Connect With Us

Hore! Di Tangsel, KIA Berfungsi Jadi Kartu Diskon

Rachman Deniansyah | Kamis, 27 Juni 2019 | 19:27

Penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA), Akta kelahiran dengan huruf braile dan akta kematian oleh Dirjen Dukcapil, di Ruang Blandongan, Puspemkot Tangsel, Jalan Maruga Raya, Serua, Ciputat, Kamis (27/6/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan atas pemanfaatan data kependudukan. 

Apresiasi itu dilontarkan Dirjen Dukcapil saat penyerahan simbolis Kartu Identitas Anak (KIA), Akta kelahiran dengan huruf braile dan akta kematian di Ruang Blandongan, Puspemkot Tangsel, Jalan Maruga Raya, Serua, Ciputat, Kamis (27/6/2019).

“Kita saat ini sedang membangun multiplayer efek, jadi sistem pengungkit dari database kependudukan agar bisa bermanfaat secara optimal. Kita sudah memiliki 265 juta penduduk yang datanya rapih dalam database, dan ini perlu dimanfaatkan oleh semua lembaga di Indonesia," kata Zudan.

BACA JUGA:

Selain itu, ia juga menyinggung soal kartu identitas anak (KIA) yang harus dimiliki oleh setiap anak Indonesia. 

“Kita ingin semua anak di Indonesia wajib memiliki KIA, di Tangsel sudah multifungsi, tidak hanya sebagai kartu identitas namun juga kartu diskon, sehingga menarik," tambahnya.

Ia membeberkan, diskon itu sudah bisa didapatkan diberbagai gerai di Tangsel, seperti restoran cepat saji, juga wahana bermain dan rekreasi.

Sementara, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengatakan, apresiasi ini menjadi motivasi kepada pemerintah kota Tangsel untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Tangsel.

“Sesuai dengan visi dan misi tangsel, kita terus melakukan transformasi salah satunya di dinas dukcapil, kita ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan Gerakan Sadar Indonesia Adminduk (gisa),” ungkapnya.

Sedangkan untuk KIA, Airin mengungkapkan setiap anak di Tangsel ada rasa kebanggan sendiri ketika anak memiliki KIA.

“Coba tanyakan kepada anak yang telah memiliki KIA, pasti mereka senang karena mereka telah memiliki kartu identitas dan mendapatkan manfaat dari diskon oleh vendor yang bekerjasama dengan Disdukcapil,” tuturnya. 

Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan 10 vendor antara lain Bank BJB, Gramedia, Domino’s, Amazone, Gunung Agung dan lainnya.

“Dari 10 vendor ini kami berharap melakukan pendampingan dalam melaksanakan program-program yang dilakukan Disdukcapil Tangsel dan Pemkot Tangsel,” tukasnya.

sinergtitas antara pemerintah sebagai penyedia data dan warga sebagai penggunanya akan terbangun ketika data pemerintah dapat diakses dengan mudah. 

“Dan dapat digunakan kembali dengan tujuan inovasi dan kolaborasi,untuk itu kerjasama pemanfaatan data kependudukan ini terus dilakukan, seperti saat ini kerjasamanya dengan Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta,” imbuhnya.

Budiawan mengatakan dengan pemanfaatan data ini, dirinya ingin mempercepat serta meningkatkan cakupan pelayanan kepada masyarakat melalui GISA. Sedangkan untuk KIA disdukcapil sudah bekerjasama dengan 10 vendor antara lain Bank BJB, Gramedia, Domino’s, Amazone,Gunung Agung dan lainnya.

“Dari 10 vendor ini kami berharap melakukan pendampingan dalam melaksanakan program-program yang dilakukan disdukcapil Tangsel dan Pemkot Tangsel,” tukasnya.(MRI/RGI)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill