Connect With Us

Pemkot Tangsel Anugerahi Warga Pembayar Pajak PBB Terbaik

Rachman Deniansyah | Sabtu, 23 November 2019 | 10:24

| Dibaca : 522

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat memberikan hadiah motor ke masyarakat yang taat membayar Pajak Bumi Bangunan. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel menganugerahkan penghargaan kepada masyarakat yang taat membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB). 

Pengharagaan itu diberikan kepada masyarakat yang melunasi PBB sebelum jatuh tempo pada malam penganugerahan PBB Achievement Award 2019 di Ballroom Swiss Bel Hotel, Kawasan Intermark, Jalan Lingkar Timur, Serpong, Tangsel, Jumat (22/11/2019) malam.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, pajak merupakan kewajiban setiap warga Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat agar lebih maksimal.

"Jadi, pajak yang dibayarkan ini akan kembali berupa pembangunan dan penataan Kota Tangsel," ucap Airin. 

Menurutnya, pembayaran PBB tepat waktu atau sebelum jatuh tempo merupakan hal yang luar biasa. Dapat menjadi contoh dan motivasi bagi masyarakat lain.

”Bapak Ibu merupakan penyumbang pajak yang signifikan untuk pembangunan Pemkot Tangsel yang lebih baik lagi, karena apa yang yang Bapak Ibu bayarkan, uangnya untuk pembangunan kota Tangsel,“ imbuhnya.

Kepala Bapenda Kota Tangsel Taher Rachmadi mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan Bapenda. Mengingat PBB merupakan kontribusi yang cukup besar di Tangsel. 

Baca Juga :

"PBB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menempati urutan kedua terbesar penyumbang Pendapatan Pajak Daerah setelah pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)," terangnya.

Menurutnya, saat ini tingkat kepatuhan masyarakat dalam menunaikan kewajiban membayar PBB di Kota Tangsel semakin baik. 

"Hal itu dapat dilihat dari penerimaan PBB dari tahun ke tahun yang terus meningkat," ungkapnya.

Hal itu terjadi, kata Taher, karena berbagai inovasi yang diciptakan. Seperti, aplikasi ETA ( Easy To Access ), yaitu layanan digital yang membuat masyarakat daat memperoleh informasi tagihan dengan mudah, cepat, dan efisien.

"Diharapkan kemudahan ini dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB. 

Penghargaan itu diberikan dengan empat kategori berbeda, diantaranya Golden Tax Achievement award, yaitu penghargaan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan kriteria perusahaan.

Platinum Award 7 Kecamatan (Best Region), yaitu penghargaan yang diberikan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dengan kriteria perseorangan mewakili setiap kecamatan sebanyak 7 wajib pajak.

Serta Platinum Award, yaitu penghargaan untuk kriteria perseorangan yang diberikan kepada wajib pajak panutan yang dipilih berdasarkan basis data sebagai objek pajak terdaftar terlama, selalu melunasi, tidak pernah membayar lewat jatuh tempo untuk setiap tahun pajak, dan pembayaran di awal tahun 2019.

"Terakhir adalah pemenang utama dengan kategori Best Platinum Award dianugerahkan kepada wajib pajak perseorangan yang selalu disiplin melunasi tanpa pernah membayar melewati jatuh tempo di setiap tahun pajaknya dan membayar di awal tahun 2019. Pemenang Best Platinum award dengan hadiah utama sepeda motor New Honda Genio CBS," terangnya.

Taher berharap, penghargaan terhadap wajib pajak ini diharapkan dapat mendorong kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

"Khususnya pajak bumi dan bangunan. Diharapkan para pemenang panutan award ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat lainnya," pungkasnya.(RMI/HRU)

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

OPINI
Renungan Tentang Kematian

Renungan Tentang Kematian

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:57

Orang-orang yang telah berusaha taat kepada Allah SWT, perlahan-lahan mendapatkan pengetahuan hikmah dari setiap tindakan yang dilakukan. Pengetahuan yang begitu saja menyesap

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi