Connect With Us

Museum-Museum Unik di Indonesia, Tersebar di Berbagai Kota

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 25 Juli 2017 | 16:00

| Dibaca : 1475

Museum Gunung Berapi. (@TangerangNews2017 / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dulu ketika mendengar kata museum, yang terbayang adalah pemandangan membosankan bagi mereka yang tidak suka melihat benda-benda bersejarah. Namun sekarang museum bukan lagi tempat yang membosankan, karena ada banyak hal-hal unik yang bisa dipelajari dan beberapa diantaranya juga seru untuk dijadikan tempat foto-foto, lalu dipajang di akun media sosial. Biar kekinian kalau kata generasi muda.

 

Tidak semua kota memiliki museum unik memang, di Indonesia pun jumlah daerah yang memiliki museum bisa dihitung jari. Namun dari beberapa museum yang ada di Indonesia, museum-museum berikut ini adalah yang punya benda unik yang wajib dikunjungi:

Museum Ullen Sentalu

Museum ini berada di kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Kaliurang. Cukup jauh dari pusat kota, namun memiliki koleksi unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Museum Ullen Sentalu berisi koleksi kebudayaan Jawa, mulai dari kain batik sampai baju yang dipakai oleh Raja dan keluarganya sehari-hari. Tidak hanya dari Keraton Yogyakarta, tapi juga koleksi dari Keraton Solo pun ada di Ullen Sentalu.

Museum Gunung Merapi

Tak jauh dari Ullen Sentalu, terdapat Museum Gunung Merapi yang menyimpan benda-benda peninggalan korban dari letusan Gunung Merapi. Di museum ini pengunjung bisa melihat bagaimana aktivitas Gunung Merapi yang sampai sekarang aktif, juga bagaimana kehidupan masyarakat setelah letusan berlangsung.

Museum Gunung Berapi

                                  Museum Gunung Merapi

 

Museum Angkut

Di kota Batu terdapat Museum Angkut yang unik dan menarik. Di dalamnya terdapat ribuan koleksi kendaraan dari masa lampau sampai masa kini, dengan penataan menarik, cocok buat tempat foto-foto. Dari museum ini kita bisa mempelajari jenis-jenis kendaraan transportasi yang pernah ada di dunia. Siapa yang menciptakannya, berapa kapasitas mesinnya, pernah dipakai kapan dan di mana saja. Semua infromasinya lengkap dan bisa jadi sumber pelajaran menarik untuk anak-anak dan orang dewasa.

Museum 

                                         Museum Angkut

 

Museum Kata

Di Belitung, Andrea Hirata membangun museum kata yang sekarang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Seperti namanya, museum ini berisi kata-kata dan juga ratusan koleksi buku yang menarik. Tempatnya pun mudah dikunjungi karena nyaris tak ada yang nggak mengenal museum kata di kawasan Belitung.

Museum Rekor Indonesia

Terletak di Semarang, museum ini mencatat semua rekor yang pernah dicapai di Indonesia. Mulai dari rekor rambut terpanjang sampai sate terpanjang di Indonesia, semua ada di sini.

Museum

                                   Museum Rekor Indonesia

Museum Tsunami

Terletak di Banda Aceh, museum ini berisi momen-momen ketika gelombang tsunami menerjang provinsi Aceh. Bagaimana kehidupan masyarakat setelah tsunami, betapa hancurnya Aceh ketika itu, semua tergambar dengan nyata di museum ini.

Museum Geologi

Museum ini terletak di Bandung dan berisi tentang hewan dinosaurus dan juga fosil hewan lainnya dari zaman purba. Uniknya, di Museum Geologi juga terdapat koleksi batuan meteorit yang pernah jatuh ke Bumi. Pengunjung juga bisa mempelajari tentang gempa dan batu-batuan di museum yang satu ini.

Menarik-menarik bukan? Museum bukan lagi tempat yang membosankan, bahkan bisa memberikan banyak pelajaran. Jika kamu berkunjung ke kota-kota di atas, jangan lupa untuk mampir ke museum-museum ini. Segera cari tiket pesawat di Traveloka.com dan terbang ke kota-kota di atas. Jangan lupa untuk mencatat jam buka dan tutup museum agar tidak kehilangan momen untuk belajar bersama keluarga.

Dengan beragam pengetahuan yang diberikan oleh museum, liburan tidak hanya jadi momen bersenang-senang. Tapi bisa pulang ke rumah dengan berbagai pengetahuan yang tidak akan terlupakan.(RAZ)

KOTA TANGERANG
50 Paskibraka Kota Tangerang Dilantik

50 Paskibraka Kota Tangerang Dilantik

Rabu, 15 Agustus 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melantik Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih Kota Tangerang 2018 di Ruang Al-Amanah, Gedung Puspemkot Tangerang, Rabu (15/8/2018).

OPINI
Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Anak saya yang baru menapaki usia lima tahun terpesona tayangan di sebuah televisi swasta. Di usia yang belum dapat menggunakan nalar sebagai kelengkapan berfikir itu, ia justru telah hapal slogan yang

BANTEN
Tawuran Pelajar di Tangsel Disorot Gubernur, WH: Jangan Terulang Lagi!

Tawuran Pelajar di Tangsel Disorot Gubernur, WH: Jangan Terulang Lagi!

Kamis, 2 Agustus 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Tawuran dua kelompok pelajar di Jalan Raya Puspitek, Kecamatan Setu, Tangsel, Selasa (31/7/2018) disorot Gubernur Banten, Wahidin Halim. Bahkan, sosok yang akrab disapa WH itu terjun langsung ke dua sekolah yang terlibat.

BISNIS
1.000 Gaun Pengantin Bebas Dicoba di Wedding Bazzar Tangerang

1.000 Gaun Pengantin Bebas Dicoba di Wedding Bazzar Tangerang

Minggu, 5 Agustus 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Lebih dari seribu gaun pengantin wanita dipamerkan dalam 'Wedding Bazaar' di Ballroom The Spring Gading Club Serpong, Kabupateng Tangerang, pada tanggal 3-5 Agustus 2018.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie