.

KOTA TANGERANG
Tumbuhkan Jiwa Sosial, Pelajar Ikut Lomba Menggambar di Humafest Tangerang

Tumbuhkan Jiwa Sosial, Pelajar Ikut Lomba Menggambar di Humafest Tangerang

Rabu, 23 Oktober 2019 | 21:16

TANGERANGNEWS.com—Sebanyak 52 siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Tangerang mengikuti perlombaan menggambar dan

MANCANEGARA
Pemerintah Korea Selatan Mengumumkan Resiko Serius nge-Vape

Pemerintah Korea Selatan Mengumumkan Resiko Serius nge-Vape

Rabu, 23 Oktober 2019 | 14:24

TANGERANGNEWS.com-Korea Selatan menyarankan agar masyarakatnya berhenti nge-vape, Rabu (23/10/2019). Hal itu dilakukan karena tren yang terjadi kini semakin meningkatnya masalah kesehatan dari e-rokok cair tersebut.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro