Connect With Us

2 Pelajar SMK di Tangerang Temukan Listrik dari buah

Mohamad Romli | Senin, 28 Agustus 2017 | 23:00

Tampak pararel aliran Energi listrik dari buah maja. (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sumber energi listrik alternatif terbarukan terus bermunculan untuk menggantikan energi yang berasal dari fosil yang persediaannya semakin menipis. Salah satu energi alternatif berhasil ditemukan oleh dua siswa SMK Taruna Karya, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Energi listrik dari buah maja tersebut ditemukan oleh Arif Setiawan, 16, dan Bagus Dwi Putra, 16. Keduanya pelajar kelas 2 jurusan mekanik industri di SMK Taruna Karya. Arif mengatakan, awalnya ia melakukan serangkaian penelitian untuk menguji beberapa buah yang mengandung listrik dibawah bimbingan salah seorang guru disekolah tersebut.

"Awalnya kami menggunakan buah belimbing. Namun ternyata arus listrik yang dihasilkan tidak terlalu besar, lalu guru pembimbing kami menyarankan menggunakan buah maja," ujarnya, Senin (28/8/2017). BACA JUGA : Pelajar Belanda Belajar Membatik di SMAN 2 Tangerang

PELAJAR

Arif Setiawan, 16, dan Bagus Dwi Putra, 16, Dua Pelajar SMK Taruna Karya, Cikupa, yang berhasil mebuat karya Energi listrik dari buah maja, Senin (28/8/2017).

Setelah dilakukan percobaan, ternyata mereka mendapatkan hasil buah maja memang mengandung energi listrik. Dengan peralatan sederhana seperti gunting seng dan gunting kertas, tang kombinasi dan tang kabel, pisau carter, obeng, penggaris, palu, sendong makan dan multitaster digital, mereka berhasil membuat satu rangkaian perlengkapan untuk menghasilkan listrik dari buah maja tersebut.

Bahan percobaan sederhanan yang digunakan diantaranya gelas ukuran 300 cc, bambu dengan tinggi 12 cm dan diameter 8 cm, seng plat 0,2 mm, karet sandal, tembaga lempengan, penjepit accu dan buah maja.

"Isi buah maja dimasukkan kedalam gelas atau bambu, kemudian masukkan potongab plat seng dan ditengahnya masukkan tembaga. Lalu pasang kabel penjepi sebagai media penghubung antar gelas yang akan menjadi rangkaian seri," jelasnya.

karya

Inilah hasil karya Energi listrik dari buah maja.

Dari rangkaian itu, energi listrik yang dihasilkan dari setiap gelas sebesar satu volt untuk waktu empat jam.  Selain itu dapat menghasilkan listrik kembali setelah diistirahatkan untuk waktu yang tak begitu lama. BACA JUGA : Lomba Duta Baca, Upaya DPAD Kota Tangerang Pertahankan Budaya Baca

"Rangkaian ini bisa digunakan untuk melakukan isi ulang daya di handphone, jam dan senter," tambahnya. Sisi praktis dari penemuan listrik dari buah maja ini menurut Bagus, rekan Arif, bisa dimanfaatkan ketika berada didaerah pedalaman yang tidak ada akses listrik.

Saat ini, pihaknya masih melakukan serangkaian penelitian untuk meningkatkan daya yang bisa dihasilkan. "Saat ini baru sebatas bisa untuk menyalakan lampu LED, jam dinding, charger handphone, lampu petromak, lampu tempel. Mudah-mudahan masih bisa terus dikembangkan," tandasnya. (DBI)

MANCANEGARA
Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:46

Tahun 2024, menjadi salah satu momen bulan suci Ramadan yang berbeda bagi warga Palestina.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BANDARA
1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:11

Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan 2.564 pcs olahan pangan viral Milk Bun asal Thailand, Jumat 08 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill