Connect With Us

Sapta Pesona, Kunci Tingkatkan Wisatawan di Kampung Bekelir

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 12 Maret 2018 | 17:00

| Dibaca : 1259

Puluhan masyarakat dan penggiat wisata Kota Tangerang mengikuti pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di 10 destinasi wisata Provinsi Banten, salah satunya di Kampung Bekelir, Kota Tangerang, Senin (12/3/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Puluhan masyarakat dan penggiat wisata Kota Tangerang mengikuti pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di 10 destinasi wisata Provinsi Banten, salah satunya di Kampung Bekelir, Kota Tangerang, Senin (12/3/2018).

Lurah Babakan Abu Sofiyan mengatakan, materi pada kegiatan pelatihan pengembangan SDM tersebut mengenai Sapta Pesona. Menurutnya, Sapta Pesona adalah kunci untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Sapta Pesona itu meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan," ujarnya saat ditemui TangerangNews.com, Senin (12/3/2018).

BACA JUGA:

Abu menjelaskan, para penggiat wisata terutama masyarakat yang tinggal di daerah destinasi wisata harus menerapkan Sapta Pesona jika ingin menciptakan destinasi wisata yang layak dikunjungi.

"Kalau aman kan di suatu tempat destinasi wisata seperti Kampung Bekelir harus terjaga keamanannya. Tertib kan teratur. Lingkungan harus bersih. Sejuk ya harus sejuk hati dan pikiran. Indah dilihat. Seperti itu masyarakat harus ramah," kata Abu.

"Kita berharap masyarakat bisa memahami itu, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara bisa datang berkunjung," tambah Abu.

Selepas kegiatan ini, kata Abu, masyarakat dan penggiat wisata Kampung Bekelir akan disiapkan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Bulan April akan dibentuk yang terdiri dari masyarakat dan pengelola wisata di Kampung Bekelir," tuturnya.

Kasie pengembangan SDM Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten Rochaendi menambahkan, melalui program tersebut bisa memberikan kontinuitas semangat pengelola wisata agar menjaga aset yang sudah dikenal sesuai dengan kaidah Sapta Pesona.

"Sebuah destinasi dapat bertahan karena SDM-nya, sehebat apapun konten dan daya tarik wisata jika SDM tidak menjaganya sesuai dengan Sapta Pesona maka tidak akan bertahan lama," jelasnya.(RAZ/RGI)

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

AYO! TANGERANG CERDAS
Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadan Ke-5 di Pagedangan

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadan Ke-5 di Pagedangan

Rabu, 22 Mei 2019 | 22:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTSN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (22/5/2019).

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)