Connect With Us

Mahasiswanya Menang Lomba Internasional, Rektor: Bukti UMT Berdaya Saing

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 31 Oktober 2022 | 17:49

| Dibaca : 300

Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Ahmad Amarullah saat memberikan sambutan dalam acara malam Anugerah UMT Sayembara Internasional Menulis Cerpen dan Puisi di Kampus UMT, Minggu, 30 Oktober 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com– Momentum Bulan Bahasa, MoRA Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Victoria Australia dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten menggelar Sayembara Penulisan Cerita Pendek (Cerpen) dan Puisi tingkat Internasional.

Sayembara itu berlangsung sejak awal September 2022 hingga malam puncaknya yang digelar di Plaza Kampus UMT, Minggu, 30 Oktober 2022. Pada malam itu juga berlangsung pengumuman pemenang sayembara tersebut.

Informasi diperoleh, sebanyak 302 peserta mengikuti sayembara yang menyasar para mahasiswa dalam dan luar negeri, pemerhati bahasa bereputasi nasional/internasional, dan diaspora Indonesia di mancanegara.

Adapun dewan juri dalam sayembara ini tidak tanggung-tanggung, ada empat sastrawan terkenal Indonesia yang sudah bereputasi internasional yang menjadi dewan juri, yaitu Putu Wijaya, Helvy Tiana Rose, Zen Hae, dan Hanna Fransisca. 

Baca juga: Pemuda Tangerang Ini Perkenalkan Yoga Asana Hingga Juara di Fornas

Rektor UMT Ahmad Amarullah mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sayembara yang bertujuan meningkatkan daya literasi menulis kreatif dan menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui lomba tersebut.

Amarullah menambahkan, dari hasil penilaian dewan juri yang begitu ketat, akhirnya dinyatakan 10 pemenang terbaik untuk cerpen dan 10 terbaik untuk puisi.

“Setiap pemanang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD 250, sertifikat dan plakat dari penyelenggara,” ujarnya. 

Menurut Amarullah, salah satu pemenang lomba tersebut merupakan mahasiswa pascasarjana UMT. "Bahwa mahasiswa UMT memiliki daya saing dan mampu masuk nominasi kejuaraan ini," jelasnya.

SPORT
Ini Hal yang Menimpa Klub Sepakbola Jika Suporternya Melanggar Peraturan

Ini Hal yang Menimpa Klub Sepakbola Jika Suporternya Melanggar Peraturan

Senin, 30 Januari 2023 | 17:33

TANGERANGNEWS.com-Suporter klub sepakbola Indonesia telah terkenal dengan fanatismenya yang sangat tinggi sehingga kerap melakukan aksi nekat.

KAB. TANGERANG
 Sejumlah Aset Pemkab Tangerang Dipindahtangankan ke Pengembang BSD

Sejumlah Aset Pemkab Tangerang Dipindahtangankan ke Pengembang BSD

Selasa, 31 Januari 2023 | 07:34

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang (Pemkab) resmi melakukan pemindahtanganan aset milik daerah berupa ruas jalan kepada pihak swasta, yakni PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD).

MANCANEGARA
Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Beredar video yang viral di media sosial twitter memperlihatkan sebuah mobil masih melaju secara perlahan, meski dikendarai oleh sopir tanpa kepala.

TANGSEL
Buntut Pelemparan Bus Persis Solo, Polisi Evaluasi Izin Pertandingan Liga 1 di Stadion Tangerang

Buntut Pelemparan Bus Persis Solo, Polisi Evaluasi Izin Pertandingan Liga 1 di Stadion Tangerang

Senin, 30 Januari 2023 | 16:21

TANGERANGNEWS.com-Aksi pelemparan bus kesebelasan Persis Solo oleh oknum suporter Persita Tangerang, polisi akan mengevaluasi izin pertandingan Liga 1 Indonesia, di Stadion Indomilk, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill